Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Erick Thohir Sebut Peluang Harga BBM Turun Kembali

waktu baca 3 menit
Erick Thohir Sebut Peluang Harga BBM Turun Kembali

Peluang harga BBM turun, berita ekonomi – Beberapa badan usaha penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) swasta telah menurunkan nilai jual BBM non subsidi pada awal bulan ini. Bahkan, terkini BP-AKR kembali turunkan harga jual bensin jenis BP 90 (RON 90) dan BP 92 (RON 92) pada 14 September 2022 lalu.

BP 90 saat ini telah dibandrol senilai Rp 14.890 per liter, turun dari awalnya Rp 15.320 per liter. Sementara harga BP 92 dibandrol Rp 14.990 per liter, turun dari awal sebelumnya Rp 15.420 per liter.

Lalu, bagaimana pada harga BBM tipe bensin RON 92 atau Pertamax yang dipasarkan Pertamina? Apa dalam kurun waktu dekat akan di turunkan kembali? Sudah diketahui, pada 3 September 2022 lalu, selain meningkatkan harga BBM bantuan tipe Pertalite (RON 90) dan Solar subsidi, pemerintahan meningkatkan nilai jual Pertamax jadi Rp 14.500 dari awal sebelumnya Rp 12.500 per liter.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga sempat mengutarakan ada peluang harga BBM tipe Pertamax (RON 92) ini kembali alami penyesuaian atau bahkan juga diturunkan.

Karena harga minyak pun sekarang berfluktuasi.

“Mungkin (turun), kan begini jika hari ini kan harga minyak mentah di US$ 95’an per barel. Jika harga minyak jadi US$ 75 atau US$ 65 per barel alhamdulillah. Ya tentu harga BBM Pertamax turun,” katanya saat ditemui selesai acara ‘Sarasehan 100 Ekonom Indonesia’ di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu 7 september 2022.

Erick menerangkan, apa yang telah dilakukan pemerintahan pada saat ini bukan meningkatkan harga BBM, namun lebih ke pengurangan anggaran subsidi BBM.

Selain berita Erick Thohir Sebut peluang harga BBM turun Kembali, baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan 7 Ton BBM Solar di Banggai, Sulawesi Tengah

Selain itu, dia tidak sependapat bila Indonesia dibandingkan dengan negara lain terkait nilai jual BBM. Ditambah Indonesia menjadi negara net importir minyak semenjak tahun 2003. “Ini yang terkadang warga sering terlupakan,” ucapnya.

PT Pertamina awalnya sudah lakukan ulasan atas nilai jual Bahan Bakar Minyak (BBM) tipe Pertamax sekarang ini. Khususnya di tengah-tengah trend harga minyak mentah dunia yang berfluktuasi.

Sedangkan, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengungkap jika perusahaan terus lakukan ulasan harga secara periodik, hingga nilai jual BBM non bantuan ini juga dapat naik atau bisa juga turun.

“Masih kita ulasan secara periodik. Naik-turun, bisa naik dan dapat turun,” tutur Irto.

Diketahui, pemerintahan resmi umumkan kenaikan harga produk Bahan Bakar Minyak (BBM) penempatan, bantuan, sampai non bantuan. Penyesuaian harga BBM itu berlaku satu jam semenjak diumumkannya pada Sabtu 3 september 2022, jam 14.30 WIB.

Erick memaparkan jika apa yang sudah dilakukan pemerintah pada sekarang ini bukan meningkatkan harga BBM, tetapi lebih ke pengurangan anggaran subsidi BBM. (WS)

Selain berita Erick Thohir Sebut peluang harga BBM turun Kembali, baca juga: Harga Barang Melonjak, DPR: Perlu Operasi Pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published.