Lima Keajaiban Sedekah Dapat Membuatmu Bahagia

waktu baca 4 menit

Lima keajaiban sedekah, ragam sulawesitodays Sedekah atau Shadaqah ialah pemberian seorang Muslim ke seseorang secara tulus tanpa terbatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat atau infaq. Sedekah bukan hanya memiliki arti keluarkan atau menyumbang harta, tetapi, mencakup semua amal atau tindakan baik.

Allah SWT, berfirman yang artinya:

“Tidak ada kebaikan pada umumnya bisik-bisikan mereka, terkecuali (bisik-bisikan) orang yang memerintah bersedekah, atau melakukan perbuatan kebaikan, atau mendamaikan antara Manusia. Dan siapa yang melakukan perbuatan demikian bermaksud cari keridhoan Allah, pastilah Kami akan memberikan padanya pahala yang sangat besar,” (Qur’an Surah An-Nisa Ayat 114).

Hukum sedekah dalam Islam adalah sunnah atau disarankan. Maka, jika ditangani akan datangkan pahala dan kebaikan. Jika ditinggal pun tidak datangkan dosa. Tetapi, sedekah bisa berbeda hukumnya, jadi bila seorang muslim sudah sanggup dan berkecukupan bertemu sama orang yang lain kekurangan.

Rutinitas memberikan atau menolong sama-sama akan membuat mereka, beberapa donatur berasa lebih berbahagia. Riset itu memvisualisasikan jika rutinitas memberikan atau bersedekah dengan ikhlas menolong dan hati berbahagia membuat sebuah lingkaran yang sama-sama tersambung. Orang yang bersedekah akan berasa hidupnya lebih berbahagia dan orang yang berasa berbahagia semakin lebih banyak bersedekah.

Berikut Lima kelebihan dan keajaiban bersedekah yang bisa membuat kamu Bahagia:

  1. Sedekah Sebagai Wujud Rasa Syukur

Sedekah dapat dilaksanakan dalam beragam langkah. Sedekah menjadi salah satunya langkah untuk mengucapkan syukur ke Allah SWT. Salah satunya hadist mengenai sedekah yang diriwayatkan Abu Hurairah R.A. Rasulullah SAW bersabda:

“Tiap batas tulang manusia harus disedekahi tiap hari ketika terbitnya matahari: melakukan perbuatan adil pada 2 orang (menengahi) ialah sedekah; membantu seorang naik kendaraannya, menuntunnya, dan mengusung barang tentengannya ialah sedekah, perkataan yang bagus ialah sedekah; Berbicara yang bagus termasuk juga sedekah. Begitupun tiap cara jalan untuk menjalankan sholat ialah sedekah. Dan singkirkan satu halangan dari jalan ialah sedekah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Dapat Menolak Timbulnya Penyakit

Ini sebagai salah satunya keajaiban sedekah kepada anak yatim. Jika sudah bersedekah dan belum pulih, karena itu perbanyaklah bersedekah. Allah sedang dengarkan doa orang – orang yang kamu berikan sedekah.

Keajaiban sedekah dan istighfar bukan hanya bisa membuat kamu pulih dari penyakit. Sedekah bisa juga menahan penyakit. Jika ada orang berniat jahat atau penyakit menyerang, sedekah akan menceganya.

Dalam sebuah hadist, Nabi SAW memberi pesan:

Dari Abu Hurairah ra, dia berbicara: Ada seorang yang tiba ke Nabi SAW dan menanyakan: “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang terbesar pahalanya?” Beliau menjawab” “Bersedekahlah dan kamu masih sehat, sukai harta, takut miskin dan berkemauan kaya. Dan jangan sampai kamu menahan-nahan hingga jika nyawa telah tiba kerongkongan, karena itu kamu baru berbicara: “Untuk fulan demikian dan untuk fulan demikian, walau sebenarnya harta itu menjadi hal sang fulan (ahli warisnya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Dipermudah Cari Rejeki Halal

Sedekah akan membuat kamu selalu ingat, jika kamu bekerja di bawah pemantauan Allah SWT. Itulah sebabnya, sedekah akan membuat kamu berusaha kumpulkan rejeki secara halal.

Rejeki halal yang dikonsumsi seorang akan membuat orang itu selalu mensyukuri karunia yang diberi Allah SWT. Seperti pada firman Allah SWT yang artinya:

“Karena itu konsumsilah yang halal kembali baik dan rejeki yang sudah diberi Allah ke kalian. Dan sukurilah nikmat Allah bila kalian cuma kepada-Nya saja melaksanakan ibadah,” (Qur;an Surah An-Nahl ayat 114).

  1. Lima keajaiban sedekah, Harta Yang Disedekahkan Abadi

Harta yang kita sedekahkan di jalan Allah akan menolong kita nantinya di akhirat. Allah pasti menyimpan harta yang umatnya sedekahkan, dalam hadis di riwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang bersedekah sebesar dengan 1 butir kurma hasil dari usaha yang halal dan Allah tidak terima terkecuali yang halal, karena itu Allah menerimanya dengan tangan kananNya, selanjutnya Allah Subhanahu wa Ta’ala kembangbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah seperti salah satunya antara kalian membiakkan anak kudanya hingga makin bertambah sampai seperti gunung” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada juga keajaiban sedekah subuh yang pahalanya beberapa ratus ribu kali lipat. Yaitu, sedekah ke orangtua, sampai sedekah ke ulama atau fuqaha.

  1. Sedekah Melipatgandakan Pahala

Perbanyaklah bersedekah sebagai ibadah hari Jumat. Sedekah dapat berbentuk uang, makanan, atau yang lain. Tidak boleh takut uang jadi habis bila bersedekah. Karena keajaiban sedekah pada hari Jum’at ialah Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan juga Allah akan menambahkan rejeki bila kita bersedekah. Rasulullah SAW bersabda :

“Dan pada hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan,” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, halamana 239).

Sahabat sulawesitoday.com, jangan berhenti berbuat baik. Bersedekahlah kalian kepada sesama, niscaya harta yang kalian keluarkan, atas izin Allah SWT pasti dilipatgandakan. (WS)

Selain artikel Lima Keajaiban Sedekah Dapat Membuatmu Bahagia, baca juga:  2

Author Profile

Wiwin Susanti
Wiwin merupakan lulusan sarjana yang sedang menetap di Kota Palu. Selama beberapa tahun terakhir, ia mengeksplor jenjang karirnya sebagai penulis dan ahli di bidang kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *