Menkeu Lega Setoran Pajak Tumbuh Positif

waktu baca 2 menit
Menkeu Lega Setoran Pajak Tumbuh Positif

Setoran pajak tumbuh positif, berita ekonomi sulawesitodayMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani merasa lega karena setoran pajak pertanggal 31 Agustus 2022 tercatat mengalami perkembangan sangat positif.

Bahkan, pada bulan Agustus setoran pajak sudah capai Rp1.171,8 Triliun. Jika dipersentasekan setoran ini sudah capai 78,9 persen dari sasaran.

“Dibanding tahun sebelum Pandemi 2019, kondisi peningkatan pajak 58,1 persen telah melebihi,” ungkap Menkeu, Senin 26 September 2022.

BACA JUGA: NASA bakal Tabrakkan Pesawat ke Asteroid

Sri Mulyani membeberkan, disusul PPh non-migas sudah capai Rp661,5 Triliun atau 88,3 persen dari sasaran. Adapun, setoran PPN senilai Rp441,6 Triliun atau 69 persen dari sasaran. Sedangkan, PBB terdaftar Rp13,2 Triliun atau 40 persen dari sasaran dan PPh migas Rp55,4 Triliun atau 85,6 persen dari sasaran.

Bahkan, performa penerimaan pajak dinilai terbaik pada masa Januari sampai Agustus yang dikuasai oleh 4 hal.

“Yang pertama pajak tahun ini acceptional karena kita hadapi boom komoditas. Ini ibarat pedang bermata dua, setoran bertambah tinggi tetapi inflasi dan beberapa produk pangan dan energi alami penekanan,” bebernya.

Selain berita setoran pajak tumbuh positif, baca juga: Rekening Pemda Semakin Gemuk, Capai Rp203 Triliun

Kemudian hal kedua, terdapat unsur kemajuan ekonomi yang mengalami peluasan, seperti dunia usaha yang berangsur membaik hingga banyak stimulan yang disetop, sehingga hal ini dapat mengembalikan pajak.

Selanjutnya unsur ketiga yang mempengaruhi karena terdapat sisi perkembangan yang rendah pada tahun 2021 lalu, karena terdapat pendistribusian stimulan pajak sepanjang wabah covid-19. Sedangkan unsur keempat mempengaruhi, yaitu adanya penerapan Undang – Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU hpp) yang menolong Pemerintah untuk kumpulkan setoran lebih teratur.

Di samping itu, Sri Mulyani tetap mengingatkan jika Pemerintah masih tetap berhati-hati karena keadaan ekonomi global yang perlu diwaspadai.

“Harus dapat memprediksi ekonomi dunia menurun, sebab kondisi itu pasti rembes dan memberi imbas ke negeri dan akan memengaruhi setoran pajak kita,” tegas Menkeu Sri. (WS)

Selain berita setoran pajak tumbuh positif, baca juga: APBN Surplus Rp107,4 Triliun Sejak Agustus

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *