Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Mengapa Pusar Bau?

waktu baca 2 menit
Mengapa Pusar Bau, (Foto: Oram)

Mengapa pusar bau, sains tekno sulawesitoday – Kita kerap mengeluh bau tidak lezat dari ketiak atau kaki. Tetapi, anggota badan yang lain, yaitu pusar, bisa juga keluarkan bau.

Biasanya, pusar bau terkait dengan permasalahan kebersihan badan. Tetapi, bila disertai tanda-tanda lain, bau dari pusar dapat mengisyaratkan satu penyakit.

Pemicu pusar bau

Diambil dari BBC Science Konsentrasi Magazine, pusar menjadi rumah untuk lebih dari 100 tipe bakteri, meskipun rerata sekitaran 60 tipe.

Mengapa ada beberapa bakteri di pusar? Pusar ialah lokasi yang menarik untuk bakteri untuk bergabung karena ada lipatan kulit, sedikit udara, dan sering tidak terusik karena kita jarang-jarang bersihkan sisi dalamnya dengan teratur.

Bakteri di pusar tetap dengan jumlah rendah, tetapi mereka bisa mengalami perkembangan biak, bila memungkinkannya. Ini memungkinkan terjadi bila Anda mempunyai ‘innie’ atau mempunyai tindikan di pusar.

Kelimpahan bakteri, bersama dengan keringat, kotoran, dan bulu-bulu lembut yang bisa terkumpul bisa membuat pusar keluarkan bau tidak lezat.

Keadaan ini tak perlu dicemaskan karena pembersihan yang cepat dengan sabun sepanjang mandi umumnya bisa hilangkan bau pada pusar.

Seharusnya, tak perlu memakai pelembap atau pembersihan yang agresif karena kelembapan berlebihan bisa juga menggerakkan perkembangan bakteri.

Diambil dari Healthline, pusar yang bau juga bisa sebagai tanda-tanda dari satu keadaan klinis, seperti infeksi atau kista. Ini dapat diikuti dengan tanda-tanda lain, misalnya:
1. Gatal
2. Ngilu
3. Keropeng disekitaran pusar
4. Demam
5. Tonjolan di perut

Bila alami beberapa gejala itu, kebalikannya kontrol pada dokter untuk ketahui pemicu dan perawatan yang diperlukan.

Selain artikel mengapa pusar bau, baca juga: Tips Mudah Berhenti Konsumsi Terlalu Banyak Gula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *