Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Mandalika Jadi Titik Ekonomi Baru Setelah Ada MotoGP

waktu baca 3 menit

Mandalika Jadi Titik Ekonomi Baru, ekonomi sulawesitodayKehadiran sirkuit Mandalika berada tepat di kawasan Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, saat ini, telah menjadi salah satu titik ekonomi baru milik Indonesia, setelah diadakannya balapan bergengsi Dunia MotoGP dan WordSBK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan, keutamaan infrastruktur untuk perkembangan ekonomi. Dengan infrastruktur yang baik, beberapa daerah yang prospektif dapat memberikan imbas ekonomi besar.

Jokowi memberikan contoh wilayah Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang lebih dikenali karena infrastrukturnya bagus.

“Saya contohkan di Mandalika. Dahulunya Mandalika itu pantainya elok. Tetapi tidak ada infrastruktur, tidak dipersiapkan secara baik. Tetapi sesudah ada sirkuit MotoGP, saat ini Mandalika jadi titik ekonomi baru,” papar Presiden Jokowi, pada acara Nusantara Bersatu, Sabtu 26 November 2022.

Presiden Jokowi turut menekankan, keutamaan pemerataan pembangunan supaya tidak terkonsentrasi cuma di Pulau Jawa. Menurut Presiden Jokowi, Indonesia punyai wilayah elok yang lain yang dapat digunakan jadi titik ekonomi baru.

“Coba bapak ibu jika ingin simak cantiknya beberapa pantai dan laut, kita tiba ke Labuan Bajo, yang sudah kita tuntaskan, kita lakukan. Itu titik perkembangan ekonomi baru di luar Jawa,” sebutnya.

Wilayah yang lain yang disentil Jokowi ialah Likupang di Sulawesi Utara. Menurut Presiden Jokowi, Likupang bisa menjadi beberapa titik perkembangan ekonomi baru Indonesia.

“Artinya bukan hanya di Jawa saja. Bapak ibu dapat saksikan di luar Jawa berkembang, di Morowali, saat ini jadi teritori Wilayah industri baru Indonesia,” tandas Presiden Jokowi.

Sebelumnya, pihakn Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengutarakan, pada saat ajang MotoGP Mandalika dimulai tanggal 18 – 20 Maret 2022 lalu, hasilkan dampak ganda capai Rp500 Miliar pada ekonomi.

Deputi Sektor Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa menjelaskan, bahkan peresapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam ajang itu capai 4.600 orang.

“Seperti cleaning servis, selanjutnya ada hubungannya dengan security, help desk, selanjutnya sopir-sopir shuttle bis, parkir sama road kontrol itu saat aktivitas berjalan. Belum saat pembangunan konstruksi dan ini memperlihatkan semakin besar rasio momen itu semakin besar SDM yang teresap,” jelas Rizki.

Selain itu, peresapan SDM untuk tenaga kerja, Rizki mengklaim putaran nilai uang yang berada di Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) dalam momen itu capai Rp1,4 Miliar.

“Putaran uang atau multiplier efek dalam moment itu capai Rp500 miliar. Dari nilai itu untuk UMKM itu ada Rp1,4 miliar, belum juga yang dari hotel dan restauran,” ucapnya.

Adapun keseluruhan UMKM yang diikutsertakan dalam momen itu sekitar 1.250 UMKM yang tercatat di Kemenparekraf, Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan UKM.

“Kami turut mengikutsertakan marketplace. Jika mengikutsertakan marketplace kan memiliki arti ada juga UMKM di sana,” paparnya.

Sementara itu, keseluruhan pelancong yang datang ke Mandalika saat MotoGP dan WordSBK capai 30.000 orang.

“Pelancong jika dari data yang dibuat ITDC itu keseluruhan tiket terjual itu 85.000 tiket, tetapi terbanyak hari ketiga. Kalu saya bilang sih 30.000 orang datang dari luar Lombok yang tiba gunakan pesawat dan kapal,” tutup Rizki. (WS)

Selain Berita Mandalika Jadi Titik Ekonomi Baru Setelah Ada MotoGP, baca juga:Dana Pemda Terendap di Bank Capai Rp278 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *