Onboarding UMKM Poso untuk Kemandirian Wirausahawan Lokal

waktu baca 2 menit
Foto: Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 yang diselenggarakan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Poso. Pemda: Onboarding UMKM Poso untuk Kemandirian Wirausahawan Lokal.

Berita poso, sulawesitoday – Pemerintah daerah (Pemda) Poso menyebut onboarding UMKM dapat mewujudkan kemandirian wirausahawan lokal.

“Onboarding melalui osialisasi, edukasi, sharing knowledge, serta peningkatan pemberdayaan UMKM lokal melalui pelatihan yang bersumber dari dana pusat,” ungkap Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Poso, Murniati Putosi, saat menghadiri Kegiatan Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 yang diselenggarakan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Poso, dengan tema: “BRI Bersinergi Mewujudkan Ekosistem Desa yang Produktif dan Inovatif” di Ancyra Hotel, Senin, 10 Januari 2022.

Ia menyebut segala upaya dilakukan demi terwujudnya Poso Sejahtera dengan 500 UMKM Bangkit Mandiri, termasuk onboarding UMKM Poso.

Baca juga: Poso Luncurkan Program Unggulan Kesehatan Gratis

Kabupaten Poso kata dia, memiliki kekayaan alam melimpah. Tidak hanya itu, Poso juga dikenal sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah dengan letak yang sangat strategis sehingga memiliki potensi besar bagi pengembangan UMKM lokal.

Dari segi pemasaran digital, sebagian besar Pelaku UMKM di Kabupaten Poso juga telah memanfaatkan e-commerce tersedia. Yaitu dengan berjualan online melalui marketplace yang ada pada aplikasi facebook, juga pemanfaatan aplikasi transportasi online karya programmer asal Kabupaten Luwuk Banggai, yaitu Draiv.

Bahkan, di Kabupaten Poso juga mulai bermunculan startup lokal karya anak Daerah Kabupaten Poso, di antaranya adalah Platform Torang Antar.

“Kita bercermin dari beberapa daerah di Indonesia berhasil membawa UMKM bangkit dan bertahan di kala pandemi. Caranya dengan meningkatkan layanan di ruang digital. Maka Go-Digital merupakan cara cerdas bagi UMKM untuk naik kelas,” sebutnya.

Terkait program unggulan Kabupaten Poso, Bupati melaunching Program Kesehatan Gratis ditandai dengan pelepasan balon, dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemda dengan BPJS Kesehatan.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari program unggulan lainnya yang juga sudah mulai berjalan dari Tahun 2021 yang lalu yakni Program Poso Pintar berupa penyerahan secara simbolis honor guru tenaga honor daerah TK, SD dan SMP.

Program Poso Sejahtera berupa penyerahan bantuan secara simbolis kepada UMKM dan penyerahan santunan duka kepada ahli waris, kemudian penyerahan Kartu BPJS, penyerahan bantuan Operasional Sekolah, penyerahan operasional mobil tinja kepada DLH serta penyerahan barang promosi pariwisata Kabupaten Poso.

Baca juga: Pemda Serahkan Bantuan Hibah untuk UMKM Poso

Laporan: Muhammad Rafii/ Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Poso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *