Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

UMKM di Parimo Dilatih Bikin Kuliner Modern Berbahan Sagu

waktu baca 2 menit
Pelaku UMKM di Parimo Dilatih Bikin Kuliner Modern Berbahan Sagu

 Berita parigi moutong, sulawesitoday – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Parigi Moutong menggelar pelatihan pengelolaan sagu menjadi Kuliner Modern Berbahan Sagu.

oKuliner Modern Berbahan Sagu itu bisa menjadi kmoditi unggulan untuk memajukan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Tim penggerak PKK Parigi Moutong, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, dan Dinas Perikanan dan Kelautan setempat,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana, di Parigi, Jumat 9 September 2022.

Menurut dia, pelatihan pengolahan sagu ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para peserta dalam mengolah sagu menjadi masakan yang modern dan berkualitas.

Hal itu tentunya bisa dijadikan peluang usaha baru bagi warga.

Masyarakat bisa berdaya saing untuk meningkatkan pendapatan mereka.

BACA JUGA: Dukung Parimo Raih Adipura 2022, Babinsa Koramil Parigi Kerja Bakti

Hla itu juga bisa mendukung program pemerintah daerah Parimo yang bertekad menjadikan makanan olahan bahan dasar sagu menjadi komoditi unggulan.

“Sehingga kuliner sagu bisa dipasarkan secara digital dan masuk dalam ritel modern atau produk bakery Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Sofiana menyampaikan kepada seluruh peserta agar dapat proaktif mengikuti pelatihan, karena selain sakan mempraktekkan, mereka juga akan membagikan pengetahuan pengolahan sagu itu kepada para pelaku usaha kecil lainnya.

“Selain itu, para pemateri sangat ahli dalam pengolahan sagu dari Perguruan Tinggi Pariwisata Trisakti DKI Jakarta,” jelas Sofiana.

BACA JUGA: Komitmen P4GN, LPKA Palu Tandatangani PKS Bersama BNN

Sofiana mengharapkan dengan adanya hal itu bisa berkontribusi pada peluang bisnis untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Hasil olahan sagu berbasis modern ini juga akan kami tampilkan pada perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang akan dilaksanakan di Sulteng Oktober mendatang,” tutupnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.