Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Makanan Kuda Nil Apa Saja?

waktu baca 2 menit
Makanan Kuda Nil Apa Saja?

Makanan kuda nil, sains sulawesitoday – Kuda nil (Hippopotamus amphibius) dikenali sebagai mamalia yang menyukai habiskan waktunya untuk berkubang di air, bahkan juga hewan ini dapat habiskan waktu sampai 16 jam dalam satu hari untuk merendam.

Tetapi, apa sebetulnya makanan kuda nil?

Kekuatan adaptif mereka di lingkungan air juga hebat. Kuda nil dapat meredam napas sampai 5 menit di permukaan air.

Mengingat sejumlah besar waktu yang dapat mereka habiskan di air, sebetulnya apa yang dikonsumsi kuda nil dan apa kuda nil makan ikan?

BACA JUGA: Kualifikasi MotoGP San Marino, Jack Miller Sabet Pole Perdana

Mengutip Animalia Facts, Kamis 1 September 2022 kuda nil tidak makan ikan. Makanan kuda nil di habitatnya mayoritas terbagi dalam rumput yang dapat mereka dapatkan di padang rumput dekat dasar air.

Kuda Nil akan pilih makan rumput hijau dengan pucuk kecil sebagai makanan mereka. Karena, pucuk-pucuk rumput ini bisa mereka telan tanpa banyak usaha.

BACA JUGA: Katak Pohon Beracun atau Tidak? Ini Penjelasannya

Mereka tidak makan rumput kasar yang mempunyai akar yang kuat. Sedangkan di penangkaran, kuda nil dapat makan jerami, sayur dan buah-buahan.

Walau secara umum kuda nil makan tanaman, tapi tidak berarti mereka tidak pernah makan daging atau ikan.

Dari beberapa penilaian, walau dijumpai jika makanan kuda nil ialah tumbuhan, tetapi pada intinya hewan ini bukanlah pemakan tumbuhan atau vegetarian murni selama waktu.

Baca juga: 15 Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga, Ingin Coba?

Bila ada kelangkaan rumput, buah-buahan, atau tanaman, kuda nil dapat makan daging, serangga, atau bahkan juga ikan. Ini terjadi saat musim kemarau.

Namun walau bisa makan jenis lain selain rumput, tidak berarti kuda nil dapat dikelompokkan sebagai karnivora atau omnivora.

Masalahnya mekanisme pencernaan dan tipe gigi mereka tidak memberikan dukungan untuk lakukan itu.

Kuda nil cari makan

Diambil dari National Geographic, kuda nil cari makan di dataran. Sesudah matahari tenggelam mereka tinggalkan air dan lakukan perjalanan darat untuk cari rumput.

Matahari tenggelam memang waktu terbaik untuk mereka untuk cari makan karena akan terbebas dari panas matahari menusuk di komunitas asli mereka, Afrika.

Kuda nil jalan sepanjang 9 km untuk memperoleh sekitaran 36 kg rumput per malam. Ini konsumsi makanan yang terhitung sedikit untuk hewan sebesar kuda nil.

Walau memiliki tubuh gede, keperluan energi mereka termasuk rendah karena kerap mengapung di air.

Kuda nil tidak kunyah makanan, tapi menyimpan untuk waktu lama diperut, di mana protein diekstraksi lewat fermentasi. (rf)

Baca juga: Habitat Burung Kakatua Ada Dimana Saja?

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.