Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Menjelang MotoGP Mandalika, Rider akan Parade di Jakarta

waktu baca 7 menit
Menjelang MotoGP Mandalika, Rider Akan Parade di Jakarta (Foto: MotoGP)

Berita sulawesitoday.com – Menjelang motoGP Mandalika, rider akan parade di Jakarta. Pelaksana MotoGP Indonesia 2022 merencanakan melangsungkannya dengan tampilkan 17 rider yang beraksi di gelaran itu.

Balapan monumental itu akan diadakan di Circuit Mandalika, 17-20 Maret kedepan. Promotor mempersiapkan bermacam program untuk tingkatkan daya magnet gelaran itu di mata pencinta balap lokal atau internasional.

Satu diantaranya dengan parade rider yang direncanakan dikerjakan di Jakarta pada Rabu 16 Maret 2022. Peluang ada 17 pembalap yang berperan serta, khususnya yang mempunyai pangkalan simpatisan besar di Indonesia, seperti juara MotoGP 6x, Marc Marquez, dan rider Aprilia Racing, Maverick Vinales.

“Pada Rabu 16 Maret 2022 akan diadakan parade di Jakarta. Ada 17 rider yang hendak datang, diantaranya Marc Marquez, Joan Mir, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Francesco Bagnaia. Mereka akan diterima Presiden Joko Widodo dengan parade diawali dan disudahi di Istana Merdeka,” Menteri Badan Usaha Punya Negara (BUMN) Erick Thohir mengutarakan dalam pertemuan jurnalis perubahan penyiapan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Jakarta, Minggu 6 Maret 2022.

Tidak ada verifikasi dari Dorna Sports mengenai acara itu. Masalahnya waktu penyelenggaraan minim dengan serangkaian MotoGP Indonesia, yang diawali pada Kamis di Mandalika.

Pada 17 Maret, jam 14.30-16.00 WITA, diadakan riders trek kerabatarisation, diteruskan pertemuan jurnalis prabalapan, 17.00. Dan Jumat, jadwal diawali dari jam 09.00 waktu di tempat dengan latihan bebas 1 Moto3 dan usai FP2 MotoGP, 15.50.

Sabtu 19 Maret 2022, dimulai FP3 Moto3 jam 09.00 WITA dan kwalifikasi 2 MotoGP disudahi jam 15.45. Fabio Quartararo dan teman-teman perlu memainkan pertemuan jurnalis pascakualifikasi pada 17.00.

Sesion Warm Up Moto3 dibuka pada 10.00, Race MotoGP jadi acara yang dinanti pada 15.00.

Apresiasi tinggi warga kelihatan pada moment berprestise itu. Porsi ticket untuk hari ke-3 , Minggu, beritanya telah habis terjual. Masih tetap ada tersisa untuk dua hari kemarin.

“Tetapi tidak boleh cemas, kita masih sediakan tambahan paket untuk penggemar Marc Marquez dan Maverick Vinales masing-masing 500 ticket Grandstand yang kami percaya akan diserang penggemar,” kata Erick.

Sebagai info, beberapa konsumen ticket podium yang didapuk untuk fans Marc Marquez dan Maverick Vinales, akan mendapatkan pernak-pernik dari ke-2 rider itu.

Selain berita Menjelang MotoGP Mandalika, Rider Akan Parade di Jakarta, baca juga: 24 Pembalap Akan Tes Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika

Mandalika Disebutkan Circuit MotoGP Terkomplet

Bekas rider beroda 2 Indonesia, Ahmad Jayadi, dan reporter balap senior, Arief Kurniawan, menyebutkan jika Pertamina Mandalika Sirkuit sebagai pelintasan yang unik.

Seri ke-2 Kejuaraan Dunia MotoGP 2022, Pertamina Grand Prix of Indonesia, tinggal hitung hari.

Untuk menyongsong motor balap paling berprestise di dunia itu, Mandalika GP Hub melangsungkan talkshow, untuk membahas habis apa yang hendak terjadi pada balapan di Pertamina Mandalika Sirkuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret kedepan itu.

Talk show dengan moderator Valentinus Ressa mendatangkan dua pembicara kapabel di bagian balap beroda 2, Ahmad Jayadi (bekas rider motor) dan Arief Kurniawan (reporter senior) berjalan pada Senin (7/3/2022) siang.

Pada acara bertema “Highlight MotoGP Qatar dan Preview Grand Prix of Indonesia” itu, Ahmad Jayadi menyebutkan Mandalika menjadi satu diantara circuit terkomplet yang berada di dunia.

“Circuit Mandalika mempunyai watak tertentu. Umumnya, circuit lain itu berisi high speed corner. Tetapi jika Mandalika itu mempunyai high speed corner, ada U turn, dan ada straight,” kata Ahmad Jayadi.

Selanjutnya Ahmad Jayadi menambah jika ada satu rider yang dapat menyetel motornya sebegitu rupa supaya pas dengan karakter Mandalika, setting itu bisa digunakan di mayoritas circuit dunia.

“Maka saat orang atau rider dapat menyetel motornya secara baik sesuai watak Mandalika, automatis setel ia akan bagus setiap circuit,” kata rider hebat Indonesia zaman tengah tahun 1990-an sampai awalnya 2000-an itu.

“Circuit Mandalika ini nanti dapat menjadi salah satunya circuit test/latihan pramusim saat sebelum MotoGP berguling, supaya team-team dapat memperoleh data yang komplet untuk meningkatkan motor.”

enada dengan Jayadi, Arief Kurniawan mengutarakan jika Mandalika mempunyai watak unik seperti Circuit Assen di Belanda dan Phillip Island di Australia. Jalannya balapan dia perkiraan akan susah diterka.

Ditambahkan, dengan kemenangan yang dicapai oleh Enea Bastianini (Gresini Racing) pada MotoGP Qatar, Minggu 6 Maret 2022 malam tempo hari, peta kompetisi menjelang balapan di pelintasan sejauh 4,31 km itu semakin susah untuk dibaca.

“Mandalika bisa menjadi circuit ke-3 di MotoGP sesudah Assen dan Phillip Island, yang berwatak fast and flowing. Fast-flowing itu gampangnya motor seperti terlihat tidak mengerem. Walau sebenarnya ngerem, hanya tidak seperti terlihat mengerem. Karena lay-out Mandalika semacam itu,” tutur Arief.

“Lempengannya pendek, tetapi selanjutnya berjumpa dengan kelokan tehnis yang mengucur. Berbicara masalah fast and flowing, umumnya balapan akan berjalan hebat. Susah menerka siapa yang hendak menang. Fast and flowing di Mandalika berada dari Kelokan 5-6, lalu kesan 7-8-9 dan 13-14-15.”

Lebih jauh Arief menerangkan, di Assen, kerap kelihatan empat sampai lima rider berkompetisi di baris depan hampir di sejauh balapan. Begitupun di Phillip Island.

“Terkecuali jika sudah ada yang nge-break (buka jarak) baru kita mengetahui siapa yang hendak memenangkan balapan. Berlainan dengan Qatar tempo hari. Dari sejak awalnya saja rider saat start tidak ngegrup. Rider dapat buat jarak, karena layout-nya mendukung untuk semacam itu,” katanya.

Acara talkshow yang diadakan di Mandalika GP Hub ini sebagai salah satunya dari bermacam kegiatan yang bisa menganakemaskan fans beroda 2.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mendatangkan kegitan yang lain seperti ada permainan replikasi MotoGP dan booth Playstation yang sediakan permainan MotoGP.

Bukan hanya sediakan beragam acara menarik, Mandalika GP Hub ikut jadi pusat info berkaitan ajang GP Mandalika 2022. Hingga, bila warga ingin ketahui semakin banyak mengenai GP Mandalika 2022, langsung bisa berkunjung Mandalika GP Hub yang dibuka tiap hari.

Warga bisa juga beli ticket melihat MotoGP Grand Prix of Indonesia di Mandalika GP Hub itu.

Pemasaran ticket terdiri dari lima kelas, yaitu Premier Class (900 tiket), Deluxe Class (2.000), Festival General Admission (10.000), Standar Grand Stand (28.578) dan Premium Grandstand (22.056).

Menjelang MotoGP Mandalika, Rider Akan Parade di Jakarta, baca juga: Marc Marquez Pasang Model Siaga pada Ducati

Aspal Baru Sirkuit Mandalika Mulai Dipasang

Direktur Khusus Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, memperjelas pembaruan aspal Pertamina Mandalika Sirkuit akan usai sama sesuai gagasan.

Pertamina Mandalika Sirkuit sudah mengawali pengaspalan ulangi dimulai dari saat sebelum Kelokan 17 sampai sesudah Kelokan 5 – atau sejauh 1,6 km.

Ini dilaksanakan berdasar saran dari beberapa rider dan hasil dialog dengan FIM, dan pemegang hak komersil MotoGP, Dorna Sports.

Pembuatan diawali dari kelupasan permukaan aspal lama sedalam 4 cm yang sudah dilakukan semenjak bulan akhir lalu, sekalian menanti bahan baku aspal baru usai ditelaah di laboratorium.

Sabtu 5 Maret 2022, bahan baku aspal telah tiba di Circuit Mandalika dan resurface mulai dilaksanakan. Tahapan awalnya diawali sesudah Kelokan 16 sampai Kelokan 17.

Priandhi menjelaskan jika aspal yang dipakai untuk melapis ulangi memakai tehnologi terbaru, yakni Stone Matic Asphalt (SMA).

Diharap proses pembaruan permukaan pelintasan bisa teraplikasi secara baik, tentu saja untuk menganakemaskan beberapa rider MotoGP.

“Awalnya telah dilaksanakan replikasi atau eksperimen kimia pengikat digabung dengan aspal dan kerikil. Kami menarget pengaspalan ulangi usai pada 10 Maret, dan berusaha dapat menyelesaikan dengan prima,” katanya.

Dalam membenahi aspal Circuit Mandalika, MGPA terus bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), konselor dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Semua tugas dikerjakan secara terancang dan terarah dan perubahannya terus dikatakan ke faksi Dorna Sports dan FIM.

Trek and Race Kontrol Supervisor MGPA, Awallutfi Andhika, menerangkan pengaspalan ulangi dipisah dalam lima fragmen. Masing-masing fragmen bervariatif jaraknya karena ada track lempeng dan kelokan yang lain.

“Sasarannya usai tanggal 10 Maret,” katanya.

Sesudah resurface usai, pelintasan akan dibikin bersih dengan trek jet dan sweeper. Grip tes akan dilaksanakan secara makro untuk struktur, dan kepadatan aspalnya yang mengikutsertakan RMI, R3 dan pendesain circuit, MRK1.

Selainnya pengaspalan ulangi, MGPA mengatur sarana lain, seperti pembuatan tribune pemirsa di tempat Hospitality Suite VIP Village, Grandstand dan Royal Box. Semua sarana simpatisan itu ditarget selesai saat sebelum MotoGP Indonesia. (**)

Selain berita Menjelang MotoGP Mandalika, Rider Akan Parade di Jakarta, baca juga: Alex Rins Tidak Ingin Meleng walau Suzuki Kuat di Lusail MotoGP Qatar 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.