Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Parigi Moutong Siapkan Rumah Tunggu Warga Berobat Medis ke Makassar

waktu baca 3 menit
Parigi Moutong Siapkan Rumah Tunggu Warga Berobat Medis ke Makassar

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Pemda Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, tengah menyiapkan rumah tunggu untuk bagi warga sedang berobat medis ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Melalui Dinas Kesehatan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu menyebut rumah tunggu dikhususkan kepada warga Parigi Moutong dengan kategori tidak mampu.

“Rumah tunggu untuk masyarakat Parigi Moutong yang jalani perawatan ke Makassar jadi perhatian Bupati Parigi Moutong Samsurizal,” ungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, Elen Ludya Nelwan, yang diverifikasi di ruangan kerjanya Selasa, 12 Maret 2022.

Dia menjelaskan, Bupati sampaikan untuk memerhatikan masalah itu. Masalahnya banyak masyarakat Parigi Moutong yang semestinya di perawatan ke Makassar malas untuk meneruskan perawatan dengan argumen tidak ada ongkos untuk rumah tunggu.

Lanjut ia, beberapa lalu pihaknya telah memperoleh rumah type 70 yang lumayan luas hingga dapat memuat beberapa orang.

Status rumah nantikan itu katanya, tidak jauh dari RS dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, hingga memudahkan pasien dan keluarga pengiringnya saat menjalankan perawatan.

“Kita carikan status rumah nantikan yang taktik tidak jauh dari Rumah Sakit dr Wahidin, hingga mereka gampang saat menjalankan perawatan pasien dapat semakin gampang berganti-gantian jaga di rumah sakit ingat pengiring pasien terbatasi banyaknya,” katanya.

Dia menjelaskan, rumah nantikan itu cuman dapat dipakai oleh masyarakat tidak sanggup asal Parigi Moutong, dengan bekal surat info tidak sanggup dan referensi dari Rumah sakit di Parigi Moutong masyarakat dapat tempati rumah nantikan itu.

Selain berita Parigi Moutong Siapkan Rumah Tunggu Warga Berobat Medis ke Makassar, baca juga: YLBHI Catat 189 Kasus KDRT dan Kekerasan Seksual di 2021

Sementara untuk kelompok masyarakat sanggup dan ASN asal Parigi moutong katanya, tidak penuhi persyaratan untuk tempati rumah tunggu yang beralamatkan di Alamat Rumah di Jl.Griya Sempurna Tonasa A1 No.3 Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Untuk masyarakat Parigi Moutong yang kurang sanggup dan akan jalani referensi pada Rumah sakit yang berada di Makassar bisa mengontak kami di Dinas kesehatan Parigi Moutong atau langsung ke dr Rusli di nomor HP nya 082190868939,” tuturnya.

Sedangkan itu, Ketua Komisi Empat DPRD Parigi Moutong, Arifin Dg Pallalo memberikan dukungan peraturan rumah tunggu dari Pemda.

“Peraturan itu benar-benar tepat. Mengingat banyak masyarakat jalani penyembuhan itu termasuk kategori kurang sanggup,” bebernya saat diverifikasi terpisah.

Tentu saja, dengan peraturan itu akan menolong masyarakat. Apa lagi, sedang berobat di luar wilayahnya yang terhitung jauh dari kampung halaman.

Langkah dari Pemda terutamanya Dinkes Parigi Moutong itu menjawab beberapa masukan masyarakat yang diterimanya.

“Masyarakat akan mengucapkan syukur Pemda dapat memerhatikan keperluan masyarakat yang memerlukan,” tutupnya. (**)

Selain berita Parigi Moutong Siapkan Rumah Tunggu Warga Berobat Medis ke Makassar, baca juga: Belum Kena Sanksi, ASN Pesta Narkoba di Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published.