Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Lima Tips Mencegah Jerawat Masuk Masa Pubertas

waktu baca 3 menit

Tips Mencegah Jerawat, ragam sulawesitoday Tanda-tanda memasuki masa pubertas pada wanita dan lelaki umumnya dibarengi dengan timbulnya jerawat. Tetapi tidak boleh berkecil hati, remaja bisa juga masih tetap berusaha memperoleh kulit yang sehat.

Coba cara-cara mencegah jerawat pada masa pubertas di bawah ini. Namun, sebelumnya, secara bersama ketahui dahulu faktor pemicu jerawat kerap datang pada masa pubertas.

Alasan kenapa saat pubertas umumnya dibarengi timbulnya jerawat, intinya karena faktor peralihan hormon. Ssebab, sepanjang masa pubertas remaja alami kenaikan hormon reproduksi. Keadaan ini membuat kelenjar minyak jadi membesar, hingga produksi minyak atau sebum turut meningkat.

Saat jumlah sebum dan minyak terlalu berlebih, ditambahkan ada penimbunan beberapa sel kulit mati, karena itu kotoran dan beberapa sel mati itu dapat menimbun di folikel rambut dan menutup pori-pori kulit. Saat pori-pori kulit yang mampet ini meradang dan terkena bakteri, remaja yang pubertas dapat alami jerawat.

Walau jerawat pada masa pubertas sebenarnya hanya karena faktor hormonal, tetapi ada tips untuk meminimalisir atau mencegah timbulnya jerawat pada remaja di bawah ini:

 

  • Bersihkan Wajah Dengan Benar

Remaja yang telah beranjang masuk masa pubertas perlu membersihkan wajah secara benar, minimal 2x sehari. Disamping itu, bersihkan wajah dibutuhkan saat badan banyak berkeringat, kepanasan, atau sesudah olahraga.

Langkah membersihkan wajah secara benar yaitu tidak boleh menggosok wajah terlampau keras. Jauhi menggunakan waslap atau scrub, karena rawan membuat iritasi kulit dan pori-pori kulit.

 

  • Pakai Produk Skincare Non-Komedogenik

Ingat wajah remaja rawan berjerawat saat pubertas, coba lebih jeli memakai produk perawatan kulit atau skincare. Tentukan skincare jenis non-komedogenik yang tidak mudah menutup pori-pori kulit untuk membantu mencegah jerawat.

 

  • Rawat Rambut Secara Tepat

Langkah mencegah jerawat pada periode pubertas perlu menjaga rambut dengan tepat. Masalahnya rambut yang kotor dan berminyak bisa juga menjadi salah satunya faktor pemicu jerawat banyak muncul.

Maka, usahakan untuk menjaga rambut dengan tepat. Bersihkan rambut minimal 2 hari sekali supaya kotoran dan minyak tidaklah sampai ke wajah, leher, dan punggung. Bila kamu memakai gel rambut, pomade, atau produk penata rambut berbasiskan minyak, jauhi produk ini dari tempat wajah.

 

  • Lakukan Pola Makan Sehat

Sebagian orang jerawatnya makin kronis karena pola makan kurang sehat, seperti kerap makan gorengan, makanan cepat sajian, makanan instant, atau makanan pedas. Nah, coba turunkan atau jauhi makanan kurang sehat pemicu jerawat di atas.

Disamping itu, menjaga pola makan bergizi komplet dan imbang tiap hari. Janganlah lupa makan sayur dan buah setiap sesion makan.

 

  • Jauhi Kebiasaan Memegang Wajah

Kebiasaan menggenggam wajah bisa juga mengakibatkan jerawat, terlebih bila tangan tidak selamanya pada kondisi bersih. Coba kontrol Kebiasaan menggenggam wajah, mengopek jerawat, atau menekan komedo yang dirasa mengusik performa.

Bila bermacam langkah mencegah jerawat pada periode pubertas di atas telah dicoba tetapi permasalahan kulit ini masih tetap bandel, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter specialist kulit. Dokter bisa menolong menangani jerawat dengan beberapa obat, perawatan, atau pemberian suplemen tertentu. (WS)

Selain artikel Lima Tips Mencegah Jerawat Masuk Masa Pubertas, baca juga:Tips Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *