Penyaluran BSU Tahap I hingga III Capai Rp4,2 Triliun

waktu baca 2 menit
Penyaluran BSU Tahap I hingga III Capai Rp4,2 Triliun

Penyaluran BSU, berita ekonomi sulawesitodayProses Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari tahap I hingga III kepada 7 Juta pekerja hingga akhir bulan September 2022 telah mencapai Rp4,2 Triliun.

Dirjen Keuangan Kemenkeu, Isa Rachmatarwata sampaikan, bahwa dari dana bantuan upah yang sudah tersalur senilai Rp4,2 Triliun, jika dipersentasekan hasilnya telah berada di angka 48,2 % dari keseluruhan dana yang disiapkan senilai Rp8,7 Triliun.

“Setiap orang memperoleh Rp600 ribu sekali pembayaran dalam setiap tahapan,” kata Isa. Sabtu 1 Oktober 2022.

Lanjut Isa, bahwa penyaluran dana BSU yang diberikan kepada setiap pekerja penerima manfaat setiap tahapan Rp600.000 itu, ditargetkan sebanyak 16 juta karyawan atau pekerja. Tetapi, akan ditelaah lagi.

Isa memprediksi, penyaluran BSU Rp600 ribu akan diteruskan hingga dalam 6 sampai 7 tahapan. Dengan begitu, proses penyaluran BSU berikutnya yaitu dari tahap III ke tahap IV.

Pembayaran akan dilaksanakan lewat Himpunana Bank Milik Negera (Himbara) seperti BNI, BRI, BTN, dan Bank Berdikari, langsung ke rekening karyawan atau pekerja. Sedangkan mereka yang tidak mempunyai rekening, akan diberi akses lewat PT Pos Indonesia di Daerah masing-masing.

Dengan disalurkan BSU tersebut, diharapkan dapat meringankan beban para pekerja/pekerja yang memiliki upah di bawah Rp3 juta. BSU sebagai sisi dari stimulan Pemerintah yang sudah dikoordinasikan dan diulas bersama Tim Satuan tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian BUMN, Kemnaker, Kemenkeu, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Pertalite Seminggu Naik, Penyaluran BLT BBM Baru 2,18 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *