AMSI-Google News Initiative Gelar Pelatihan Literasi Media di Kota Palu

waktu baca 2 menit
AMSI-Google News Initiative Gelar Pelatihan literasi media Kota Palu

Pelatihan literasi media Palu, berita sulawesitoday – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Google News Initiative (GNI) melaksanakan pelatihan literasi media di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Koordinator Wilayah (Korwil) AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana membuka Pelatihan Cek Fakta dengan tema Pelatihan Literasi Berita untuk Publik melawan Mis/Disinformasi.

Pelatihan itu diikuti 25 jurnalis se Sulawesi Tengah. Pelatihan bakal dilaksanakan selama dua hari yaitu 29-30 Oktober 2022.

baca juga: Rp1200 Triliun APBN 2022 Belum Dibelanjakan

Ketua AMSI Sulawesi Tengah, Muhammad Ikbal sebut pelatihan itu sangatlah penting. Itu karena kurangnya literasi warga dalam hal informasi dan berita.

“Harapannya, pelatihan itu hasilkan jurnalis mampu menjadi ujung tombak untuk lawan misinformasi dan disinformasi di Sulawesi Tengah. Pasalnya, informasi semakin terbuka, sehingga membuat diri makin tidak terkontrol untuk menerima informasi,” ucanya.

Korwil AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana mengatakan akan bahaya disinformasi dan misinformasi, terutama pada tahun politik seperti saat ini.

AMSI-Google News Initiative Gelar Pelatihan Cek Fakta di Kota Palu

Selain berita Pelatihan literasi mediaKota Palu, baca juga: Antisipasi Krisis Pangan, 11 Komoditas Utama akan Ditata

Warga kata dia, disuguhkan informasi beragam. Sehingga, warga tidak miliki kesempatan untuk memisahkan mana informasi benar ataupun yang hoax.

“Literasi berita itu penting. Tujuannya, tidak terjebak di dunia informasi tidak bertanggungjawab,” tutur Upi.

Peserta pelatihan ini kata dia, diharapkan jadi penerus literasi berita untuk masyarakat luas.

Pelatihan itu hadirkan trainer nasional AMSI, yaitu I Nengah Muliarta, ketua AMSI Bali dan Fritz Wongkar, Direktur Kabar Indonesia Grup. (rf/AMSI Sulteng)

Selain berita Pelatihan literasi media Kota Palu, baca juga: Literasi Adalah? Ini Menurut Pakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *