Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Dinas Perindag Parimo Tambah Fasilitas Pasar Tradisional Parigi

waktu baca 2 menit
Dinas Perindag Parimo Tambah Fasilitas Pasar Tradisional Parigi.

Berita Parigi Moutong, sulawesitoday – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menambah fasilitas Pasar Tradisional Parigi.

Penambahan fasilitas pasar di ibu kota kabupaten itu untuk memenuhi kebutuhan pedagang dalam meningkatkan omset mereka.

Kepala Dinas Perindag Parigi Moutong, Moh Yasir mengatakan, melalui Dana Tanggung Jawab Sosial, Bank Pembangunan Daerah/Bank Sulawesi Tengah membantu pembangunan los untuk para pedagang yang berjualan di Pasar Sentral Parigi, Sulteng tersebut.

Ia menjelaskan, pembangunan fasilitas Pasar Tradisional Parigi itu menghabiskan anggaran Rp600 juta lebih guna memberikan kenyamanan kepada pedagang sebagai bentuk perhatian pemerintah.

Oleh karena itu, dengan terbangunnya los baru diharapkan warga semakin banyak berkunjungan supaya aktivitas ekonomi di Pasar Tradisional Parigi meningkat serta berdampak positif terhadap warga yang bekerja sebagai pedagang kecil.

BACA JUGA: Dapur Umum Pemkab Parimo Kembali Buka di Desa Torue

“Tempat ini khusus menjual sayur mayur basah dan berbagai produk kebutuhan sehari-hari keluarga,” kata Yasir.

Dia menjelaskan, sampai saat ini fungsi pasar tradisional belum maksimal, karena masih banyak warung yang tersedia dan belum ditempati para pedagang.

Oleh karena itu, guna mendorong mobilitas kunjungan pada fasilitas yang telah disediakan pemerintah dibutuhkan dukungan semua pihak, supaya suasana pasar lebih dinamis.

Sebagaimana peran dan fungsi pasar dari prespektif ekonomi, yakni sebagai tempat strategis memperlancar proses jual beli produk dari penjual ke pembeli.

Hal itu tentunya akan menciptakan aktivitas ekonomi warga yang cukup menggeliat.

BACA JUGA: DPRD Parimo Pastikan Dana Non Kapitasi Terbayarkan September

“Salah satu cara uang bergerak positif di suatu daerah dapat dilihat pada tingkat aktivitas dan mobilitas kunjungan pasar tradisonal. Oleh karena itu, kami terus melakukan perubahan agar pedagang dan warga sebagai konsumen memanfaatkan sepenuhnya pasar sebagai tempat belanja kebutuhan sehari-hari,” kata Yasir.

Dia mengungkapkan, dalam kesempatan ini, Bank Sulteng juga menyerahkan sekitar 22 unit sepeda motor melalui dana tanggung jawab sosial roda tiga untuk dijadikan sasaran pengangkutan sampah.

“Dua unit Kendaraan ini diserahkan kepada Pemerintah Kecamatan Parigi dan Organisasi Masyarakat Alkhairaat untuk pengelolaan kebersihan yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Ngai,” kata Yasir. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.