Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Kenapa Luas Lingkaran Tidak Bisa Dihitung

waktu baca 2 menit

Luas Lingkaran Tidak Bisa Dihitung, edukasi sulawesitoday Ini nyata dan benar. Bahwa kita tidak pernah dapat mehitung luas lingkaran dengan tepat.

Bahkan juga segala yang berkaitan dengan lingkaran, kita tidak dapat hitung secara tepat. Kita memerlukan suatu hal yang penting dalam penghitungan luas lingkaran. Hal tersebut ialah mistis yang sampai saat ini masih dicari nilainya oleh para pakar.

Suatu hal itu ialah pi (π). Saat kita hitung luas lingkaran, rumusnya ialah πr2. Kita perlu satu nilai π yang pas agar nilai luas lingkaran yang kita cari bernilai tepat.

Permasalahan yang terjadi malah berada di sana. Pi (π) ialah satu bilangan irasional. Walau pengertian nilai pi ialah perbedaan keliling lingkaran dengan diameternya, tetapi ia bukan bilangan logis. Karena perbedaan itu bukan perbedaan dua bilangan bundar.

Nilai π yang kita mengenal ialah 22/7 atau 3,14. Itu bukan nilai sebetulnya dari π. Pendekatan nilai π itu pertama kalinya dilaksanakan oleh Archimedes. Beliau yang merangkum luas lingkaran, yakni πr2.

Jadi sepanjang kita memakai 22/7 atau 3,14 itu sebagai alternatif pi, sebetulnya kita tidak betul-betul memperoleh luas lingkaran. Tetapi Archimedes menyebutkan dengan pendekatan luas lingkaran. Mistis π ini masih dicoba untuk dipecahkan oleh para peneliti.

Sampai hari ini, para peneliti telah bisa mendapatkan bilangan π dengan pendekatan sampai 62,8 triliun digit. Penelusuran digit π ini masih dilakukan. Buat apa? Dunia digital benar-benar memerlukannya. Satu diantaranya untuk dapat membuat computer yang bisa lebih cepat.

Bilangan π ini benar-benar spesial. Sampai pendekatan 3,14 dari niali π dipakai untuk penanggalan sebagai peringatan hari π sedunia dengan pola dd/m. Persisnya 14 Maret. (WS)

Selain artikel Kenapa Luas Lingkaran Tidak Bisa Dihitung, baca juga:Soal dan Jawaban Bilangan Negatif dan Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *