Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pengidap Hipertensi Hindari Enam Makanan Ini

waktu baca 2 menit

Pengidap Hipertensi, ragam sulawesitoday Terdapat sekitar enam pantangan makanan yang perlu dihindari bagi sahabat yang telah mengidap hipertensi atau darah tinggi. Karena, hipertensi dapat disebabkan karena beberapa faktor, satu diantaranya makanan.

Hipertensi benar-benar beresiko jika tidak diobati. Ini bisa membuat seseorang beresiko terserang stroke, gagal jantung, gagal ginjal, dan permasalahan klinis lainnya.

Istilah tekanan darah sendiri dapat digambarkan sebagai kemampuan dari perputaran darah pada dinding arteri tubuh yang disebut pembuluh darah khusus. Besarnya penekanan yang terjadi tergantung pada kekebalan dari pembuluh darah dan berapa intensif jantung untuk bekerja.

Seseorang bisa alami tekanan darah tinggi jika makin bertambah darah yang dipompa oleh jantung dan karena sempitnya pembuluh darah pada arteri. Disamping itu, seorang yang disebutkan menderita hipertensi jika tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada pengukur di klinik atau sarana service kesehatan.

Mereka yang terdeteksi hipertensi, dianjurkan mengganti pola hidup menjadi lebih sehat, konsumsi obat antihipertensi untuk menahan komplikasi kerusakan organ, sampai menghindari makanan yang dapat memacu darah tinggi.

Nah, di bawah ini sejumlah makanan yang dianjurkan untuk dihindari:

 

1. Makanan yang diproses dengan memakai garam dapur dan atau baking powder serta soda seperti roti, biskuit, kue asin, keripik asin dan makanan kering asin yang lain.

2. Makanan yang diproses dengan garam dapur/ diawetkan seperti ikan asin, daging asap, dendeng, sosis, abon, ebi, udang kering, terasi, telur asin, telur pindang, acar, asinan dan tauco.

3. Makanan yang diawetkan dalam kaleng seperti ikan sardin, kornet, sosis, sayur dan buah dalam kaleng.

4. Bumbu seperti kecap, bumbu penyedap, sauce tomat, sambal botol, monosodium glutamat (MSG).

5. Minuman bergas seperti minuman bersoda.

6. Margarin, mentega, keju.

Bagi sahabat yang mengidap hipertensi lebih disarankan dapat mengonsumsi makanan yang sehat seperti Buah-buahan dan sayuran, sebesar 5 porsi atau 400-500 gram setiap hari. (WS)

Selain artikel Pengidap Hipertensi Hindari Enam Makanan Ini, baca juga:Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *