Berikut Enam Pemanis Alami Pengganti Gula, Alternatif Lebih Aman

waktu baca 5 menit
Berikut Enam Pemanis Alami Pengganti Gula, Alternatif Lebih Aman

Pemanis alami, ragam sulawesitoday Sama seperti yang kita kenali, gula sebagai salah satunya bumbu dapur paling penting dan harus berada di rak dapur rumah kita.

Gula ialah bumbu dapur pemanis alami berperanan dalam memberi cita-rasa terbaik pada minuman dan makanan.

Dimulai dari sajian berat sampai kue, banyak tipe minuman dan makanan yang memerlukan taburan gula.

Gula bukan hanya datang berbentuk butiran, tapi juga minuman dan makanan paket yang telah diolah atau makanan fast-food.

Lepas dari rasa manisnya yang nikmat dan disukai, gula sebagai salah satunya lawan paling besar manusia.

Ini karena kandungan terlalu berlebih gula yang bisa memacu beragam permasalahan kesehatan.

BACA JUGA: Pasca Tumpas MIT, Komnas HAM Minta Polri lakukan Pemulihan

Adapun beberapa penyakit yang diakibatkan dari konsumsi gula terlalu berlebih ialah:

  • Penyakit jantung
  • Diabetes type 2
  • Obesitas
  • Kanker
  • Mempercepat proses penuaan
  • Penyakit ginjal
  • Gigi berlubang

Selainnya kurangi konsumsi gula, kamu bisa juga menukar pemanis dengan alternative alternatif gula yang memberi rasa manis sama. Referensi pemanis berikut dapat menjadi alternative alternatif gula untuk pasien diabetes.

Referensi Pemanis Alami Alternatif Gula

Tiap bentang umur berkadar gula darah normal yang berbeda. Untuk anak umur di bawah enam tahun, kandungan gula darah normal sekitar 80-200 mg/dL. Untuk anak umur 6-12 tahun, kandungan gula darah normal sekitar 80-180 mg/dL.

Remaja umur 13-19 tahun umumnya berkadar gula darah 70-150 mg/dL. Orang dewasa di atas 20 tahun berkadar gula darah normal 100-180 mg/dL.

Untuk jaga kandungan gula darah masih tetap normal, akan memerlukan alternative alternatif gula yang lebih sehat dibanding gula tebu.

  1. Pemanis alami, Madu

Madu adalah alternative alternatif gula paling populer. Madu yang mempunyai rasa manis dengan struktur kental dibuat oleh serangga lebah. Kandungan madu terdiri dari gula, asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zinc dan anti-oksidan.

Bukan hanya jadi pemanis alami, madu dipakai sebagai pengobat antiradang, anti-oksidan, dan antibakteri. Beberapa orang memakai madu untuk mengobati batuk dan menjaga cedera bakar.

Walau kandungan gula pada madu nyaris serupa dengan gula tebu, kandungan anti-oksidan pada madu bisa menolong tingkatkan saluran gula darah. Disamping itu, madu sanggup menolong turunkan tekanan darah.

  1. Pemanis alami, Gula Aren

mungkin saja mengenali gula aren sebagai gula merah. Tipe gula ini biasanya seperti batu atau batok.

Pemanis alami ini dibuat dari nira yang dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren datang berbentuk bubuk, yakni gula semut atau kristal, karena memiliki bentuk yang serupa sarang semut.

Sebagai alternative pemanis, gula aren mempunyai beberapa kandungan berguna. Kandungan itu diantaranya kalium, zat besi, serat, magnesium dan anti-oksidan.

Gula aren mempunyai kandungan lemak dan index glikemik yang lebih rendah dari gula pasir. Kalium pada gula aren dipercaya bisa turunkan tekanan darah.

  1. Pemanis alami, Gula Jagung

Pemanis alternative alternatif gula selanjutnya ialah gula jagung. Tipe gula ini datang dari jagung yang terhitung ke makanan eksperimen genetika.

Pada proses pembikinannya, jagung digiling untuk membikin tepung jagung. Selanjutnya, tepung jagung bisa dibuat jadi gula jagung.

Gula jagung memiliki kandungan fruktosa yang lumayan tinggi. Awalannya, ini dipandang aman karena index glikemik fruktosa yang rendah.

Meskipun begitu, masih tetap disarankan tidak untuk konsumsi gula jagung terlalu berlebih karena bisa mempunyai potensi memacu diabetes type 2 dan penyakit jantung.

  1. Pemanis alami, Stevia

Stevia menjadi satu diantara alternative alternatif gula yang cukup terkenal. Pemanis ini dibikin dari daun tanaman Stevia rebaudiana.

Rasa manis stevia datang dari kandungan stevioside dan rebaudioside yang berada di dalam daun itu. Stevia banyak disukai karena kandungan 0 kalori dan sedikit karbohidrat yang dipunyainya.

Sebagai pemanis alternatif gula, stevia mempunyai beberapa faedah. Pemanis stevia termasuk aman untuk dimakan oleh pasien diabetes.

Tidak itu saja, stevia bisa menolong mengatur tekanan darah dan cholesterol. Kalori yang rendah membuat stevia aman dimakan saat diet dan pasien diabetes.

  1. Pemanis alami, Sirup Maple

Referensi pemanis alternatif gula selanjutnya ialah sirup maple. Tipe pemanis ini dibuat dari getah pohon maple. Secara performa, sirup maple kelihatan serupa dengan madu, baik dari warna atau teksturnya yang kental.

Sirup maple nyaris tidak memiliki kandungan vitamin sama sekalipun. Namun, ada kandungan mineral yang bagus untuk badan, seperti zinc, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium. Dari kandungan itu, sirup maple berguna untuk turunkan kandungan cholesterol dan tingkatkan kesehatan otak.

  1. Pemanis alami, Gula Kelapa

Pemanis alami alternatif gula selanjutnya ialah gula kelapa. Sama dengan namanya, tipe gula ini ialah pemanis alami yang dibuat dari kelapa.

Gula kelapa kerap jadi favorite diet vegan karena datang dari tanaman dan tidak lewat banyak pemrosesan. Gula kelapa memiliki kandungan banyak faedah yang bagus untuk badan.

Gula kelapa memiliki kandungan banyak gizi yang baik untuk badan, seperti zat besi, zinc, kalsium, dan potasium.

Gula kelapa memiliki kandungan fiber inulin yang berguna untuk turunkan penekanan gula darah. Gula kelapa dapat menolong jaga kandungan gula darah masih tetap rendah.

Itulah beberapa referensi pemanis alami alternatif gula yang dapat pakai.

Meskipun begitu, masih tetap disarankan untuk konsumsi produk pemanis apa saja seperlunya. Kamu perlu lakukan pola hidup sehat dengan olahraga dan konsumsi makanan memiliki serat seperti sayur dan buah-buahan. (WS)

Baca juga: 15 Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga, Ingin Coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *