Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Korban Banjir Torue Mulai Terkena ISPA dan Penyakit Kulit

waktu baca 2 menit
Korban Banjir Torue Mulai Terkena ISPA dan Penyakit Kulit

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyebut korban banjir Desa Torue mulai terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA dan penyakit kulit.

“Sejumlah faktor bisa pengaruhi situasi kerentanan penyakit menular untuk warga, salah satunya faktor lingkungan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Ellen Ludya Nelwan, di Torue, Parigi Moutong, Senin 2 Agustus 2022.

Dia menerangkan, dari layanan pengecekan kesehatan dilaksanakan pihaknya banyak masyarakat mengeluh batuk, fllu dan gatal-gatal, hingga pengatasan dilaksanakan sekarang ini pemberian obat anti biotik.

Terdaftar, ini hari masyarakat lakukan pengecekan di enam titik posko kesehatan lebih kurang 261 orang dengan beragam keluh kesah penyakit, tetapi yang mencolok ISPA dan penyakit kulit.

Menurut dia, kekurangan suplai air bersih pada tempat evakuasi bisa memacu penyakit kulit, demikian juga situasi keadaan berdebu dari beberapa sisa material lumpur benar-benar mempunyai potensi memunculkan ISPA.

Selain berita Korban Banjir Torue Mulai Terkena ISPA dan Penyakit Kulit, baca juga: Kepala BNPB Pimpin Rakor Penanggulangan Pasca Banjir Torue

Maka dari itu, masyarakat dianjurkan masyarakat memakai masker agar sisi hidung terlindung aman dari paparan debu berterbangan.

“Tersedianya beberapa obat lumayan memadai. Kami mendapatkan kontribusi suplai beberapa obat dari Dinas Kesehatan Sulteng, dengan ketambahan ini farmasi kami makin kuat,” tutur Ellen.

Dia minta, jika warga rasakan tanda-tanda penyakit, selekasnya mengecek kesehatan di posko-posko yang ada, agar tidak berubah kronis.

Di posko kesehatan, ucapnya, Dinkes di perkokoh 125 tenaga kesehatan, terhitung dokter, perawat, bidan dan apoteker, terhitung tenaga simpatisan yang lain.

“Fasilitas dan prasarana simpatisan lumayan memadai hingga benar-benar menolong aktivitas servis kesehatan di posko. Posko kesehatan bekerja sampai akhir responsif genting 11 Agustus 2022,” tutup Elen. (rf)

Selain berita Korban Banjir Torue Mulai Terkena ISPA dan Penyakit Kulit, baca juga: RSB Palu Berikan Pelayanan Kesehatan Korban Banjir Torue

Leave a Reply

Your email address will not be published.