Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ini Spot Wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah

waktu baca 11 menit
Ini Spot Wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah (Foto: Istimewa)

Berita wisata parigi moutong, sulawesitoday — Kabupaten Parigi Moutong ataupun Parimo diketahui dengan mempunyai garis pantai yang amat jauh. Menapaki selama teluk tomini sampai kabupaten Gorontalo. Ini potret wisata pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Keelokan alam, kekayaan adat, serta asal usul yang jauh Parigi Moutong merupakan kombinasi menarik buat dijelajahi.

Parigi Moutong mempunyai banyak tujuan darma wisata alam ataupun darma wisata adat yang belum banyak terekspose khalayak biasa.

Banyak keelokan alam yang tersembunyi di salah satu Kabupaten dengan pemasukan kakaonya yang populer ini.

Bermacam pangkal tempat- tempat darma wisata di Parigi Moutong yang bisa kamu peruntukan rujukan tempat liburan akhir minggu bersama keluarga.

Menikmati pesona keelokan alam Indonesia tidak hendak sempat terdapat habisnya serta dari demikian banyak destinasi darma wisata, provinsi Sulawesi Tengah, persisnya di Parigi Moutong bisa jadi pengganti opsi destinasi darma wisata Kamu.

Area Kabupaten Parigi Moutong mempunyai jarak yang relatif dekat dengan Kota Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah serta menghabiskan durasi tempuh kurang dari 2 jam lewat jalur Trans Sulawesi.

Kabupaten Parigi Moutong sendiri terletak di beberan pegunungan dan perbukitan yang menghampar selama pantai dari utara hingga selatan mempunyai ketinggian pada umumnya di atas dataran laut( 15- 375) meter.

Dengan topografi semacam yang sudah dituturkan di atas, Kamu bisa memandang pemandangan laut yang bagus dari atas bukit- bukit.

Temperatur di Parigi Moutong juga tidak panas semacam wilayah lain yang terletak di pantai pantai, karena angin laut yang bertiup hingga ke darat besar kemudian berputar kembali ke lapangan kecil alhasil temperatur hawa di Parigi Moutong senantiasa adem.

Wisata pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah, Kamu bisa mendatangi Pantai Nalera yang bagus.

Pantai ini mempunyai pemandangan alam yang bagus sebab posisinya yang berdekatan dengan gunung, beberan pasir putih yang bagus serta besar, alhasil sesuai buat tempat main air dan sangai.

Bila air laut lagi mundur, hingga hendak tercipta kolam yang dikelilingi oleh karang yang beraneka warna.

Subjek darma wisata Pantai Nalera terletak di Dusun Marantale, dekat 29 kilometer dari bunda kota Kabupaten Parigi Moutong. Subjek darma wisata ini terletak di pinggir jalur Trans Sulawesi alhasil gampang dijangkau dengan alat transportasi, bagus cakra 2 ataupun cakra 4.

Baca juga: Ciri Khas Papeda Kuliner Asal Papua

Darma wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah– Pantai Tumpapa

Pantai tumpapa ialah salah satu subjek darma wisata favorit di propinsi sulawesi tengah. Posisi pantai terletak di dusun Malakosa, kecamatan Balinggi, kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah Indonesia.

Berjarak dekat 150 kilometer serta ditempuh kurang lebih 2, 5 jam ekspedisi dari pusat kota Kota Palu. Buat menggapai posisi itu bisa memakai alat transportasi cakra 4 ataupun cakra 2. Diperjalanan kita hendak melwati pegunungan ladang kopi yang sedang asri serta mempesona.

Atmosfer hutan bakau yang sedang asri hendak menyongsong kita kala merambah posisi pantai itu. Tidak hanya itu, ada pula satwa- satwa buas yang hidup di dekat hutan, semacam kukila bangau, biawak, serta elang pantai.

Dikala datang di posisi para kita hendak disajikan beberan pasir putih yang menghampar selama garis pantai dengan di tumbuhi pepohonan.

Pohon- pohon yang berkembang itu membuat wilayah pantai pantai jadi reda alhasil para kita bisa bersantai dengan aman di bawahnya sembari menikmati panorama alam pantai serta sepiring pisang goreng plus segelas kopi.

Air lautnya yang sedemikian itu bening alhasil menaikkan pesona serta bujukan buat berenang menikmati indahnya dasar laut. Oleh sebab itu, pantai tumpapa bisa jadi salah satu opsi kunjungan kamu bila berwisata ke sulawesi tengah.

Darma wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah– Pantai Kucing

Darma wisata pantai di kabupaten Parigi Moutong berbentuk Pantai kucing persisnya terletak di dusun Marantale, kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pantai ini bisa jadi salah satu tujuan darma wisata untuk kamu yang bermukim di area terdekat semacam Poso, Parigi serta Kota Palu.

Pantai ini melayankan keelokan yang luar lazim, bagus dari bidang view, pasir putih yang lembut, vegetasi laut yang menarik, sampai terumbu karang yang terpelihara dengan bagus. Di Pantai ini sudah dibentuk resort.

Resort ini pula mempunyai dive center yang merupakan salah satunya di Parigi Moutong. Umumnya apabila kamu mau snorkeling ataupun diving di area Parigi Moutong memanglah wajib lewat resort ini.

Apabila mau menginap di resort ini kamu lumayan merogoh kocek sebesar 750 ribu rupiah per malam.

Telah tercantum makan pagi pagi. Makan siang serta makan malam tidak dijamin. Umumnya owner hotel dapat sediakan makan siang serta makan malam dengan harga 30 ribu rupiah sekali makan.

Disini pula sudah dibentuk bandar dengan jembatan jauh menjorok ke pantai. Jembatan ini amat menolong untuk para wisatawan yang hendak snorkeling di dekat pantai ini amat sesuai buat potret- potret ataupun hanya duduk- duduk menikmati hawa pantai.

Buat masuk ke zona pantai ini para wisatawan wajib melunasi karcis 5 ribu rupiah satu orang. Mengarah pantai kucing tidak susah, dari Kota Palu kamu dapat carter mobil ke pantai kucing ini.

Umumnya biayanya dekat 500 ribu rupiah. Buat kaum bisa jadi carter mobil dapat lebih aman. Tetapi apabila kamu tiba cuma berdua ataupun dalam kaum kecil, dapat naik taksi( sebutan buat travel) dari halte.

Biayanya pula lebih ekonomis, satu orang 50 ribu rupiah serta diantar hingga pantai ini. Dengan ekspedisi hingga ke tempat ini dekat 2 jam.

Selain artikel Ini Spot Wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah, baca juga: Berikut Tempat Penginapan Murah di Batu Malang Dibawah 100 Ribu

Ini Spot Wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah
Ini Spot Wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah (Foto: Istimewa)

Darma wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah– Pulau Kelelawar

Darma wisata pantai di kabupaten Parigi Moutong ialah salah satu subjek darma wisata dahulu kala yang lumayan memesona di Kabupaten Parigi Moutong merupakan Pulau Kelelawar.

Pulau ini ada di teluk Tomini persisnya di dusun Tomoli Kecamatan Toribulu dengan jarak lebih kurang 60 Km dengan durasi tempuh dekat 2 hingga 3 Jam dari kota Parigi.

Dari pantai ke pulau bisa ditempuh dengan memakai perahu bermesin yang disewakan oleh warga setempat dengan bayaran yang terjangkau serta dapat dinegosiasikan, menginginkan durasi kurang lebih 10 menit.

Dari Kota Kota Palu, berjarak dekat 97 km arah timur laut.

Pulau seluas kurang lebih 10 hektar ini diapit oleh 2 tanjung hutan bakau yang menyamai pintu gapura masuk mengarah pulau ini.

Karakteristik obyek darma wisata yang satu ini merupakan ialah tempat bertumbuh biaknya sebagian tipe kelelawar yang antara lain bercorak kuning, coklat serta gelap.

Panorama alam yang hebat hendak kamu lihat dikala petang, dimana ribuan kelelawar hendak berhamburan di dekat pulau ini yang hampir menutupi langit setempat.

Pulau ini pula mempunyai pasir putih yang bagus, amat mengasyikkan buat berenang serta menyelam disekitar pulau ini. Kamu pula dapat melaksanakan bermacam aktivitas lain semacam bersampan di dekat pulau ataupun memancing ikan.

Di mari kita pula hendak menciptakan nelayan- nelayan konvensional yang pasti saja hasil tangkapannya bisa kamu beli dengan harga yang lumayan ekonomis.

Untuk para peminat serta periset, pulau ini rasanya amat pas buat riset binatang kelelawar. Buat mengarah Pulau Kelelawar, wisatawan bisa menggunakan pelayanan angkutan motor tempel yang diadakan oleh masyarakat setempat, dengan bayaran carter Rp 10. 000 per orang. Durasi tempuhnya cuma dekat 10- 15 menit ekspedisi.

Darma wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah- Tugu Khatulistiwa

Biasanya warga Indonesia mengenali cuma terdapat satu monumen khatulistiwa ialah di Pontianak.

Tetapi pada faktanya, Indonesia pula mempunyai monumen khatulistiwa lain ialah di Parigi Moutong, persisnya di Dusun Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan.

Monumen khatulistiwa ini menunjukkan kalau tempat itu benar dilewati garis khatulistiwa. Subjek darma wisata ini terletak pas di pinggir jalur poros Parigi- Gorontalo.

Kejadian karakteristik alam terjalin dikala equinox yang jatuh pada bertepatan pada 21 Maret serta 23 September. Ada pementasan yang pantas disaksikan kalau jarum jam hendak melayang bila diletakkan di dalam botol yang ditempatkan pas di titik nihil.

Bila saja Kamu bertamu ke tempat ini, cobalah meletakkan telur ayam pada titik khusus yang buatnya gampang berdiri berdiri. Istimewanya telur itu hendak menggapai posisi balance serta tidak hendak bergulir.

Subjek Lainnya

Tidak hanya tempat darma wisata pantai di Kabupaten Parigi Moutong itu di atas, sedang banyak lagi tujuan darma wisata yang dapat kamu datangi di Parigi Moutong ialah Darma wisata Alam di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Sebagian tempat darma wisata itu di antara lain, Pantai Sidoan, Air Panas Sidoan serta Air Turun Sidoan yang kesemuanya berada di Kecamatan Sidoan, setelah itu terdapat Air Turun Ogomojolo, Pulau Ogotion, Gunung Tinombala, serta Terowongan Tingkulang yang berada di Kecamatan Tomini, berikutnya Pulau Ongka, Pasir Putih Santigi, Pulau Mandora, Pulau Moian, Pasir Putih Sibatang, Pulau Solaya, Dagat Dede( Pulau Kecil), Telaga Bolano Sau serta Telaga Dako yang berada di Kecamatan Moutong.

Menjelang libur akhir tahun, wilayah ini dapat kamu peruntukan salah satu tujuan darma wisata bersama keluarga.

Dikala bertamu ke Parigi Moutong, kamu pula dapat menikmati santapan khas di wilayah itu yang umumnya diketahui dengan gelar Lalampa Toboli, tipe santapan berbahan bawah beras ketan dibungkus daun pisang dengan isi sejenis abon.

Tipe santapan ini dihidangkan dengan terbakar, dipastikan rasanya enak, biayanya juga amat ekonomis, Rp 2. 000 per balut.

Lalampa dapat ditemui di nyaris selama jalur di Dusun Toboli. Umumnya orang yang bertamu ke Parigi Moutong melapangkan diri menikmati Lalampa saat sebelum merambah serta meninggalkan Kabupaten Parigi mengarah Kota Kota Palu.

Promosi Darma wisata Diving serta Paralayang Parigi Moutong

Promosi darma wisata Diving- Paralayang Parigi Moutong, Sulawesi Tengah buat Artificial Reef Lolaro 2021.

Diving serta paralayang merupakan berolahraga terencana terbuat di Lolaro Tinombo sebab arenanya silih bersebelahan.

Artificial Reef ataupun diketahui dengan sebutan terumbu ciptaan, ialah salah satu bentuk bermaksud buat berupaya mengembalikan guna hayati ekosistem terumbu karang.

Regu Diving asal Kota Manado berupaya mengiklankan darma wisata diving- paralayang Parigi Moutong lewat keelokan dasar laut serta keelokan atas dataran alam.

Regu itu diketuai Riznu Bakat Bhuwana Tombolotutu Dive Ahli bersama Dive Ahli Jandri Wanen berlaku seperti Instruktur, Dive Ahli Lidya Pontoh, Dive Ahli Stev Lengkong, Dive Ahli Alat Warow ditemani Rizal berlaku seperti Vidio Grafer serta Andre Polangitan Angkasawan Drown bersama Glading Angkasawan Paralayang, Geri Wowor.

Mereka berupaya memadankan program penguasa, dimana tiap hari 7 kunjungan penerbangan luar negara di Manado buat melancong di spot amat potensial pariwisatanya.

Beliau berkata, wisatawan mau mencari darma wisata diving- paralayang Parigi Moutong. Keelokan dasar laut buat dapat diving serta bersebelahan dengan gunung buat dapat paralayang.

Kabutuhan darma wisata diving paralayang terdapat di Tinombo

Keinginan wisatawan kepada darma wisata diving- paralayang Parigi Moutong terdapat di Tinombo. Salah satunya keelokan dasar laut ialah depan Lolaro. Dekat 200 m dari bibir pantai, setelah itu melambung layang bisa jadi 100 ataupun 200 m ataupun satu kilo sangat jauh dengan laut.

Begitu sejenak tempat darma wisata pantai di kabupaten Parigi Moutong yang jadi rujukan untuk kamu yang mau melaksanakan liburan bersama keluarga. (**_mrf)

Selain artikel Ini Spot Wisata Pantai Parigi Moutong Sulawesi Tengah, baca juga: Parigi Moutong

 

tags:

 

pantai sulawesi, pantai bira, pantai di sulawesi, topejawa takalar, pantai pulisan, pantai di sulawesi selatan, pantai tanjung bira, wisata bulukumba, pantai dato majene, pantai di manado, pantai toronipa, pantai manado, pantai yang ada di sulawesi, pantai bira bulukumba, pantai bunaken, pantai bulukumba, pantai kuri maros, bulukumba bira, bira bulukumba, pantai bira pasir putih, pantai di pulau sulawesi, pantai bara bulukumba, pantai sulawesi selatan, tempat wisata bulukumba, pantai di bulukumba, pantai lemo lemo bulukumba, tanjung bira bulukumba, pantai palu, pantai di kendari, wisata di bulukumba, bara bulukumba, pantai manakarra mamuju, tanjung bira makassar, tanjung bayang makassar, pantai bira makassar, penginapan di bara bulukumba, topejawa takalar 2020, pulau samalona makassar, pantai bunaken manado, pantai donggala, pantai pulau sulawesi, pantai takalar, pantai di sulawesi tenggara, pantai barat palu, penginapan di bira bulukumba, penginapan murah di tanjung bira bulukumba, pantai bitung, pantai batu putih bitung, harga tiket topejawa takalar, penginapan pantai bara bulukumba, sulawesi pantai, amatoa resort tanjung bira makassar, harga penginapan topejawa takalar, penginapan topejawa takalar, wisata pantai bira, penginapan di pantai bara bulukumba, wisata topejawa takalar, wisata bira bulukumba, penginapan bira bulukumba, pantai di sulawesi tengah, dato majene, bulukumba pantai bira, pantai maros, penginapan di bulukumba bira, penginapan murah di bira bulukumba, tanjung bira beach, makassar ke tanjung bira, harga kamar topejawa takalar, pantai terkenal di sulawesi, pantai sulawesi tengah, lemo lemo bulukumba, penginapan di bara beach bulukumba, pantai malino, pantai kamali bau bau, pantai bara makassar, wisata bira makassar, tanjung bara bulukumba, penginapan bara bulukumba, pantai bira di bulukumba, harga penginapan tanjung bira bulukumba, paduppa resort makassar, pantai kima bajo, pantai di manado yang bagus, pantai losari terdapat di provinsi, enu palu, harga tiket tope jawa, penginapan murah di pantai bira bulukumba, penginapan di pantai dato majene, pantai sulawesi barat, paduppa resort tanjung bira, pantai tanjung bira bulukumba, pantai nirwana sulawesi tenggara, pasir putih bira, lokasi tanjung bira, penginapan tepi laut barru, pantai manado bunaken, penginapan di tanjung bira bulukumba, sebutkan pantai di sulawesi, bulukumba tanjung bira, pasir putih bulukumba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.