Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Berikut 10 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Bisa Diaplikasikan

waktu baca 6 menit
Berikut 10 Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Bisa Diaplikasikan

Kunci hidup tenang, ragam sulawesitoday – Siapakah yang tidak mengidamkan kehidupan tenang dan bahagia? Hidup tenang dan bahagia yakni sangat simple didengar, tapi sangat diinginkan tiap-tiap orang. Meski tidak dapat disangkal, bila standard kebahagiaan sifatnya relatif, tidak sama di antara satu sama lainnya.

Ada sekian banyak kunci hidup tenang dan bahagia simple yang dapat kamu aplikasikan biar agar tidak rasa risau.

Apa, ya, kunci hidup tenang dan bahagia? Yok, baca reviewnya di artikel di bawah!

Kunci Hidup Tenang dan Bahagia

Rasa panik, resah, dan takut amatlah manusiawi. Tetapi, kerap ketakutan kita pada suatu malahan jadi penyebab depresi, merasa tidak bahagia, sampai penyakit psikis.

Baca Juga: Menteri PPPA Desak Hukuman Maksimal Pelaku KDRT di Sumatera Utara

Buat menghalang keresahan berlebihan kepada suatu hal yang belumlah tentu terjadi, sebaiknya kamu mengaplikasikan kunci hidup tenang dan bahagia berikut ini.

  1. Memperbanyak rasa sukur

Kerap kali merasa tidak bahagia tampil di saat kita terasa kurang pada sesuatu yang dipunyai. Meski sebenarnya, tiap manusia Tuhan jadikan dengan kelebihan bersama kekurangannya masing-masing. Perbanyak rasa sukur dapat saja kunci hidup tenang dan bahagia.

Punyai mimpi besar yaitu perihal lumrah, tapi perlu diingat buat mensyukuri apa yang kamu punyai waktu ini.

Untuk perbanyak rasa sukurmu, kamu dapat, lho, menyempatkan sedikit waktumu untuk menuliskannya perihal-perihal yang kamu sukuri sehari-harinya di buku harianmu.

Kebahagiaan yang kamu tulis dapat diawali dengan perihal-perihal simple, rasa seperti sukur sudah dikasih kesehatan, dapat makan nikmat, tugas tertangani secara lancar, dan sebagainya.

  1. Tak boleh membawa persoalan saat tidur

Studi di Beijing, Tiongkok memperlihatkan jika kemarahan atau kejadian buruk yang terikut ke alam bawah sadar waktu tidur bawa pengaruh jelek buat kesehatan, khususnya kesehatan otak.

Kemurkaan dan hal buruk yang ikut waktu tidur dapat menaikkan persentase depresi dan condong kita untuk tetap ingat pengalaman dan hati itu.

Maka  jika harimu jelek, sebaiknya kamu menentramkan pemikiran lebih dulu dengan bermeditasi sesaat, lalu bebaskan beberapa pikiran negatif saat sebelum tidur.

  1. Punya cara pikir positif

Sering merasa tidak bahagia tampil waktu kita overthinking dan berprasangka jelek pada apapun yang belum pasti terjadi.

Rutinitas itu gak bagus buat situasi mentalmu, lho. Coba untuk memikir beberapa hal positif dari segala hal. Terus berpikir positif menjadi satu diantara kunci hidup tenang dan bahagia.

  1. Istirahat yang cukup

Satu diantaranya kunci hidup tenang dan bahagia yang amat simple yaitu dengan mempunyai waktu cukup istirahat.

Bagusnya, waktu istirahat manusia dalam sebuah hari ialah 7-8 jam. Tidur cukup dapat me-reset kembali pikiranmu maka kamu dapat mulai hari dengan fresh esok harinya.

  1. Teratur bangun pagi

Sewaktu badan kamu memperoleh cukup istirahat tiap harinya dan terlatih bangun pagi, kamu dapat memulai pekerjaan pagimu lebih simpel.

Bangun saat pagi hari dapat membuat pikiranmu lebih fresh dan jadi awal yang baik agar lebih produktif, lho.

Dengan bangun pagi, kamu terbebas dari hati dag-dig-dug karena cepat-cepat, jadi tidak perlu resah dapat hal itu.  Oleh karenanya, aktivitas bangun pagi dapat menjadi satu diantara factor kunci hidup tenang dan bahagia tiap harinya.

  1. Melakukan olahraga teratur

Melakukan olahraga adalah metode untuk memperhatikan kesehatan badan supaya masih bugar. Dengan melakukan olahraga teratur, kekebalan badanmu bakal bertambah hingga tidak simpel terkena penyakit.

Terkecuali itu, olahraga bisa membuat pikiranmu lebih menjadi santai maka teratur melakukan olahraga menjadi satu diantara kunci hidup tenang dan bahagia yang dapat kamu aplikasikan.

Olahraga bisa mengakibatkan penambahan hormon serotonin pada tubuh. Hormon serotonin bertindak penting dalam membetulkan situasi hati lebih menjadi baik maka dari itu kamu dapat terasa bahagia.

  1. Stop menilai diri sama orang lain

Tingkat kepuasan dari manusia seakan gak sempat ada ujungnya. Manusia lagi inginkan lebih pada sesuatu yang mereka miliki saat ini hingga kerap kali bikin hidup pihak lain sebagai penyanding atas hidupnya sendiri.

Datangnya medsos menjadi tempat menunjukkan kemajuan seorang kira-kira men-trigger kita untuk berasa tak suka dengan kita. Walaupun sebenarnya, tiap orang mempunyai garis hidupnya sendiri yang belum pasti sama sama orang lain.

Merasa tidak suka di diri kita sendiri bawa hati negatif yang buat kamu tak bahagia. Kamu dapat istirahat sementara dari social media untuk mendetoks hati negatif dan konsentrasi pada kehidupanmu sendiri.

Yakin, dech, konsentrasi di kehidupan sendiri bikin kita jauh makin bahagia! Langkah berikut bisa saja kunci hidup tenang dan bahagia untukmu yang dapat kamu coba.

  1. Menempatkan model hidup ringkas

Segalanya yang susah pastilah buat pusing sekali. Terus-terusan ada sesuatu hal nyebelin yang menghancurkan suasana hati saat pagi hari, diantaranya teperdaya macet.

Perangkap batman kemacetan dapat saja persoalan terus-terusan seperti telat kerja, diomelin atasan, dan masihlah banyak kembali. Untuk meminimalkan hal semacam itu, kamu dapat mengimplementasikan model hidup ringkas.

Diantaranya dengan naik kendaraan umum yang bebas macet seperti kereta atau MRT. Ini dapat saja cara simple buat mulai hari dengan suasana hati yang bagus.

  1. Hidup sama sesuai kebolehan

Yang memicu kekhawatiran tidak berbuntut diantaranya merupakan hidup berlimpah hutang. Seusai menerima gaji, bukan berasa puas, justru depresi, karena tagihan-tagihan telah tunggu buat kamu bayar.

Hasilnya, upah sebulan habis untuk bayar bill dan jalankan hidup 1 bulan di depan terasa berat.

Well, kamu nampaknya perlu menilai keuangan kamu kembali. Kamu dapat perlahan-lahan membataskan kemauanmu buat beli barang tersier seperti hp, kendaraan dengan credit.

Selesai usai membayar hutang, kamu mulai dapat berencana keuangan dari sejak awalnya dengan membikin pos-pos pengeluaran yang sesuai pemasukan yang kamu terima tiap-tiap bulannya.

Untuk setelah itu, kamu dapat menabung lebih dulu sebelumnya beli barang dibanding beli secara credit.

  1. Situasi keuangan yang sehat

Poin utama yang lain yang menjadi kunci hidup tenang dan bahagia merupakan miliki situasi keuangan yang sehat.

Satu diantara trik buat merealisasikannya yaitu dengan bikin peruntukan upah. Di bawah ini adalah rumus peruntukan dengan kesimpulan upah Rp5 juta perbulan.

  • Kepentingan dan bill 65%
  • Dana krisis dan asuransi 10%
  • Tabungan dan investasi 10%
  • Peruntukan upah untuk senang-senang 10%
  • sedekah 5%

Kamu dapat membaca sedetailnya tentang peruntukan upah pada artikel berikut ini:  Upah Ngepas Dapat Nabung dan Investasi? Coba Peruntukan Penghasilan Ini!

Dengan bikin rencana peruntukan upah, kamu jadi mempunyai pegangan buat bikin situasi keuanganmu sehat. Keadaan keuangan yang sehat dapat bikin hidupmu lebih tenang, dan bahagia.

Peruntukan penghasilan untuk menabung dan investasi memang tidaklah besar, akan tetapi dengan melaksanakannya secara teratur tiap-tiap bulan, kamu dapat merealisasikan mimpimu di periode waktu depan dan mencapai kebebasan keuangan vs kamu.

Kebebasan keuangan pastinya jadi kunci hidup tenang dan bahagia yang jangan terlewati, kan?

Ringkasan

Tiap orang pada prinsipnya miliki teknik khusus untuk hidup tenang dan bahagia. Kamu dapat mengaplikasikan kunci hidup tenang dan bahagia pada artikel ini.

Memperbanyak rasa sukur, stop menilai diri sama orang lain, sampai mengontrol situasi keuangan biar masih sehat jadi kunci hidup tenang dan bahagia yang jangan kamu terlewat.

Baca juga: Kapan Terjadinya Banjir, Berikut Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.