Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Penyelenggara Pinjol Wajib Setor Modal Rp25 Miliar

waktu baca 2 menit

Penyelenggara Pinjol Wajib Setor Modal, ekonomi sulawesitoday Penyelenggara Pinjaman online (Pinjol) atau financial technology peer to peer lending harus menyerahkan modal minimum Rp25 miliar. Hal tersebut tercantum pada Ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 10 Tahun 2022 mengenai Permodalan Bersama Berbasiskan Teknologi Informasi.

“Itu kan awalnya Rp2,5 miliar, karena itu dulu (pinjol) tumbuh subur di mana saja. Kemudian kita naikkan persyaratan batasan modal jadi Rp25 miliar. Hanya itu masih tetap ada yang belum sampai,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, Ogi Prastomiyono, pada acara OJK di Bogor, Jumat 2 Desember 2022.

Ketentuan modal disetorkan Rp25 Miliar itu diharuskan untuk perusahaan Pinjol baru. Ini untuk meminimalisir agar tidak semakin banyak terjadi kerugian.

“Jika nanti moratorium pembukaan Pinjol baru, ketentuannya langsung harus punyai modal Rp25 miliar karena jika buat pinjol itu 2-3 tahun awalnya tentu akan rugi,” terangnya.

Menurut Ogi Prastomiyono, dari keseluruhan modal itu akan distribusikan 50 persen untuk menyerap kerugian. Sehingga, Ogi pastikan tata kelola audit pinjol dan lain-lain akan dilaksanakan dengan bertahap di Indonesia. Ogi ingin ada ketentuan yang imbang di antara pelaku usaha dengan customer.

“Ketentuan Pinjol ini harus imbang di antara kebutuhan customer dan pelaku usaha. Jika dari segi pelaku usaha tidak menarik, kelak pelaku industrinya keluar. Jika dari segi customer tidak menarik, kelak ia teriak. Maka kita mengatur tengahnya,” paparnya.

Berdasar data terakhir, untuk perusahaan Pinjol yang telah berdiri saat sebelum ketentuan tercipta diberi periode peralihan untuk menambahkan modal. Minimal sampai tiga tahun di depan sesudah ketentuan berlaku, perusahaan Pinjol wajib penuhi modal. (WS)

Selain Berita Penyelenggara Pinjol Wajib Setor Modal, baca juga:Alokasi Anggaran Pendidikan Hingga UMKM Rp3.061 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *