Ini 12 Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Menanganinya

waktu baca 7 menit
Ini 12 Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Menanganinya

Penyebab kelopak mata bengkak, ragam sulawesitoday Mata bengkak memang membikin tidak nyaman. Apa lagi bila dituruti rasa perih yang hebat, sepanjang hari maunya pengin tidur dan jauh dari handphone. Untuk beberapa kasus bahkan juga dibarengi dengan mata merah, rasa gatal, pandangan rabun, dan banyak belekan mata.

Bila tidak selekasnya diobati, tentu saja bisa mengusik kegiatan keseharianmu. Walau umumnya mata bengkak tidak memunculkan kompleksitas, tetapi ada banyak kasus seperti selulitis orbital dan herpes mata yang mempunyai potensi untuk memunculkan permasalahan pandangan yang tetap.

Nach, untuk kamu yang alami mata bengkak, kenali penyebab mata bengkak kamu dan langkah cepat dan efisien untuk menurunkan rasa nyerinya lewat artikel di bawah!

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Langkah Menanganinya

Agar mata lebammu selekasnya sembuh, cari info dahulu apa pemicunya dan dapatkan langkah yang pas untuk menanganinya. Lebih detilnya, baca artikel berikut ini.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Bintitan (Hordeolum)

Tentunya kamu pernah dengar kata bintitan? Bintil yang serupa jerawat, bahkan juga kadang ada bintik warna keputihan, pada bagian kelopak mata disebutkan hordeolum. Bintitan disebabkan karena infeksi atau peradangan di kelenjar kelopak mata sisi atas atau bawah.

Sisi kelopak mata kita ada pori-pori kecil yang gampang ditempatkan oleh kulit mati, kotoran, dan minyak. Hasilnya, bakteri bisa tumbuh dan mengakibatkan mata bengkak.

Hordeolum sebagai penyebab mata bengkak yang umum dibarengi dengan kelopak mata bengkak, gatal, dan warna merah. Umumnya bintitan akan lenyap sendirinya, tetapi ada cara-cara untuk percepat proses pengobatan mata bengkak ini:

Kompres hangat pada bagian bintitan sepanjang 10 menit, 4 kali setiap hari.

Jauhi pemakaian kosmetik dan contact lensa.

Pakai salep mata bengkak atau obat antibiotik tropis yang mengandung seperti Erythormycin dan Bacitracin.

Membersihkan kelopak mata bengkak dengan sabun bayi atau saline solution.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Kalazion

Mata bengkak kalazion serupa dengan bintitan tetapi berlainan karena bukan disebabkan karena infeksi. Kalazion muncul karena kelenjar minyak pada bagian kelopak mata yang mampet.

Mata bengkak ini dibarengi dengan merasa sakit dan bengkak. Kadang, tonjolan dapat memiliki ukuran besar dan mengusik pandangan. Langkah menyembuhkan mata bengkak Kalazion serupa dengan bintitan.

Kamu dapat mengompres hangat sisi mata yang sakit dan memakai salep mata atau obat tetes mata. Yakinkan membersihkan tangan saat sebelum menggenggam kelopak matamu.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Alergi

Mata bengkak dan berair dapat disebabkan karena alergi mata. Debu, kotoran, atau serbuk sari karena peralihan cuaca bisa memacu reaksi alergi untuk kamu yang peka.

Penyebab mata bengkak ini jarang-jarang memunculkan dampak negatif yang terlalu berlebih dan bisa lenyap sendirinya bila kamu menghindar dari alergen itu.

Untuk menyembuhkan mata bengkak alergi, kamu dapat konsumsi Antihistamin atau obat penurun reaksi alergi seperti Benadryl. Tetes air mata bisa juga menurunkan rasa gatal dan kering pada mata.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Kurang Tidur

Salah satunya penyebab mata bengkak yang umum ialah kekurangan tidur loh! Pembuluh darah pada bagian bawah mata bisa melebar dan kelihatan merah-kebiruan. Disamping itu, rasa gatal, kering, dan mata warna merah disebabkan karena kekurangan tidur.

Tidak boleh mengucek-ucek mata kamu karena bisa mengakibatkan infeksi dan pakai tetes air mata untuk lembabkan mata bila dibutuhkan. Langkah cepat untuk hilangkan mata panda karena kekurangan tidur yang dapat Toppers coba:

Basahkan dua kantong teh di air dingin dan tempatkan pada bagian kantung mata beberapa saat.

Kandungan asam tanat dalam teh bisa membenahi pembuluh darah yang mengakibatkan mata bengkak.

Pastikanlah kamu beristirahat cukup untuk menahan mata sembab dan mempertahankan kesehatan. Rajin olahraga bisa juga melepas depresi dan menolong beberapa insomnia.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Menangis Terlampau Lama

Mata sembab sesudah menangis sepanjang malam? Jaringan pembuluh darah pada bagian mata dan kelopak mata dapat robek dan mengakibatkan mata bengkak. Mata sembab ini dapat membuat performa kelihatan sakit dan lemas lemas.

Kamu dapat manfaatkan witch hazel, karena kandungan didalamnya dapat menurunkan inflamasi dan mata merah. Cara-cara efisien hilangkan mata sembab sesudah menangis:

Pakai kompresan kain dingin.

Bersihkan dan potong ketimun dingin, lalu tempatkan di ke-2 mata bengkak.

Pijat secara lembut pada bagian mata sembab untuk menggairahkan saluran darah.

Pakai witch hazel pada kapas, lalu kompres sisi mata sepanjang 5-10 menit. Formasi witch hazel dapat menurunkan inflamasi dan mata merah.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Kosmetik

Kemungkinan Toppers kerap memakai kosmetik mata seperti eyeshadow atau eyeliner? Ada banyak penyebab mata bengkak karena kosmetik yang perlu kamu kenali.

Beberapa orang alami reaksi alergi dari formasi dalam kosmetik atau skincare dan mengakibatkan tanda-tanda seperti kelopak mata merah dan gatal. Jika kamu menduga ini, stop memakai produk itu.

Tukar lewat produk yang lebih halus seperti produk hypoallergenic dan tanpa kandungan fragrance. Kuas make up yang kotor bisa juga memacu mata bengkak loh! Maka janganlah lupa untuk bersihkan kuas makeup-mu.

Produk kosmetik dan skincare yang masuk ke mata bisa juga membuat iritasi sisi mata kamu dan mengakibatkan mata bengkak dan sakit. Bila ini terjadi dengan kamu, pakai tetes air mata untuk bersihkan kotoran itu.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Blefaritis

Inflamasi pada kelopak mata yang disebab oleh bakteri di dekat bulu-bulu mata disebutkan blefaritis. Kulit berminyak dan serpihan putih seperti ketombe pada bagian bulu-bulu mata condong memacu blefaritis.

Mata bengkak ini bisa serang semua umur dari dewasa sampai anak. Tanda-tanda Blefaritis biasanya dibarengi dengan kerontokan pada bulu-bulu mata, peka pada sinar, dan mata yang berair.

Untuk menyembuhkan mata bengkak ini, dokter bisa memberi salep obat mata antibiotik. Kamu bisa juga mengompres dengan kain hangat dan stop memakai kosmetik sampai tanda-tanda berkurang.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Konjungtivitis

Konjungtivitis atau dikenali sebagai mata merah sebagai inflamasi pada bagian bola mata dan kelopak mata. Tanda-tanda biasanya seperti mata warna merah-pink dibarengi dengan rasa gatal, belek, dan bengkak pada kelopak mata.

Mata bengkak dan berair pada anak dan bayi kerap disebabkan karena konjungtivitis.

Penyebab khusus penyakit mata ini ialah infeksi virus yang lenyap sesudah 7-10 hari. Disamping itu, infeksi bakteri dan alergi dapat memunculkan mata merah.

Langkah mengempiskan mata bengkak karena bakteri konjungtivitis dengan memakai salep mata antibiotik dan obat tetes mata. Pastikanlah kamu tidak mengucek-ucek matamu untuk menahan penebaran infeksi.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Aliran Air Mata Mampet

Toppers pernah rasakan mata yang tetap berair dibarengi dengan warna kemerahan dan belekan mata yang terlalu berlebih? Bisa saja aliran air mata kamu mampet loh!

Faktor-faktor seperti tambahan umur khususnya pada wanita, penyakit glaukoma, atau mata yang kerap iritasi (konjungtivitis) lebih beresiko alami penyumbatan aliran air mata.

Bayi atau anak di bawah satu tahun benar-benar rawan dengan permasalahan mata ini. Umumnya aliran air mata mampet tidak mencelakakan, dan bisa ditiadakan dengan pelan-pelan memijat tempat itu untuk menurunkan penekanan pada aliran.

Tetapi, ada banyak kasus di mana virus serta bakteri bisa tumbuh dan mengakibatkan infeksi mata bengkak.

Penangkalan mata bengkak ini dapat lewat kebersihan setiap hari seperti kerap bersihkan mata kotor, jaga kebersihan lensa contact, dan kerap menukar kosmetik eyeliner dan mascara.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Penyakit Graves

Kelopak mata gatal dan bengkak kerap dirasakan oleh pasien penyakit Graves, atau disebutkan “penyakit mata tiroid.” Penyakit Graves atau gondokan sebagai keadaan autoimun di mana sel kekebalan badan serang kelenjar tiroid karena produksi hormon yang kebanyakan.

Penyakit Graves kerap serang sisi mata dan mengakibatkan mata bengkak dan inflamasi. Tanda-tanda yang lain seperti detak jantung yang cepat, tekanan darah tinggi lemas lemas, rambut rontok, dan berat tubuh yang tetap turun.

Penyakit ini bisa mencelakakan kesehatanmu dan seharusnya selekasnya ke dokter bila alami tanda-tanda itu.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Herpes Okular

Mata bengkak karena herpes okular atau herpes mata seringkali serang anak atau bayi, dibanding orang dewasa. Penyakit ini disebabkan karena virus HSV-1 yang mengontaminasi sisi dalam atau luar mata.

Herpes okular serupa dengan penyakit mata merah dan memerlukan dokter untuk mendiagnosisnya. Biasanya dokter akan merekomendasikan obat antivirus untuk menurunkan mata bengkak itu.

  1. Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Selulitis Orbital

Selulitis orbital sebagai mata bengkak pada bagian kelopak mata atas dan bawah yang disebabkan karena infeksi bakteri karena cedera kecil pada bagian mata.

Bengkak dapat menebar ke sisi alis dan pipi, dan memunculkan tanda-tanda seperti demam, tonjolan besar pada mata, pandangan yang kabur dan rasa ngilu yang terlalu berlebih.

Obat mata bengkak yang dipakai untuk penyakit ini ialah obat antibiotik yang didapat dari dokter. Selulitis orbital yang tidak selekasnya dirawat bisa mengakibatkan kerusakan tetap pada mata.

Berikut penyebab dan tanda-tanda mata bengkak dan merah yang biasanya dirasakan oleh mayoritas orang. Yakinkan Toppers jaga kebersihan setiap hari untuk penangkalan mata bengkak. (WS)

Selain artikel Penyebab Kelopak Mata Bengkak, Baca juga: Katak Pohon Beracun atau Tidak? Ini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *