Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pemerintah dan Muhammadiyah Kompak Tetapkan 1 Syawal 1443 H

waktu baca 2 menit
Pemerintah dan Muhammadiyah Kompak Tetapkan Idul Fitri 1443 H

Berita sulawesitoday.com – Pemerintah dan Muhammadiyah kompak menetapkan 1 Syawal dan Idul Fitri 1443 H jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

Keputusan penetapan Idul Fitri 1443 H disampaikan Kementrian agama (Kemenag) usai sidang Isbat, Minggu 1 Mei 2022.

Kemenag mengimbau ke semua umat Islam di Indonesia untuk selalu jaga kemananan dan keteraturan.

Kemenag menyebutkan kesepatan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada 2 Mei 2022 didasari pada dua hal. Pertama, paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag sampaikan ketinggian hilal di semua Indonesia ada pada status 4 derajat 0,59 menit s/d 5 derajat 33,57 menit.

Disamping itu, disaksikan pada patokan elongasi geosentrik sekitar di antara 5,2 derajat s/d 7,2 derajat. Sementara bentang elongasi toposentris ada pada range 4,9 derajat s/d 6,4 derajat.

Berikutnya, Kemenag sudah melakukan pengawasan atau rukyatul hilal pada 99 titik di Indonesia.

Selain berita Pemerintah dan Muhammadiyah Kompak Tetapkan 1 Syawal 1443 H, baca juga: Kemenaker Terima 5148 Aduan Tunjangan Hari Raya Idul Fitri

Kemenag sudah dengar laporan dari beberapa perukyah hilal yang bekerja di bawah sumpah pengadilan agama Kabupaten/Kota di tempat, dimulai dari propinsi Aceh sampai Papua.

Dalam pada itu, PP Muhammadiyah sudah memutuskan waktu Hari Raya Idulfitri tahun ini. Mengarah pada Amanat PP Muhammadiyah Nomor satu tahun 2022 mengenai Penentuan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriah, lebaran jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

“Usia bulan Ramadan 1443 H 30 hari dan tanggal 1 Syawal 1443 H jatuh di hari Senin Pon, 2 Mei 2022 M,” bunyi amanat yang diberi tanda tangan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, seperti diambil, Minggu.

Penentuan 1 Syawal 1443 H itu dilaksanakan telah berdasar pengkajian dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. (**)

Selain berita Pemerintah dan Muhammadiyah Kompak Tetapkan 1 Syawal 1443 H, baca juga: Buruh akan Peringati May Day dengan Berdemo di KPU

 

tags: hari raya idul fitri,hukum sholat ied,lebaran hari raya idul fitri,lebaran kapan,hukum shalat idul fitri,ied fitri,kapan idul fitri,lebaran idul fitri,pengertian shalat idul fitri,hari raya idul fitri dirayakan setiap tanggal,hikmah idul fitri,dalil idul fitri,apa itu lebaran,hadits tentang hari raya idul fitri,hukum shalat id,1 syawal adalah hari,amalan malam idul adha,jelaskan makna hari raya idul fitri,pengertian hari raya idul fitri,shalat hari raya idul fitri dilaksanakan pada tanggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.