Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Metode Memakai Rumus Teorema Pythagoras dan Contoh Soalnya

waktu baca 6 menit
Rumus Teorema Pythagoras

Rumus Teorema Pythagoras, feature sulawesitoday – Pemahaman teorema pythagoras ialah kuadrat sisi miring (hipotenusa) atau sisi paling panjang pada segitiga siku-siku sama dalam jumlah kuadrat dua sisi yang lain.

Sehari-harinya kita selalu terkait dengan segitiga, tetapi salah satunya seginya tidak dijumpai. Saat hitung salah satunya sisi atau panjang segitiga, karena itu kamu memerlukan rumus pythagoras untuk memperoleh hasilnya.

Sering disebutkan dengan alasan teorema pythagoras, kita sudah kerap mendapatinya semenjak duduk di kursi SD (Sekolah Dasar), lho.

Kemungkinan banyak antara kamu yang masih bimbang sebetulnya pythagoras apa itu sich? Faedah dari pelajari pythagoras apa itu saja? Ingin tahu? Yok, baca keterangan berikut ini!

Riwayat Rumus Teorema Pythagoras?

Saat sebelum jauh mengulas rumus, saya ingin kasih sedikit deskripsi ke kamu mengenai pemahaman dan riwayat Pythagoras. Ini kan pelajaran matematika, kok ada riwayat sich? Tidak ada kelirunya belajar riwayat secara singkat, hitung-hitung dapat menambahkan wacana kamu juga.

Kata pythagoras datang dari nama seorang filsuf dan periset Matematika asal Yunani Kuno, Pythagoras (570-495 SM).

Jauh awalnya teori pythagoras juga digunakan, lho. Teorema pythagoras sendiri telah ada jauh semenjak 1900-1600 SM ketika orang Babilonia dan Cina mengetahui satu bukti jika segitiga dengan panjang sisi 3, 4, dan 5 unit panjang akan membuat segitiga siku siku.

Disamping itu, teorema pythagoras disebut dalam Baudhayana Sulbasutra India yang dicatat di antara 800 dan 400 SM mengenai Tripel Pythagoras.

Sampai pada akhirnya teorema itu dikreditkan ke Pythagoras. Sampai sekarang ini memanglah belum dapat ditegaskan dengan cara tepat apa Pythagoras ialah orang pertama kali yang mendapati jalinan di antara sisi segitiga siku siku, karena tidak ada text yang tuliskan mengenainya.

Alasan dan Rumus Teorema Pythagoras

Alasan pythagoras ini hubungan di antara sisi segi pada segitiga siku siku. Hubungannya dengan sisi segi di segitiga siku-siku, sisi miringnya termasuk juga ya.

kamu tentu kerap dech bertemu beberapa soal yang dengan segitiga siku-siku. Misalkan sisi miring atap rumah, sudut lapangan bola dan lain-lain. kamu ketahui kan wujud segitiga siku siku itu seperti apakah? Coba lihat gambar berikut ini.

alasan dan rumus Teorema pythagoras

Teorema phytagoras ialah ketentuan matematika yang mengulas segitiga siku-siku dan sisi miringnya.

Sebenernya dengan saksikan gambarnya saja kamu dapat mudah mengenal segitiga siku-siku.

Tetapi kamu bisa juga mengidentifikasinya dengan beberapa ciri segitiga siku-siku berikut ini.

Rumus Teorema Pythagoras

Segitiga siku siku mempunyai pojok 90°. Sisi terpanjangnya disebutkan dengan sisi miring atau hipotenusa. Sisi yang lain ialah alas dan tinggi.

Nach, untuk menghitung salah satunya sisi itu, karena itu dibutuhkan teorema pythagoras. Beginilah bunyi dari rumus teorema pythagoras:

“Pada segitiga siku siku berlaku jika kuadrat hipotenusa sama dalam jumlah kuadrat dari 2 sisi yang lain”.

Apakah benar demikian? Silahkan kita tunjukkan!

Pakai rumus teorema pythagoras ini untuk memberikan bukti: c2 = a2 + b2

Rupanya, jika kita lihat lebih detil dapat disaksikan jika pada intinya rumus pythagoras memberikan luas persegi sisi a ditambahkan sisi b hasilnya sama dengan luas persegi sisi c.

Rumus Teorema Pythagoras

Dari point awalnya, kamu sudah dapat pastikan yang mana sich rumus untuk hitung pythagoras? Yup, benar sekali inilah rumusnya:

c2 = a2 + b2 atau c = √a2 + b2

a2 = c2 – b2 atau a = √c2 – b2

b2 = c2 – a2 atau b = √c2 – a2

Ke-3 rumus di atas dapat kamu pakai untuk hitung beragam sisi dari segitiga siku siku. Berikut sebagai beberapa triple rumus teorema pythagoras.

3, 4, 5

5, 12, 13

6, 8, 10

7, 24, 25

8, 15, 17

9, 12, 15

10, 24, 26

12, 16, 20

14, 48, 50

dst

Bagaimana sich tujuannya rumus phytagoras di atas? Ide triple rumus teorema pythagoras sebetulnya sebagai langkah gampang ketahui besar sisi segitiga siku-siku. Mengambil satu contoh ya segitiga dengan sisi 3 dan 4, berapakah sisi miringnya? Yap betul, jawabnya 5.

Tidak yakin? Coba kamu tunjukkan dengan masukkan beberapa angka barusan ke rumus pythagoras. Janganlah lupa ya sisi miring tentu sisi terpanjangnya.

Jika kamu ketahui idenya dan ingat beberapa triple pythagoras di atas, karena itu kamu dapat makin gampang kembali pada kerjakan masalah yang terkait dengan pythagoras.

Bayangin tidak rasanya hanya saksikan masalah rumus teorema pythagoras tidak pakai hitung-hitung langsung tahu jawabnya.

Contoh Masalah rumus teorema Pythagoras dan Ulasan

Agar lebih memahami kembali mengenai pythagoras ini, yok saksikan contoh masalah teorema pythagoras dan perhatikan ulasannya berikut!

Contoh Masalah 1

Sebuah segitiga siku siku ABC mempunyai tinggi BC 9 cm dan alas AC 12 cm. Kalkulasilah sisi miring AB!

Ulasan:

AB2 = BC2 + AC2 = 92 + 122 = 81 + 144 = 225

AB = √225 = 15

Maka sisi miring AB ialah 15 cm.

Jika kamu ingat triple rumus teorema pythagoras, karena itu kamu langsung bisa mendapati jawabnya tanpa hitung kembali, gaes. Inilah triple pythagoras dari masalah di atas: 9, 12, 15.

Contoh Masalah 2

Lihat gambar berikut ini!

Rumus Teorema Pythagoras

Tetapkan nilai a!

Ulasan:

a2 = c2 – b2 = 502 – 142 = 2.500 – 196 = 2.304

a = √2.304 = 48

Maka nilai a ialah 48 cm.

Nach, itulah keterangan berkenaan rumus teorema phytagoras. Gampang kan?

Contoh Masalah Rumus Pythagoras 1

  1. Sebuah segi-tiga mempunyai sisi BC panjangnya 6 cm ,dan sisi AC 8 cm, berapakah cm kah sisi miring dari segitiga itu (AB) ?

Penuntasan:

Dijumpai :

BC = 6 cm

AC = 8 cm

Ditanyakan : Panjang AB ?

Jawab :

AB2 = BC2 + AC2

= 62 + 82

= 36 + 64

= 100

AB =√100

= 10

Hingga, panjang sisi AB (miring) ialah 10 cm.

Contoh Masalah Alasan Pythagoras 2

  1. Dijumpai satu segitiga mempunyai sisi miring yang panjangnya 25 cm, dan sisi tegak segitiga mempunyai panjang 20 cm. Berapakah panjang sisi datarnya ?

Penuntasan:

Dijumpai: Kita bikin permisalan, supaya lebih gampang

c = sisi miring , b = sisi datar , a = sisi tegak

c = 25 cm, a = 20 cm

Ditanyakan : Panjang sisi datar (b) ?

Jawab:

b2 = c2 – a2

= 252 – 202

= 625 – 400

= 225

b = √225

= 15 cm

Hingga panjang sisi datar dari segitiga itu ialah 15 cm. (**)

Baca juga: Ini Puluhan Makanan Khas Sulawesi Tengah untuk Jadi

tags: contoh soal teorema pythagoras,contoh soal pythagoras,contoh teorema pythagoras,contoh soal pythagoras dan penyelesaiannya,contoh soal pythagoras kelas 8,contoh soal teorema pythagoras kelas 8,contoh pythagoras,contoh soal dan jawaban teorema pythagoras,contoh soal teorema pythagoras dalam kehidupan sehari hari,contoh soal matematika kelas 8 teorema pythagoras,teorema pythagoras berlaku pada segitiga,pythagoras segitiga,pythagoras segitiga siku siku,teorema pythagoras segitiga siku siku,pythagoras segitiga sama kaki,angka pythagoras segitiga siku siku,teorema pythagoras segitiga,teorema pythagoras segitiga lancip,cara menghitung pythagoras segitiga siku siku,rumus phytagoras sisi miring,phytagoras rumus,triple phytagoras rumus,rumus phytagoras pada segitiga,contoh rumus phytagoras,soal teorema pythagoras,soal latihan teorema pythagoras,latihan soal teorema pythagoras,soal soal teorema pythagoras,cara mengerjakan soal teorema pythagoras,kumpulan soal dan pembahasan teorema pythagoras,contoh soal teorema pythagoras,contoh soal pythagoras,contoh teorema pythagoras,contoh soal pythagoras dan penyelesaiannya,contoh soal pythagoras kelas 8,contoh soal teorema pythagoras kelas 8,contoh pythagoras,contoh soal dan jawaban teorema pythagoras,phytagoras rumus,triple phytagoras rumus,rumus phytagoras pada segitiga,contoh rumus phytagoras,soal teorema pythagoras,soal latihan teorema pythagoras,latihan soal teorema pythagoras,soal soal teorema pythagoras,rumus phytagoras sisi miring,phytagoras rumus,triple phytagoras rumus,rumus phytagoras pada segitiga,contoh rumus phytagoras,soal teorema pythagoras.

Leave a Reply

Your email address will not be published.