Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Bupati Poso: Arah Pembangunan Daerah Jadi Acuan Musrenbang

waktu baca 2 menit
Bupati Poso: Arah Pembangunan Daerah Jadi Acuan Musrenbang (Foto: Pemda Poso)

Berita sulawesi tengah, sulawesitoday – Bupati Poso, Verna G.M Inkiriwang menegaskan usulan prioritas tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan semestinya mengikuti arah pembangunan daerah.

“Hendaknya dalam penentuan kegiatan prioritas kecamatan di desa dan kelurahan, juga memperhatikan dan mempertimbangkan kearifan local,” ungkap Bupati Verna, saat Musrenbang Kecamatan di Pamona, Rabu 9 Februari 2022.

Ia mengatakan, penentuan prioritas pembangunan daerah Poso dikelompokkan menurut perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Tema memperkuat ketangguhan ekonomi dan memajukan infrastruktur serta penataan pelayanan publik, sesuai dengan arahan RPJMD Kabupaten Poso Tahun 2021-2026.

Selain berita Musrenbang pembangunan daerah Poso, baca juga: Bupati Poso Resmikan Desa Persiapan Tambarana

“Pemda senantiasa konsisten mewujudkan pencapaian visi misi Kabupaten Poso Tahun 2016 – 2021,” sebutnya.

Pemda Poso kata dia, juga telah melakukan Langkah-langkah antisipasi melalui mitigasi bencana dalam penyusunan. Dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021.

Sehingga, hasil Musrembang kecamatan ini nantinya dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan renja perangkat daerah.

Selain berita musrenbang pembangunan daerah poso, baca juga: Poso Luncurkan Program Unggulan Kesehatan Gratis

Lebih lanjut, untuk melengkapi tahapan perencanaan pembangunan Tahun 2023 telah dilakukan beberapa terobosan inovasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yaitu:

  1. Pelaksanaan desk penyelarasan RPJMD Desa Tahun 2021 – 2027 dengan RPJMD Kabupaten Kota 2021-2026 bagi 80 desa hasil Pilkades Tahun 2021.
  2. Review RPJMD Desa bagi 62 Desa yang tidak melaksanakan Pilkades.
  3. Sinkronisasi pendanaan program kegiatan kelurahan dengan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.

Baca juga: Ini Pengungkapan Kasus Narkoba di Poso Sepanjang 2021

Musrenbang juga dihadiri Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Poso, Anggota DPRD Kab. Poso, Camat, Lurah, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan Se-Kecamatan Pamona Utara, Rabu (9/2/2022).

Usai Musrenbang, acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Musrembang Kecamatan Pamona Utara Tahun 2022 oleh Bupati Poso, Kepala Bapelitbangda, Camat Pamona Utara yang disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Poso dan unsur Tripika Pamona Utara. (**_mrf)

Selain berita Musrenbang pembangunan daerah Poso, baca juga: Pemkot Palu Komitmen Selesaikan Masalah Lahan Pembangunan Huntap Tondo

Leave a Reply

Your email address will not be published.