Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

LPBD: Koperasi di Parigi Moutong Bebas Biaya Akses

waktu baca 2 menit
LPBD: Koperasi di Parigi Moutong Bebas Biaya Akses

Berita Parigi Moutong, sulawesitoday – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPBD-KUMKM) tegaskan Koperasi Parigi Moutong bebas biaya akses.

Hal itu diungkapkan Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM, Oetje Koesuma Prasetia di Parigi, Kamis 11 Agustus 2022.

“Tujuan LPDB di sini untuk memberikan pemahaman bahwa mengakses LPDB ini sebenarnya tidak sulit,” ucap Oetje Koesuma Prasetia di Parigi, Kamis 11 Agustus 2022

Karena semua koperasi, kata dia, harus melakukan apa yang telah dipersyaratkan oleh LPDB, salah satunya pelaporan keuangan.

“Kami datang ke sini atas undangan Kepala Dinas Koperasi. Karena, mengingat potensi Parigi Moutong, cukup besar,” ucap Oetje.

Dengan cara ini, pihaknya hanya mencari apa yang lebih unggul di bidang ini. Namun, dengan dana terbatas, harus koperasi. Sehingga, menurut dia, koperasi harus memutuskan untuk bisa mengakses LPDB.

“Diharapkan kerjasama yang baik dengan Kepala Dinas Koperasi Parigi Moutong akan memudahkan koperasi di sini untuk memenuhi persyaratan LPDB,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk bunga atau bagi hasil nantinya tetap dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Jadi aturannya tidak bertentangan dengan KUR. Tapi jenis pembiayaannya adalah koperasi selain simpan pinjam,” ujarnya.

Baca: Pengakuan Ferdy Sambo Mengapa Brigadir J Dibunuh

Memang menurut LPDB, multiplier effect koperasi simpan pinjam masih kurang. Namun, koperasi yang produktif tetap bisa diprioritaskan. Untuk Parigi Moutong sendiri, LPDB melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) di tiga koperasi.

“Lalu ada koperasi dan kami telah mendanainya tiga kali.” jelasnya.

Ia menambahkan, ada juga beberapa koperasi yang masih dikembangkan untuk kebutuhan mereka. Karena saat ini sudah ada izin usaha yang terintegrasi secara elektronik atau OSS (Online Single Submission).

“Dan saat ini masih banyak orang yang mengaku sebagai LPDB Jadi saya sampaikan kepada masyarakat Parigi Moutong bahwa di LPBD bebas biaya akses. Karena semuanya berbasis elektronik, jadi semuanya bisa terpantau dan itu gratis,” ucapnya. (*/Ikh)

Baca: Pemda Parigi Moutong akan Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih Jelang HUT Kemerdekaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.