Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Parigi Moutong Jajaki Kerjasama dengan Kota Samarinda

waktu baca 6 menit
Parigi Moutong Jajaki Kerjasama dengan Kota Samarinda (Foto: Pemda Parigi Motuong)

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Usai kunjungan kerja ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dilanjutkan Kunker ke kota lainnya di Provinsi Kalimantan Timur. Parigi Moutong jajaki kerjasama dengan Kota Samarinda.

Di Kota Samarinda, rombangan Pemda Parimo yang dipandu Sekretaris Wilayah( Sekda) Parigi Moutong Zulfinasran diperoleh langsung oleh Delegasi Walikota Samarinda Dokter Ir. H Rusmadi MS PhD bertempat di ruang rapat Mangkupelas Gedung Kota Samarinda, Rabu 2 Maret 2022.

Delegasi Walikota Samarinda didampingi Karyawan Pakar aspek Rezim Kota Samarinda Ir Hery Suryansyah MT dikala menguraikan selayang penglihatan Kota Samarinda berkata, Kota Samarinda ialah area yang menyuguhkan ingatan, impian serta angan- angan.

Bagi Rusmadi, Samarinda berawal dari paduan tutur tiba serupa kecil dengan parasut kehidupan yang mengarungi bengawan Mahakam.

Lanjut Rusmadi, Kota Samarinda jadi Kota Kota besar yang jumlah penduduknya nyaris 1 juta jiwa tetapi Kota Samarinda tutur beliau jadi Kota yang apik, nyaman serta aman.

Baca juga: Pemda Parimo Fasilitasi Pengurusan Hak Paten Produk Inovasi

” Kota Samarinda dibelahan bengawan Mahakam bukan cuma pembuluh aorta pemindahan serta perekonomian, bengawan Mahakam bagaikan kayangan di alam orang,” Terangnya.

Dokter Rusmadi meningkatkan, Kota Samarinda merupakan satu dari 3 Kota di Kalimantan Timur ialah Kota Balikpapan serta Kota Bontang.

Kota Samarinda baginya terletak di posisi penting serta ialah bunda kota Provinsi Kaltim. Alhasil tutur beliau dengan ditetapkannya Kaltim selaku Bunda Kota Negeri( IKN) terkini oleh Penguasa Pusat hingga Kota Samarinda hendak terus menjadi maju.

” Yang nyata pemindahan IKN ini wajib membagikan akibat paling utama percepatan pembangunan, bukan cuma di Kaltim saja hendak namun pula di Sulawesi serta di wilayah wilayah lain,” imbuhnya.

Delegasi Walikota pula meningkatkan, masyarakat Kaltim amat berlega hati dari bagian pemograman IKN 70 persen hutan hendak jadi tempat pembangunan IKN serta Kota Samarinda masuk dalam ekosistem IKN.

” IKN Kaltim diposisikan oleh Penguasa Pusat selaku jantung. Jadi jika jantungnya tidak berdebar pasti seluruhnya hendak mati,” jelasnya.

” Aku selaku Delegasi Walikota menolong Walikota Samarinda memiliki visi yang kokoh buat membuat Samarinda selaku kota pusat peradaban. Kita mengetahui kalau Samarinda ini sedang jauh dari Kota Kota maju yang lain, namun dengan ditetapkannya Kaltim selaku IKN terkini, hingga kita secepatnya melaksanakan akselarasi,” tuturnya.

Sedangkan itu Sekretaris Wilayah( Sekda) Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran SSTP MAP melafalkan dapat kasih sudah menyambut kunjungan kegiatan Pemda Parigi Moutong di Kota Samarinda.

Sekda Zulfinasran berambisi dengan diterimanya Pemda Parigi Moutong dengan sambutan hangat oleh Pemda Kota Samarinda jadi tahap dini dalam melaksanakan kerjasama dalam menopang IKN di Kota Samarinda Kaltim.

” Permohonan maaf ayah Bupati serta Delegasi Bupati Parigi Moutong tidak dapat muncul. Ayah Bupati kita lagi mempersiapkan aktivitas Paralayang tingkatan Nasional di rangkaikan dengan HUT Angkatan Hawa yang insya Allah hendak dihadiri langsung oleh Kasad Angkatan udara(AU). Buat ayah Delegasi Bupati kita dikala ini lagi beruntun gencarnya tingkatkan Vaksinasi di Kabupaten Parigi Moutong. Olehnya aku ditugaskan buat mengetuai jalanya aktivitas Kunker di sebagian wilayah di Kaltim,” ucapanya.

Sekda meningkatkan, seyogyanya aktivitas pelampiasan cadangan peralatan IKN telah direncanakan 2 tahun kemudian, cuma saja tutur Sekda datang datang terjalin Covid- 19 alhasil tertunda, serta pada tahun 2022 dapat terkabul buat melaksanakan Kunker untuk perencanaan Parigi Moutong selaku agen peralatan pangan di IKN Kaltim.

Sekda dalam peluang itu mengantarkan selayamg penglihatan mengenai Kabupaten Parigi Moutong.

” Area kita Parigi Moutong hasil dari pemekaran Kabupaten Donggala pada bertepatan pada 10 April 2002, beda satu bulan dengan Kabupaten Penajam Jangka Utara,” terangnya.

Hubung Sekda Zulfinasran, Parigi Moutong dengan garis tepi laut 472 kilo m mempunyai 23 Kecamatan, 5 Kelurahan serta 278 Dusun dengan tujuan ke Kaltim buat pengembangan di zona ekonomi Parigi Moutong selaku cagak IKN.

” Kita tidak hanya mendatangi Kabupaten Panajam Jangka Utara serta Kota Samarinda, kita pula rencanamya hendak mendatangi langsung Penguasa Kota Balikpapan serta pula Penguasa Kota Bontang dalam perihal mendukung zona Pangan di IKN terkini,” Jelasnya.

Kabupaten Parigi Moutong tutur Sekda salah satu wilayah cagak terbanyak di Provinsi Sulawesi Tengah kepada penciptaan pangannya tercantum beras.

” Parigi Moutong salah satu penghasil beras, dapat surplus hingga 100 ribu ton per tahun, sebab besar wilayah Parigi Moutong 6 ribu kilo m persegi, serta sebagain besar warga kita bertani. Disini kita berusaha gimana hasil hasil penciptaan pangan di Parigi Moutong dapat menopang keinginan pangan di Bunda Kota Negeri terkini,” sebutnya.

Dalam peluang itu pula diberi peluang berbahas dan silih ubah benak antara Kepala OPD Parigi Moutong serta Kepala OPD Kota Samarinda terpaut zona zona apa saja yang cocok buat di kerjasamakan dalam mendukung IKN.

Sebelumnya, Penajam Paser Utara bersedia bekerja sama dengan Pemda Parigi Moutong.

Penajam Paser Utara bersedia bekerjasama dengan Parigi Moutong. Hal itu diungkapkan Plt. Bupati Penajam Paser Utara (PPU) asal Kalimantan Timur (Kaltim) Ir H Hamdam.

Demikian disampaikan Bupati PPU saat menerima kunjungan bisnis dan kerjasama antara Pemprov PPU dengan Pemda Parigi Motong yang bertempat di Pj Bupati PPU pada Selasa, 1 Maret 2022.

Ia mengatakan dia ingin mengajukan tawaran itu karena dia, seperti wanita cantik, telah jatuh cinta dengan provinsi Kalimantan Timur (Tim Cal) saat ini, terutama raja muda PPU. Tamu hampir selalu dari daerah dan pusat, katanya.

“Saya punya tamu terkait IKN dan saya harus diperlakukan seperti keluarga kerajaan sebagai tamu,” lanjutnya.

Bahkan, Hamam setuju untuk membangun kemitraan di berbagai bidang untuk mendirikan pemerintah PPU. Bahkan, itu mendorong pemerintah kabupaten untuk mengembangkan kemungkinan wilayah Karimantan Timur lainnya ke Parigi Matong.

Baca juga: Kabupaten Poso Rayakan Hari Jadi ke 127 Tahun

Kabupaten Kabupaten Bupati Parigi Matong diwakili oleh pemerintah PPU, yang diwakili oleh Sekda Parigi Moutong Zulfinasran STP. Harapan pemerintah dan komunitas PPU.

“Ada banyak hal yang dapat digunakan oleh pemerintah PPU, dan di masa depan, Anda dapat duduk pada saat yang sama dan duduk pada saat yang sama memenuhi syarat,” ucapnya.

Sekretaris Zulfinasran Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu juga mengungkapkan rasa hormat untuk PLT PLT Hamdam.

“Bupati kita sangat serius membangun kerjasama sebagai pendukung IKN di Kaltim. Sebelumnya dia juga pernah sepakat bekerja sama dengan Gubernur Kaltim, dan berteman baik dengan Gubernur Kaltim,” sebutnya.

“Salam dari Bupati, Beliau berhalangan hadir begitu juga Wakil Bupati karena Bupati sedang mempersiapkan kegiatan paralayang nasional bertepatan dengan kegiatan ulang tahun Kabupaten Parigi Motong,” ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong kepada Pemerintah PPU dan sebaliknya. (** / Diskominfo Parigi Moutong)

Selain berita Parigi Moutong jajaki kerjasama dengan Kota Samarinda, baca juga: Penajam Paser Utara Bersedia Bekerjasama dengan Parigi Moutong

Leave a Reply

Your email address will not be published.