Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Parigi Moutong Akan Ekspansi Pasar ke Bitung, Sulawesi Utara

waktu baca 3 menit
Parigi Moutong Akan Ekspansi Pasar ke Bitung, Sulawesi Utara

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan ekspansi pasar ke Bitung, Sulawesi Utara.

“Kami berupaya mencarikan pasar untuk pedagang dan pengusaha. Sebab, pasar sulit menjual produk jualannya ke daerah lain,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Parigi Moutong, Moh Yasir, di Parigi, Minggu 10 April 2022.

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya berkunjung ke Bitung, Sulawesi Utara. Itu sebagai tujuan pasar Parigi Moutong dalam rangka negosiasi dengan otoritas setempat untuk menyuplai barang.

Selain itu, Pelabuhan Bitung merupakan basis tol maritim yang juga melayani jalur Paris, sehingga para pedagang Paris Moutong ke depan lebih leluasa dalam mengirimkan logistik sesuai kebutuhan pasar.

Pihaknya akan mencari pengusaha lokal untuk memanfaatkan layanan tol laut untuk mendukung akses pasar produk di luar daerah.  “Saat ini masih ada pedagang lokal yang menggunakan tol laut dari pelabuhan Paris. Logistik yang diangkut berupa produk beras,” jelas Yasir.

Meski begitu, pemanfaatan jalan tol laut oleh kontraktor belum maksimal, dimana pengiriman beras masih berkisar 500 ton per bulan. 200 ton melalui laut dan 300 ton lainnya melalui darat.

Selain berita Parigi Moutong Akan Ekspansi Pasar ke Bitung, Sulawesi Utara, baca juga: 11 Bisnis Terlaris di Sulawesi Tengah

Oleh karena itu, setelah menjajaki pasar produk lain selain beras di Bitung, dinas terkait juga mengundang para pelaku ekonomi untuk membahas rencana lain sebagai bentuk dorongan dari pemerintah daerah untuk mengisi penjualan produk daerah yang berkualitas unggul.

Pemerintah daerah Paris Moutong menggunakan tol laut tol sesuai dengan harapan Grands Ports Ports of Paris yang ingin fasilitasnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sesuai kebijakan Kementerian Perhubungan, jalur laut ke Paris lebih dilengkapi, yang sebelumnya melayani rute Paris, Tinombo, Talamuta, Provinsi Gorontalo, sekarang jalur tersebut hanya dibuka untuk Pelabuhan Paris, Talamuta dan langsung ke Bitung.” ujar Yasser. Pelabuhan

Paris saat ini tidak hanya melayani jalur laut, tetapi juga melayani jalur laut perintis untuk memudahkan akses antar pulau di kawasan Teuk Tomini.

“Penggunaan tol laut tentu lebih murah, karena ada subsidi pemerintah,” pungkasnya. (**)

Selain berita Parigi Moutong Akan Ekspansi Pasar ke Bitung, Sulawesi Utara, baca juga: Demo Tolak Tambang di Parigi Moutong, Satu Orang Diduga

 

tags: bagaimana pembangunan tol laut dapat menjamin konektivitas antar pulau,tol laut jokowi,rute tol laut,konsep tol laut,rute tol laut 2020,tol laut di indonesia,gambar tol laut,jalur tol laut indonesia,gambar tol laut indonesia,jalan tol laut,karakteristik wilayah yang mendukung program tol laut,trayek tol laut,harga tiket kapal laut panjang semarang,tol bawah laut indonesia,tarif tol laut,rute tol laut indonesia,kantor tol laut surabaya,harga tiket kapal laut surabaya lampung,harga tiket tol laut lampung semarang,jadwal kapal surabaya lampung,bagaimana pembangunan tol laut dapat menjamin konektivitas antar pulau,tol laut jokowi,rute tol laut,konsep tol laut,rute tol laut 2020,tol laut di indonesia,gambar tol laut,jalur tol laut indonesia,gambar tol laut indonesia,jalan tol laut,karakteristik wilayah yang mendukung program tol laut,trayek tol laut,harga tiket kapal laut panjang semarang,tol bawah laut indonesia,tarif tol laut,rute tol laut indonesia,kantor tol laut surabaya,harga tiket kapal laut surabaya lampung,harga tiket tol laut lampung semarang,jadwal kapal surabaya lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.