Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pengamat: Larangan Ekspor Gandum Bisa Picu Inflasi Indonesia

waktu baca 4 menit
Pengamat: Larangan Ekspor Gandum Bisa Picu Inflasi Indonesia

Berita ekonomi, sulawesitoday – Pengamat Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyebut India larang ekspor gandum bisa picu inflasi Indonesia.

“Stabilitas pangan Indonesia bisa beresiko. Inflasi mulai naik, garis kemiskinan ikut meningkat,” ungkap Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, di Jakarta, Senin 16 Mei 2022.

Pelarangan gandum India bisa berdampak. Akibatnya, harga daging dan telur ikut naik jika harga gandum naik.

Impor gandum Indonesia setiap tahunnya senilai 11,7 juta ton atau setara USD3,45 miliar.

“Sangat berisiko bagi jika India larang ekspor gandum. Ekonomi Indonesia bisa kena imbas,” sebutnya.

Inflasi Indonesia 2022 Diproyeksi Sampai

BPS mencatat tingkat inflasi per April 2022 sudah capai 3,47 % (yoy). Secara bulanan inflasi ini alami peningkatan 0,95 % (mtm).

Ekonom dari Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan meramalkan, tingkat inflasi Indonesia dapat bertambah di atas 5 % sampai 6 %. Kenaikan itu muncul karena ada peningkatan harga komoditas dari energi sebagai imbas dari geopolitik di antara Rusia dan Ukraina.

“Harga energi kita di depan ini tidak tutup peluang ada koreksi harga BBM dan ini dapat menggerakkan inflasi,” kata Heri dalam Bertanya BKF: Memaksimalkan Sumber Perkembangan Ekonomi ke Depan, Jakarta, Jumat 13 Mei 2022.

Jika dibanding dengan negara lain, inflasi yang capai 6 % relatif masih rendah dibanding dengan negara lain. Apa lagi harga pangan masih tetap konstan yang tercermin dari harga beras yang bisa dikontrol.

Di lain sisi nilai ganti Rupiah masih konstan karena performa export yang mencatat surplus sepanjang 23 bulan beruntun.

“Imbas Rupiah dengan inflasi ini harus dapat diukur dengan dijaga supaya relatif rendah tetapi jika ini naik, harus dapat jaga ekonomi kita,” katanya.

Pengamat: Larangan Ekspor Gandum Bisa Picu Inflasi Indonesia

Menurut Heri, sesudah negara sanggup mengontrol penebaran virus corona, karena itu rintangan ini kali berbentuk peningkatan inflasi. Rintangan ini tidak cuma berlaku untuk Indonesia tetapi beragam negara di dunia.

“Inflasi ialah rintangan yang paling besar sesudah Covid19 untuk semua negara tidak kecuali Indonesia,” katanya.

Karena itu, menurut Heri, tiap negara terhitung pemerintahan Indonesia harus memberi perhatian lebih dari trend peningkatan inflasi ini. Karena inflasi terjadi tidak saat itu juga saja ingat rantai suplai keperluan penting. Bahkan juga ia merekomendasikan supaya negara membuat team khusus yang mengawasi peningkatan inflasi.

“Irit kami kemungkinan selainnya telah ada Satuan tugas Covid19 kita perlu ada pula Satuan tugas Inflasi,” ucapnya.

Selain berita Pengamat: Larangan Ekspor Gandum Bisa Picu Inflasi Indonesia, baca juga: Indonesia Bisa Terkena Imbas Larangan Ekspor Gandum India

Pemerintahan: Inflasi Masih Dapat Dikontrol

Di lain sisi pemerintahan memandang tingkat inflasi Indonesia masih sesuai targetnya. Ada dalam bentang yang diibaratkan dalam APBN 2022 sejumlah 2 – 4 persen.

“Inflasi Indonesia ini masih rendah dari negara lain dengan angka 3,5 % pada bulan April. Ini masih juga dalam kisaran yang kita targetkan,” kata Kepala Tubuh Peraturan Pajak, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu dalam peluang yang serupa.

Tetapi pemerintahan akan mengawasi khusus perubahan inflasi itu. Khususnya untuk bidang energi dan bahan pangan karena efeknya harus dimitigasi. “Selama ini kita bisa mitigasi hingga inflasi yang beralih ke rumah tangga dapat ditahan secara baik,” bebernya.

Karena itu, kata Febrio pemerintahan akan memakai instrument APBN sebagai terguncang absorber. Jadikan APBN sebagai bantalan supaya imbas keniakan inflasi tidak demikian naik-turun pada tingkat warga. (**/rf)

Selain berita Pengamat: Larangan Ekspor Gandum Bisa Picu Inflasi Indonesia, baca juga:Kejagung Periksa Dua Saksi Dugaan Kasus Korupsi Ekspor CPO

 

tags: inflasi adalah,apa itu inflasi,pengertian inflasi,arti inflasi,penyebab inflasi,apa yang dimaksud dengan inflasi,dampak inflasi,cara mengatasi inflasi,jenis jenis inflasi,jenis-jenis inflasi,inflasi 2022,inflasi indonesia,contoh inflasi,inflasi di indonesia,inflasi indonesia 2022,tingkat inflasi,tingkatan inflasi,data inflasi indonesia,inflasi per tahun,inflasi adalah,apa itu inflasi,pengertian inflasi,arti inflasi,penyebab inflasi,apa yang dimaksud dengan inflasi,dampak inflasi,cara mengatasi inflasi,jenis jenis inflasi,jenis-jenis inflasi,inflasi 2022,inflasi indonesia,contoh inflasi,inflasi di indonesia,inflasi indonesia 2022,tingkat inflasi,tingkatan inflasi,data inflasi indonesia,inflasi per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.