Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Parigi Moutong Optimis Bisa Raih Predikat KLA Tingkat Madya

waktu baca 2 menit
Parigi Moutong Optimis Bisa Raih Predikat KLA Tingkat Madya (Foto: Illustrasi)

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Pemerintah daerah Parigi Moutong optimis bisa raih predikat KLA tingkat madya di tahun 2023 mendatang.

“Meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) madya, kami telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD),” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parigi Moutong Irwan, via sambungan telepon, Sabtu 19 Februari 2022.

Ia menjelaskan, KLA bukan hal baru bagi Pemkab Parigi Moutong, karena di tahun 2021 kabupaten ini telah mendapat predikat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Berbekal pengalaman sebelumnya, pemerintah setempat berupaya ingin naik kelas, sebab komponen-komponen penilaian KLA dianggap mampu dipenuhi, karena OPD terlibat telah menyatakan komitmen mewujudkan layanan yang ramah anak.

Baca juga: Tiga Anak Didik LPKA Palu Terima Asimilasi

“Banyak komponen yang dinilai, oleh karena itu OPD dilibatkan bergotong royong menyukseskan program ini, diantaranya Bappelitbangda, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Dinas PU, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup serta sejumlah instansi lainnya,” ujar Irwan.

Menurutnya, media massa juga berperan penting mendukung KLA kepada publik, termasuk para pihak menggencarkan kampanye ramah anak.

Lalu, intervensi Bappelitbangda yakni memastikan perencanaan KLA masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) atau menjadi salah satu program prioritas daerah, sekaligus mengkoordinasikan program kegiatan pada masing-masing OPD terlibat.

Selain itu, dari sisi kesehatan, pemerintah setempat juga memastikan pelayanan terhadap akan bisa terpenuhi, diantaranya layanan vaksinasi kepada anak wajib dilaksanakan, imunisasi serta penyediaan fasilitas pojok ASI di Puskesmas maupun rumah sakit.

“Kami berharap Parigi Moutong menjadi kabupaten pertama yang bisa mewujudkan KLA madya, sebab sebelumnya kabupaten ini menjadi daerah pertaman di Sulteng meraih predikat KLA Pratama tahun 2021,” kata dia menambahkan.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3AP2KB Parigi Moutong Kartikawati mengemukakan, dari target 514 kabupaten di tanah air menerapkan KLA, Parigi Moutong berada di posisi ke 321.

Pada akhir Maret nanti, Kementerian PPPA akan melakukan penilaian terhadap komponen, sehingga pemerintah setempat harus bersiap.

“Tahun 2019 Parigi Moutong mendapatkan penghargaan layak anak. Sejak itu juga pelayanan publik di pemerintahan ramah terhadap anak,” tutup Kartikawati. (**_mrf)

Selain berita Parigi Moutong Optimis Bisa Raih Predikat KLA Tingkat Madya, baca juga: Apa Itu Stunting dan Penyebabnya, Ini Penjelasan Ringkasnya

 

Tags :

 

Parigi Moutong Optimis Bisa Raih Predikat KLA Tingkat Madya, desa layak anak, indikator kota layak anak, syarat kota layak anak, pengertian desa layak anak, 24 indikator kla, program kota layak anak, definisi kota layak anak, desa ramah anak ppt

Leave a Reply

Your email address will not be published.