BPBD Parigi Moutong: Pengerukan Sedimentasi untuk Antisipasi Banjir

waktu baca 2 menit
Pengerukan sedimentasi antisipasi banjir. (Foto: pencarian korban banjir bandang desa torue\ilustrasi)

Pengerukan sedimentasi antisipasi banjir, berita Parigi Moutong – Normalisasi sungai di tolai, Kecamatan Torue empat alat berat dikerahkan BPBD Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengeruk sedimentasi guna mengantisipasi banjir.

“Warga Desa Tolai terancam banjir lagi karena sungai di desa itu menjadi dangkal akibat pendangkalan,” kata Sekretaris BPBD Parigi Moutong, Moh Rivai yang dihubungi dari Palu, Selasa.

Ia menjelaskan, banjir bandang yang melanda Desa Torue pada malam 28 Juli 2022 juga menggenangi Desa Tolai Timur akibat luapan air dari sungai desa setempat. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi banjir susulan, Pemkab Parigi mengerahkan empat alat berat melakukan normalisasi sungai.

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Pemerintah Sulawesi Tengah dan Wilayah Sungai Sulawesi Tengah III (BWSS III) melakukan normalisasi dengan mengunakan empat alat berat di Sungai Tolai.

“Kami tidak hanya fokus pada di Torue, tetapi juga memprioritaskan material pengerukan di Tolai karena kota ini rawan banjir. Oleh karena itu, kami mengoptimalkan penanganan dibagian hulu, termasuk perbaikan alur sungai Torue,” kata Rivai.

Selain itu, kondisi cuaca akhir-akhir ini tidak dapat diprediksi, sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan agar tidak menimbulkan dampak yang meluas jika terjadi hujan lebat.

Menurut kajian BPBD setempat, Parigi Moutong, salah satu daerah di Sulawesi Tengah, rawan bencana hidrometeorologi, terutama banjir dan tanah longsor, karena letak geografisnya yang banyak pegunungan, lereng, dan sungai alami.

Selain itu, intensitas hujan yang lebat dan berkepanjangan tidak menutup kemungkinan terjadinya banjir dimana saja dan kapan saja.

“Risiko tersebut harus diminimalisir agar dampaknya tidak membahayakan keselamatan penduduk dan tidak meluas serta merusak infrastruktur,” pungkas Rivai. (*/Ikh)

Selain Berita Pengerukan sedimentasi antisipasi banjir, Baca juga: Bupati Minta Titik Rawan Banjir Parigi Moutong Bisa Diatasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.