Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Misteri Makam Kaisar China, Dikelilingi Parit Berisi Merkuri

waktu baca 3 menit
Tentara Terakota, patung prajurit yang menggambarkan tentara Qin Shi Huang, Kaisar pertama Tiongkok di dekat Xi'an/Sian, Distrik Lintong, Shaanxi (Arterra/Universal Images/Group v/Arterra)

Misteri makam Kaisar China, sains tekno sulawesitoday – Di bawah bukit wilayah China tengah, terpendam kaisar yang pusaranya tak pernah dibongkar lebih dari 2.000 tahun. Karena, makam kuno itu dikelilingi parit bawah tanah berisi merkuri yang beracun.

Mengambil laporan LiveScience, makam itu simpan rahasia kaisar pertama China, Qin Shi Huang yang wafat pada 10 September 210 SM sesudah mengalahkan enam negara yang bentrok untuk membuat negara bersatu pertama di China.

“Bukit besar, tempat kaisar disemayamkan, tidak ada yang sempat masuk ke situ,” kata arkeolog sekalian konselor kuratorial untuk pameran Terracotta Warrior di Discovery Times Square Kota New York, Kristin Romey, diambil Sabtu 21 Januari 2023.

Pada 1974, beberapa petani mendapati salah satunya penemuan arkeologi paling penting selama hidup dalam suatu kebun sederhana di propinsi Shaanxi, China. Saat mengeruk, mereka mendapati patung seukuran manusia yang dibuat dari tanah liat.

Penggalian arkeologi mendapati istana Qin Shi Huang, kaisar pertama China yang populer dengan beberapa ribu patung prajurit dari tanah liat dan kuda perang seukur aslinya, terhitung patung petinggi terhormat dan hewan yang lain.

Nampaknya, patung tentara ini dibentuk untuk jaga makam Qin Shi Huang, penguasa dinasti Qin yang memerintah dari tahun 221 sampai 210 SM.

Sepanjang nyaris empat dasawarsa, beberapa arkeolog sudah mengeruk situs itu. Selama ini, mereka sudah mendapati sekitaran 2.000 patung tentara, tapi beberapa pakar memprediksi keseluruhannya ada lebih dari 8.000.

“Mereka akan mengeruk di situ sepanjang beratus-ratus tahun,” perkiraan Romey.

Tetapi, beberapa periset tidak pernah sentuh makam pusat, yang simpan sebuah istana berisi badan Qin Shi Huang.

Selain artikel misteri makam Kaisar China, baca juga: Ternyata Ini Asal-usul Nama Bulan Kalender Masehi

“Beberapa karena menghargai kaisar, tapi mereka mengetahui jika tidak seorang juga di dunia sekarang ini yang mempunyai tehnologi untuk masuk dan mengeruknya secara benar.”

Beberapa arkeolog cemas penggalian dapat menghancurkan makam hingga kehilangan info riwayat yang perlu. Sekarang ini, cuma tehnik arkeologi invasif yang bisa dipakai untuk masuk makam. Tehnik itu beresiko tinggi mengakibatkan kerusakan yang tidak bisa diperbarui.

Parit merkuri jadi argumen lain kenapa beberapa arkeolog malas menelusuri makam itu. Hal tersebut kemungkinan akan beresiko, menurut contoh tanah disekitaran makam, yang memperlihatkan tingkat kontaminasi merkuri yang tinggi sekali.

Dokumen kuno menjelaskan kaisar membuat semua kerajaan dan istana bawah tanah, komplet dengan langit-langit yang mengikuti langit malam, dengan mutiara sebagai bintang.

Dan makam Qin Shi Huang diprediksi dikitari oleh sungai-sungai air raksa cair, yang dipercaya oleh orang China kuno dapat membuat mereka capai keabadian.

“Ini cukup tragis,” kata Romey. “Mungkin pemicu ia wafat karena menelan merkuri. Ia minum semua pil merkuri karena ingin hidup selama-lamanya dan zat itu membunuhnya pada umur 39 tahun.” (rhmn)

Selain artikel misteri makam Kaisar China, baca juga: Apa Saja Faktor Membuat Manusia Punah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *