Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pantauan Virtual Pilkades di Parigi Moutong: Sudah Sesuai Permendagri

waktu baca 2 menit
Pantauan Virtual Pilkades di Parigi Moutong: Sudah Sesuai Permendagri

Pantauan virtual Pilkades di Parigi Moutong, sulawesitoday parigi moutong – Hasil pantauan virtual Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyimpulkan proses dilalui sudah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020.

Hal itu sesuai dengan laporan dari tim pemantau daerah di TPS desa sampel terkait proses pemungutan suara Pilkades Parigi Moutong.

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa melakukan pemantauan secara virtual untuk melihat praktek langsung dari penerapan protokol kesehatan selama pilkades serentak di Kabupaten Parigi Moutong.

Baca juga: Berikut 10 Orang Paling Kaya di Dunia, Ada Siapa Saja?

“Saya harap Pemerintah daerah (Pemda) Parigi Moutong untuk tetap waspada dan tidak lengah terhadap pandemi Covid-19 terutama di tengah kemunculan kasus Omicron BA.4 dan BA.5,” ungkap Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo, pemantauan virtual Pilkades di Parigi Moutong, Senin 27 Juni 2022.

Pemda diminta untuk memperkuat PPKM mikro melalui pengoptimalan posko desa, tetap mendorong penerapan 5M, mendorong percepatan vaksinasi. Khususnya vaksin booster dan tetap melakukan pemantauan kondisi penyebaran Covid19 pasca pelaksanaan pilkades serentak.

Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan pilkades serentak pada 97 desa di 23 kecamatan dan diikuti 357 calon kepala desa, 337 calon kepala desa laki-laki dan 20 calon kepala desa perempuan, dengan jumlah DPT sebanyak 103.304 pemilih yang tersebar di 283 Tempat Pemungutan Suara) TPS.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Parigi Moutong sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Nomor 47 Tahun 2021 yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS.

Pada TPS juga sudah menyediakan sarana cuci tangan, thermo gun, sarung tangan sekali pakai hingga penyemprotan disinfektan secara berkala.

Baca juga: Ini Pelaku dan Motif Kasus Pembunuhan di Lore Peore, Poso

Pantauan Virtual Pilkades di Parigi Moutong: Sudah Sesuai Permendagri
Pantauan Virtual Pilkades di Parigi Moutong: Sudah Sesuai Permendagri

Baca juga: Mau Mengecilkan Pori-Pori Wajah? Ini 9 Skincare untuk Kulit Lebih Mulus

Sementara itu, Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai tinjau langsung beberapa TPS Pilkades serentak di Parigi Moutong.

“Saya imbau warga untuk tetap menjaga Kantibmas di Pilkades 2022,” ucapnya.

Ia berharap kontestan mengedepankan nilai-nilai demokrasi agar Pilkades berlangsung aman, lancar, jujur dan adil (rf)

Selain berita pantauan virtual Pilkades di Parigi Moutong, baca juga: Pemda Ajak Wujudkan Pilkades Damai di Parigi Moutong

Leave a Reply

Your email address will not be published.