Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Paralayang Troi Indonesia Air Force Cup I Parigi Moutong 2022 Resmi Bergulir

waktu baca 8 menit
Paralayang Troi Indonesia Air Force Cup I Parigi Moutong 2022 Resmi Bergulir

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Kejuaraan Nasional Paralayang Troi Indonesia Air Force Cup I 2022 di Kecamatan Tinombo, Parigi Moutong, resmi bergulir.

“Kegiatan dikerjakan berdasar Surat Keputusan Liga Aero Sport Indonesia (FASI) nomor 07/2/2022 tanggal 18 Februari 2022 mengenai Kalender Kegiatan tahun 2022 Cabang Olahraga (Cabang olahraga) Paralayang dan Gantole. Seterusnya berdasar Program kerja Pendamping Deputi Pemunuhan Olahraga wisata Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI tahun 2022. Program kerja dan bujet Puskop Dirga TNI AU tahun 2022 dan Keputusan Kerja Nasional tanggal 12 Desember tahun 2021,” ungkap Ketua Panitia pelaksana Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong Dra Alina A Deu, saat kegiatan pembukaan dikerjakan di Bukit Lolaro Tinombo, Jumat 18 Maret 2022.

Ia menyebut, kegiatan Paralayang Troi Indonesia Air Force Cup 1 2022 ini dirangkaikan dengan Hari Ulangi Tahun (HUT) TNI AU ke 76 tahun 2022.

Adapun arah kegiatan kata Alina Deu untuk mengenalkan kekuatan Rekreasi Paralayang di semua Indonesia dan eksperimen venue untuk Kejuaraan Paralayang Internasional yang hendak diselenggarakan di Parigi Moutong di akhir tahun 2022.

Adapun peserta yang ikuti lomba Paralayang ialah dari utusan Propinsi Jawa Barat, Propinsi Sumatera Barat, Propinsi DKI Jakarta, Propinsi Jawa Timur, Propinsi Kalimantan Barat, Propinsi Bali, Propinsi DI Yogyakarta, Propinsi Jawa tengah, Propinsi Sumatera Selatan, Propinsi Sulawesi Selatan, Propinsi Sulawesi tengah, Propinsi Sulaweai Utara, Propinsi Papua, Propinsi Riau dan Kabupaten Parigi Moutong keseluruhan jumlah peserta 112 orang.

“Adapun nomor yang diperlombakan ialah Keakuratan Landing (KTM) kelompok Perseorangan putra/putri Junior. Keakuratan landing kelompok The Master, Keakuratan landing kelompok TNI/Polri dan Keakuratan landing kelompok Tandem,” katanya.

Sekretaris daerah Parigi Moutong Zulfinasran sambut baik semua kelompok TNI AU atau Atlet Paralayang datang di Tinombo.

“Atas nama warga dan Pemda Kabupaten Parigi Moutong, saya ucapkan selamat tiba ke semua kelompok. Tidak ada kata yang pantas kami katakan selainnya terima kasih yang sebesar besarnya atas perhatian yang sudah dikasih ke kami, meskipun semua kita yang ada di sini di tengah-tengah kegiatan masing-masing dalam jalankan kegiatan setiap hari, hingga ini hari kita masih diberi peluang untuk bertandang di Kabupaten Parigi Moutong persisnya di Kecamatan Tinombo,” sebutnya.

Seterusnya kata Zulfinasran, dia berterima kasih ke FASI yang sudah pilih dan menunjuk Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat penerapan Kejuaraan Paralayang.

“Terlaksananya kegiatan ini sebagai satu kebanggan untuk kami, karena Moment Paralayang ini bertaraf Nasional dan pertamanya kali dikerjakan di Kabupaten Parigi Moutong,”Paparnya.

“Saya sampaikan animo yang dengan tinggi tingginya ke seluruh pihak yang sudah memungkinkannya terlaksananya Moment Paralayang di bumi Songulara Mombangu,” sambungnya.

Diterangkan Sekda, Paralayang sebagai salah satunya tipe Olahraga yang menuntut kahlian khusus untuk siapa yang ingin menekuninya. Risiko yang lumayan tinggi kata dia tentu saja akan tingkatkan adrenalin beberapa peserta Paralayang.

Namun apabila sudah ada di udara bebas semua rintangan itu akan terbayar dengan cantiknya Pemandangan alam bukit cantik Pantai Lolaro.

“Satu kali lagi saya berterima kasih ke semua peserta dari beragam wilayah yang sudah siap ambil bagian dari Kejuaraan Paralayang ini, dan kami sebagai tuan-rumah selalu siap menunggu kehadiran saudara saudara kembali ke Moment Moment Paralayang seterusnya yang hendak diselenggrakan di Kabupaten Parigi Moutong, yang mana Bupati kami mempunyai loyalitas yang tinggi dalam penerapan tiap Moment Moment dalam kegiatan Olahraga di Sulaweai tengah atau tingkat Nasional,” jelasnya.

Lewat ksempatan itu Sekda Zulfinasran mengimbau ke Stakeholder berkaitan supaya meningkatkan Olahraga Paralayang di wilayah Parigi Moutong.

Bukan hanya hanya sediakan fasilitas prasarana namun melalukan training ke beberapa pemuda yang berkemauan salurkan talenta dan kemauannya pada olahraga Paralayang hingga dapat mengambil bagian dari Moment Paralayang.

Kedepanya diusahakan terus akan dilaksanakan di Parigi Moutong secara berkaitan seperti motivasi yang sudah dipersiapkan Bupati Parigi Moutong yaitu pengadaan sarana sarana Olahraga yang berada di Kabupaten Parigi Moutong.

“Disamping itu kami memberi pesan ke pengurus FASI untuk selalu tingkatkan kreasi dan pengembangan hingga kegiatan Paralayang makin disukai warga dan memberi kontributor pada bidang Pariwisata, di mana Misi Visi bapak Bupati Parigi Moutong masa 2018 -2023 inginkan jika salah satunya bertambahnya bidang Pariwisata sebagai referensi kita dalam tingkatkan ekonomi warga di Kabupaten Parigi Moutong, hingga salah satunya usaha Bapak Bupati berikan ke kita dan sudah dikerjakan beberapa saat akhir-akhir ini menjadi fondasi dasar untuk Pemda dalam meningkatkan bidang Pariwisata dan bidang Olehraga,” jelasnya.

Lanjut Zulfinasran, sekian tahun tempo hari tingkat ekonomi warga karena Covid-19 alami pengurangan sampai H-4.

Hingga kata dia Bupati Parigi Moutong selalu berusaha untuk tingkatkan ekonomi warga lewat kegiatan kegiatan yang sudah dan akan dikerjakan, di mana salah satunya kegiatan ialah yang sekarang ini dikerjakan dan dapat berpengaruh pada perbaikan perekonomian Nasional.

“Kita bisa juga menyaksikan jika dengan kehadiran beberapa peserta sekarang ini dapat menambahkan kemajuan ekonomi di daerah Kecamatan Tinombo pada terutamanya dan di Kabupaten Parigi Moutong secara umum. Peserta yang datang di hari ini ditambahkan beberapa undangan nyaris capai 200 orang. Kita dapat menyaksikan perputran ekonomi di sini lumayan baik, dan minta ijin saya memberikan laporan untuk dipahami semua peserta jika ada banyak kegiatan kegiatan yang lain sudah dikerjakan oleh Pemerintahan Wilayah Parigi Moutong lewat instruksi Bupati Parigi Moutong salah satunya ialah training pada Wasit Sepak Bola, Training pelatih Atletik yang dikerjakan di Kecamatan Tinombo, dan ini telah jalan dari tahun tempo hari. Ini sebagai satu fondasi dasar untuk kita Pemerintahan Wilayah Kabupatem Parigi Moutong agar semakin menggalakkan pada periode periode mendatang,” ucapnya.

Dalam pada itu Kepala Pusat Kekuatan Dirgantara sebagai Sekretrais Jenderal Pengurus besar FASI Marsekal Pertama Fajar Adriyanto MBA MSi (HAN) meneruskan dengan pengakuan pembukaan kegiatan Troi Indonesia Paragliding Air Force Cup I 2022 menjelaskan jika semua peserta atau Atlet Paralayang diangkut dengan memakai Pesawat Hercules.

“Rekan rekan dari semua Indonesia kami bantu dengan pesawat Hercules tiba ke sini, 2 hari perjalananya tapi saya saksikan masih tetap semangat,” paparnya.

Selain berita Paralayang Troi Indonesia Air Force Cup I Parigi Moutong 2022 Resmi Bergulir, baca juga: 200 Peserta Akan Ikut Seri Pertama Paralayang Parigi Moutong

Marsekal Fajar berterima kasih ke Pemerintahan Kabupaten Parigi Moutong dan semua undangan dan warga yang sudah mengundangnya untuk tiba ke Tinombo dalam rencana acara pembukaan Paragliding atau Paralayang Troi Indonesia Air Force Cup I tahun 2022.

“Saya berterima kasih yang dengan tinggi tingginya ke bapak Bupati Parigi Moutong dan ibu Bupati yang begitu memberikan dukungan kegiatan kami yang ada di sini. Tidak lupa perkataan terima kasih saya ke Petinggi yang berada di Kabupaten Parigi Moutong hingga penerapan kegiatan ini bisa kita kerjakan sesuai gagasan,” ucapnya.

Ikat Marsekal Fajar, di tanggal 9 April 2022 ialah HUT TNI AU ke 76, karenanya di kesempatan itu selain kegiatan Troi Paralayang untuk tingkatkan prestasi daripada Atlet itu.

Marsekal Fajar menambah, Paralayang kemungkinan tidak begitu terkenal seperti Olahraga lain, tapi kata dia perlu untuk dipahami jika Paralayang menyumbangkan 6 Medali di saat Asean Games 2018, dan itu ucapnya sebagai salah satunya cabang Olahraga yang lumayan banyak memperoleh medali, dan Indonesia kata dia masih di rangking nomor 1 di Dunia untuk keakuratan landing Paralayang.

Dia mengimbau supaya teman-teman Atlet Paralayang senior bisa latih putra putri di wilayah khsusnya yang berada di Kabupaten Parigi Moutong dan latih beberapa bibit bibit lokal hingga kelak pada kejuaran kejuaraan pada tingkat Nasional seperti PON atau kejuaraan Internasional dapat dilibatkan.

“Khusus ke Panitia, Wasit dan juri Paralayang saya memberi pesan supaya melakukan pekerjaannya sesuai ketentuan yang telah diputuskan, dan ke beberapa Atlet supaya ikuti kegiatan ini dengan serius dan junjung tinggi sportivitas dan memprioritaskan keamanan, dan janganlah lupa dibagikan ke semua Media Sosial (Sosmed). Saya percaya dari barusan pagi dan tempo hari kemarin telah banyak yang up-date status karena anak anak muda saat ini senangnya up-date status, dan itu yang hendak tingkatkan rekreasi yang ada di sini. Dengan kedatangan Paralayang di sini Atlet Atlit yang telah Internasional itu akan tersambung dengan Sosmed seingga bisa tingkatkan Pariwisata Parigi Moutong. Saya ucapkan selamat berlomba-lomba, dan mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa selalu membuat perlindungan dan memberi taufiq dan hidayahnya ke kita,” katanya.

“Saat sebelum saya tutup ada pantun, “Jalan ke Parigi Moutong berelok cantik, semua pantai dan gunungnya nikmat dilihat, jika ingin anak bapak dan ibu bermasa depan ceria, pililah menantu anak Paralayang,” katanya.

Marsekal Fajar yang mendapatkan Standing Applause dari semua Atlet dan tamu undangan yang datang.

Marsekal Pertama Fajar Adriyanto ditemani Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu, Sekteraris Wilayah Parigi Moutong Zulfinasran, Ketua Team pendorong PKK Kabupaten Parigi Moutong Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, KONI Propinsi Sulawesi tengah dan KONI Kabupaten Parigi Moutong, elemen DPRD Parigi Moutong, Ketua FASI Propinsi Sulteng dan Ketua FASI Kabupaten Parigi Moutong dan Ketua Panitia eksekutor lakukan pukulan gong sebagai pertanda diawalinya kegiatan Kejuaraan Paragliding Troi Indonesia Air Force Cup I 2022 di Kabupaten Parigi Moutong.

Seterusnya kegiatan disudahi dengan lomba Paralayang, terlihat beberapa Atlet secara berganti-gantian Take Off terbang layang dan Leanding disebelah tempat samping Utara Lolaro. (**/Diskominfo Parigi Moutong)

Selain berita Paralayang Troi Indonesia Air Force Cup I Parigi Moutong 2022 Resmi Bergulir, baca juga: Spot Wisata Paralayang di Indonesia Wajib Masuk dalam Agendamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.