Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

KTM Dikabarkan Bakal Rekrut Jonas Folger Sebagai Test Rider

waktu baca 2 menit
KTM Dikabarkan Bakal Rekrut Jonas Folger Sebagai Test Rider Foto/Istimewa

Berita Olahraga, sulawesitoday sports – KTM dikabarkan bakal memperkuat tim mereka dengan rekrut Jonas Folger sebagai test rider di MotoGP musim depan.

8 November mendatang, Sebelum usia Mika Kalio menginjak kepala empat, pabrikan Austria itu akan melengserkannya dari tugas sebagai tes rider. Dia bakal fokus pada tanggung jawab sebagai pelatih pembalap Tim KTM dan GasGas.

“Mika telah melakoni balapan panjang tahun ini dan menjalani tes suspensi. Namun, kami bakal menggantinya. Dari sisi, tes rider, kami mencarinya,” ucap CEO KTM Stefan Pierer kepada salah satu media online.

Mereka dikabarkan bakal mencari sosok baru sebagai pendamping Dani Pedrosa sebagai tes rider, beberapa kandidat yang masuk pertimbangan bakal di rekrut yakni Stefan Bradl yang telah berperan sebagai pengembangan Honda RC213V dan Sylvain Guntoli yang bekerja di Suzuki juga Jonas Folger.

Namun, percakapan mereka terhenti karena satu dan lain hal. Pierer mengatakan “Namun, Stefan memiliki kontrak dengan HRC hingga 2023. Setelah itu, itu bisa menjadi masalah bagi kami,”

Sementara itu, anggota dewan Hubert Trunkenpolz menambahkan: “Guintoli, yang membuat Suzuki lebih kuat, juga terlalu tua. Menemukan broker terbaik tidaklah mudah. Pelari uji sangat penting.

“Kami tidak memiliki hubungan yang buruk dengan Stefan. Tapi kontrak adalah kontrak.”

KTM juga mengincar Jonas Folger, yang tinggal hanya 88 km dari markas tim skuad itu.

Pemain berusia 29 tahun ini juga menganggur setelah pensiun dari World Superbike (WSBK) pada tahun 2021.

Folger adalah rider potensial sebelum menderita masalah kesehatan. Debutnya di kelas 125 dimulai dengan Red Bull KTM pada tahun 2008.

Dia kemudian beralih ke Ongetta Team I.S.P.A dan Red Bull AjoMotorsport dari 2009 hingga 2011. Sepeda motor yang digunakan saat itu adalah Aprilia.

Dari tahun 2012 Folger beralih ke proyek IodaRacing dengan sepeda Ioda, lalu ke Mapfre Aspar Team Moto3. Pembalap itu dipromosikan ke Moto2 dua tahun kemudian hingga 2016.

Baca: Enea Bastianini Akui Tidak Khawatir Hadapi Triple Header

Pada tahun 2017 ia mendapat kesempatan untuk menguji MotoGP dengan Monster Yamaha Tech3. Kendala fisik menghalangi kariernya berjalan mulus.

Folger telah didiagnosis dengan imun defisiensi dan sindrom kelelahan. Sebelum akhir pekan MotoGP 2017 di Jepang, Folger pingsan di hotel dan tidak bisa keluar kamar.

Dia demam dan terkena virus Epstein-Barr. Folger mengakhiri kontraknya dengan Tech3 pada Januari 2018 karena alasan kesehatan.

Pada tahun 2020 ia ditawari bermain dengan Bonovo di WSBK selama enam pertandingan. Musim lalu bahkan lebih. (*/Ikh)

Baca: Listrik Daya 450 VA Dihapus, Diganti Daya 900 VA

Leave a Reply

Your email address will not be published.