NASA bakal Tabrakkan Pesawat ke Asteroid

waktu baca 2 menit
NASA bakal Tabrakkan Pesawat ke Asteroid

NASA bakal tabrakkan pesawat ke asteroid, sains tekno sulawesitoday – NASA akan menabrakkan pesawat ruangan angkasa ke asteroid. Bukan tanpa alasan, ini sebagai sisi dari test pertahanan planet namanya DART.

Menurut situs space.com, The Double Asteroid Redirection Tes (DART) akan menabrakkan pesawat ruangan angkasa ke Bulan kecil asteroid namanya Dimorphos, Senin 26 September 2022.

Diputuskan, imbas yang muncul dapat dirasa pada 26 September 2022 jam 19.14 EDT atau Selasa, 27 September 2022 jam 6.14 WIB.

Bila jalan sama sesuai gagasan, pesawat ruangan angkasa itu akan menabrak Dimorphos dan ambil gambar sampai saat tumbukan. Kamu dapat melihat gambarnya langsung.

Mengenai Visi DART NASA

BACA JUGA: Menkeu Lega Setoran Pajak Tumbuh Positif

Visi DART NASA dikeluarkan nyaris satu tahun lalu pada 24 November 2021 untuk mengetes pemakaian “penabrak kinetik” untuk mengganti orbit asteroid.

Sasaran DART, Dimorphos, mempunyai lebar sekitaran 170 meter. Asteroid itu memiliki jarak sekitaran 9,6 juta km dari Bumi. Menurut NASA, tumbukkan ini tidak memunculkan resiko untuk Bumi.

Selain berita NASA bakal tabrakkan pesawat ke asteroid, baca juga: Jelajah Pesawat Ruang Angkasa Capstone NASA Capai 951.908 Mil

DART harus berkenaan Dimorphos dengan kecepatan sekitaran 23.760 kph supaya visi ini sukses. Sekitar 24 jam sesudah Dimorphos menghangat, DART akan ditujukan ke Dimorphos,siap untuk tumbuk.

“Usai manuver paling akhir 25 September, sekitaran 24 jam saat sebelum tumbukan, tim navigasi akan ketahui status sasaran Dimorphos dalam jarak 2 km,” catat petinggi NASA diambil dari ruang.com, Senin 26 September 2022.

“Disana, DART akan membantu dirinya untuk bertubrukan dengan asteroid,” sambungnya.

Sesudah tabrakan, asteroid akan keluarkan ejecta, sebuah material yang dikeluarkan dari satu tempat. Ini dapat disebabkan karena letusan gunung berapi, imbas meteor, atau ledakan bintang.

Langkah Melihat Visi DART

NASA melangsungkan tayangan live yang diawali jam 6.00 EDT Senin 26 September 2022 atau 5.00 WIB Selasa 27 September 2022 di TV NASA dan situs resminya.

Selain tayangan live, NASA sudah atur saluran video terpisah yang diperuntukkan untuk share gambar waktu nyata dari camera DRACO pesawat ruangan angkasa saat dekati asteroid. (rf)

Selain berita NASA bakal tabrakkan pesawat ke asteroid, baca juga: Bentuk Bumi Bulat atau Datar? Ini Keterangan dalam Alquran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *