Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pemkab Parigi Moutong Pasok Air Bersih Korban Banjir Torue

waktu baca 2 menit
Pemkab Parigi Moutong Pasok Air Bersih Korban Banjir Torue

Berita Parigi Moutong, sulawesitoday sports – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, membantu pasok air bersih bagi warga terdampak pasca banjir susulan menerjang Desa Torue, Kecamatan Torue.

“Warga membutuhkan air minum karena sebagian pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk sambungan di desa tersebut rusak akibat banjir susulan,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Moh Rivai saat dihubungi, Selasa 16 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong mengoperasikan mobil tangki milik Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Pertanahan (PUPRP) pasok air bersih untuk warga terdampak.

Pasokan air bersih, yang dibagikan bersama kebutuhan untuk memasak, juga digunakan oleh warga setempat untuk membersihkan rumah mereka yang tertimbun lumpur.

“Mobil Tangki Bantuan BPBD Sulteng dikembalikan seminggu setelah banjir bandang di Torue. Pasokan air bersih saat ini baru satu kendaraan dan dianggap cukup untuk suplai air, ada sambungan pipa di beberapa rumah warga yang tidak rusak,” kata Rivai.

Ia mengatakan, pemerintah daerah dibantu oleh relawan setempat masih bergelut untuk membersihkan lumpur dari rumah warga hingga hari kedua setelah banjir susulan.

Selain itu, BPBD juga telah mengaktifkan kembali dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan siap saji bagi mereka yang terkena dampak banjir.

“Sejak malam pertama pasca banjir susulan, kami sudah memberikan makanan siap saji kepada warga melalui dapur umum, dan pendistribusiannya dibantu oleh relawan dari Tagana dan tim reaksi cepat BPBD setempat,” kata Rivai.

Baca: Dua Sekolah di Desa Torue Dibuatkan Tanggul Sementara

Selain mengoperasikan mobil tangki, Pemkab Parigi Moutong juga menggunakan mobil pemadam kebakaran untuk membantu membersihkan rumah, jalan, dan fasilitas umum lainnya.

Menurut BPBD, saat ini sekitar 80 orang masih mengungsi dari Torue menyusul banjir susulan pada Minggu 14 Agustus 2022 di dua posko pengungsian, yakni kantor desa dan tenda darurat dinas sosial.

“Relawan saat ini adalah mahasiswa kedokteran dari Universitas Tadulako, Palu. Relawan yang membantu tanggap darurat sebelumnya telah ditarik dari daerah bencana karena beberapa kegiatan selesai sebelum gempa susulan terjadi,” kata Rivai. (*/Ikh)

Baca: Hasil Getafe vs Atletico Madrid: Alvaro Morata Cetak Brace

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.