Klaim Pole Pertama, Marc Marquez Tampil Luar Biasa di Q2 MotoGP Jepang

waktu baca 3 menit
Klaim Pole Pertama, Marc Marquez Tampil Luar Biasa di Q2 MotoGP Jepang Foto/Istimewa

Berita Olahraga, sulawesitoday sports – Klaim pole pertama di musim 2022, Marc Marquez tampil luar biasa dalam Q2 MotoGP Jepang yang berlangsung dalam kondisi basah. Ini merupakan yang perdana sejak Motegi 2019.

Setelah penundaan yang lama dan tanpa sesi latihan bebas ketiga (FP3) – yang dibatalkan karena cuaca buruk yang melanda Motegi Mobility Resort, sesi kualifikasi (Q) kelas MotoGP dapat kembali dilaksanakan.

Marc Marquez benar, benar-benar ahli dalam lintasan akuatik Motegi. Dia mengamankan pole setelah mencatat waktu tercepat di Q2, 1 menit dan 55,214 detik. Satu-satunya pesaing seriusnya adalah Johann Zarco.

The Baby alien berduel dengan pembalap Pramac Racing, pada akhirnya Marquez menang. Dia menyelesaikan kualifikasi dengan keunggulan 0,208 detik. ini merupakan yang pertama Marc Marquez berhasil klaim pole pertama di musim 2022.

BACA JUGA: Fabio Quartararo Frustasi Atas Hasil Q2 MotoGP Jepang

Sebelumnya, The Baby Alien baru-baru ini berhasil mengamankan posisi pertama di grid di Grand Prix Jepang 2019.

Sementara itu, pembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder berada di posisi ketiga. Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan Jorge Martin (Pramac Racing) melengkapi lima besar.

Tiga penantang juara dunia musim ini, tidak ada satupun yang berhasil menembus barisan depan. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) adalah yang terbaik dari mereka, finis keenam.

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), pemimpin Kejuaraan MotoGP 2022, finis di urutan kesembilan di Q2. Sementara itu, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) tampil lebih buruk dengan P12.

Kualifikasi harus ditunda dari jadwal semula karena cuaca. Keterlambatan terjadi setelah hujan deras mengganggu Q2Moto2. Bahkan, kelas FP3 MotoGP terpaksa dibatalkan.

Monster Energy Yamaha Pembalap Yamaha, Franco Morbidelli memulai Q1 dengan catatan waktu 1 menit 57,369 detik. Tapi Jorge Martín berakselerasi cepat dengan 1:56.229.

Johann Zarco berlari mengikuti arus, tetapi meleset dari Martin. Dia tertinggal 0,077 detik. Duo PramacRacing-Ducati mengamankan keunggulan.

Martin mampu meningkatkan waktu menjadi 1:55.915. Tapi Zarco tidak bergerak. Setelah 1:55.330 akhirnya dia berhasil memimpin. Sementara itu, Enea Bastianini mengancam P3.

Pembalap LCR Honda dan wakil tuan rumah Takaaki Nakagami jatuh di Tikungan 14. Tak lama kemudian, Bastianini mengalami insiden di T5. Ini adalah kedua kalinya The Beast jatuh selama akhir pekan Motegi.

Akibatnya, ia hanya menyelesaikan Q1 di tempat kelima. Sepertinya Bastianini akan menjalani balapan yang sulit pada hari Minggu. Sementara itu, Zarco dan Martín berhak maju ke sesi berikutnya, Q2.

Sesi Q2 berlanjut dalam kondisi trek basah. Di etape awal, Zarco memimpin dengan waktu 1:56.076. Pembalap Prancis itu unggul 0,2 detik dari rekan senegaranya Fabio Quartararo.

Baca: Iropin Sulawesi Tengah Bantu Penderita Refraksi Melalui Pemeriksaan Mata

Marc Marquez sekali lagi menunjukkan kemampuannya untuk tampil solid di trek basah. Ia finis pertama dengan waktu 1:55.698, lebih cepat 0,076 detik dari Zarco. Saat Jack Miller berada di P3, ia kemudian disalip oleh Brad Binder.

Francesco Bagnaia tampak sangat kesulitan melewati lintasan basah. Di paruh terakhir Q2 dia masih di P12 atau terakhir. Pecco lebih dari 3 detik di belakang Marquez.

Marquez belum selesai. Pembalap Spanyol itu meningkatkan waktunya menjadi 1:55.214. Juara Dunia MotoGP enam kali itu tidak berhenti sampai akhir Q2. (*/Ikh)

Baca: Tujuan Wisata Sulawesi Tengah, Situs Megalitikum hingga Pulau Eksotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *