Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pemkot Palu Pantau Jalur Pasok Bahan Pangan Kendalikan Inflasi

waktu baca 2 menit
Pemkot Palu Pantau Jalur Pasok Bahan Pangan Kendalikan Inflasi

Pemkot Palu pantau bahan pangan, sulawesitoday – Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, segera pantau jalur rantai pasokan kebutuhan bahan pokok warga untuk upaya untuk kendalikan inflasi di daerah.

“Kami bersama Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Sedang melakukan pengawasan tersedianya bahan pokok di pasar, dan lakukan beberapa langkah vital yang lain sebagai usaha pengaturan,” ungkap Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido di Kota Palu, Selasa 13 September 2022.

Dia menerangkan rantai pasokan bahan pokok jadi poin utama dijaga agar tidak memunculkan pergolakan harga komoditas pangan, karena beberapa komoditas mulai alami peningkatan harga, walau masih juga dalam kelompok normal.

Selain mengawasi tersedianya pasokan, Pemkot Palu lakukan pengkajian teknis berkaitan imbas peningkatan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, karena tidak tutup peluang rekonsilasi harga BBM punya pengaruh pada harga komoditas pangan.

Selain berita Pemkot Palu, Sulawesi Tengah, pantau bahan pangan, baca juga: Polisi dan Satpol PP di Majene Pantau Jual Beli Minyak Goreng Bersubsidi

“Tentu saja ini jadi perhatian Pemkot Palu bersama pihak berkaitan yang lain untuk bersama lakukan pengaturan, karena inflasi yang tinggi pasti berpengaruh pada kemajuan ekonomi wilayah atau secara nasional,” tutur Reny.

Dia menjelaskan salah satunya taktik untuk tekan peningkatan harga keperluan dasar warga yaitu lewat operasi pasar dengan mengikutsertakan distributor, pedagang sampai kewenangan masalah pangan Perum Bulog.

“Cara mengantisipasi penting, kami tidak mau Kota Palu sebagai representasi Propinsi Sulawesi Tengah penyumbang inflasi tinggi daerah. Kami wajib melakukan beberapa langkah vital,” sebut Reny.

Sebelumnya, di pertemuan pengaturan Inflasi lewat online, Presiden minta Pemda bekerjasama lakukan usaha pengaturan dengan memaksimalkan kerja-kerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan jaga rantai pasokan pangan.

“Cara yang kami kerjakan pasti bangun komunikasi lintasi sektor dengan beberapa pihak untuk jaga rantai pasokan bahan pokok masih tetap konstan,” tutup Reny. (rf/**)

Selain berita Pemkot Palu, Sulawesi Tengah, pantau bahan pangan, baca juga: Antisipasi Inflasi, Pemda Parigi Moutong Refocusing APBD-P Rp4,9 miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published.