Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Kenapa Kulit Telapak Tangan Mengelupas? Ini Penjelasannya

waktu baca 4 menit
Kenapa kulit telapak tangan mengelupas, (Foto: klikdokter)

Kenapa kulit telapak tangan mengelupas, ragam sulawesitoday – Kulit tangan mengelupas umumnya disebabkan karena efek eksternal atau lingkungan. Paparan beragam hal bisa membuat kulit kering dan gampang terkupas.

Faktor paparan yang menjadi pemicu misalkan cahaya matahari, cuaca dan temperatur, zat kimia sabun atau detergen, dan sering membersihkan tangan.

Kerap terusik dengan kulit tangan mengelupas? Walau biasanya tidak beresiko, tetap kulit jemari tangan mengelupas cukup mengusik dan buat tidak percaya diri!

Sebetulnya, kenapa kulit tangan mengelupas? Berikut beberapa pemicu kulit tangan mengelupas yang penting dijauhi dan langkah menghilangkan.

Kenali beberapa pemicu kulit tangan mengelupas berikut:

  1. Kerap Bersihkan Tangan

Teratur membersihkan tangan berguna untuk melenyapkan kuman atau bakteri, apa lagi saat wabah COVID-19. Tetapi, rupanya sabun dapat membuat minyak alami di kulit lenyap.

Bila minyak itu lenyap, karena itu kulit tidak dapat menjaga kelembapannya. Pada akhirnya kulit jadi kering.

  1. Cuaca

Keadaan cuaca atau cuaca yang kering bisa juga membuat kulit kehilangan kelembapan. Efeknya, kulit dapat mengelupas atau pecah. Ini bisa terjadi pada musim dingin.

  1. Zat Kimia

Banyak produk pencuci dan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia. Kandungan itu bisa membuat kulit kering atau mengalami iritasi.

  1. Eksem

Permasalahan kesehatan ini dikenal juga dengan istilah dermatitis tangan (hand dermatitis). Eksem di tangan bisa disebabkan oleh faktor genetik atau kontak dengan alergen atau bahan iritan.

  1. Keratolisis Eksfoliatif

Keadaan ini memungkinkan terjadi pada musim panas dan kerap dirasakan orang dewasa. Pemicu tentunya juga tidak langsung bisa dijumpai.

Tanda-tanda keratolisis eksfoliatif ialah ada lepuh (tanpa isi atau nanah) di ujung jemari lalu terbuka. Pada akhirnya, terbentuklah tempat yang terkupas.

Tempat itu selanjutnya dapat memeras dan kering. Namun, biasanya keluh kesah itu tidak dibarengi gatal. Keratolisis eksfoliatif bisa diperburuk oleh bahan iritan, seperti sabun dan detergen.

  1. Psoriasis

Tanda-tanda psoriasis ialah timbulnya bintik-bintik merah pada kulit dan meradang.

Umumnya, permasalahan ini terjadi pada kulit di siku, lutut, kepala, dan punggung bawah dibandingkan ujung jemari. Tetapi, keluh kesah bisa jadi ada di tempat badan yang lain.

Psoriasis ialah penyakit autoimun. Pada keadaan ini, sel kulit yang sehat malah terserang oleh mekanisme kekebalan badan.

Pada keadaan tertentu, pasien psoriasis bisa alami perburukan. Ini bisa dipacu oleh beberapa faktor eksternal, terhitung skema makan, kelembapan, dan depresi.

  1. Dermatitis Kontak Alergi

Keadaan ini ada saat pasien sentuh benda yang memacu alergi. Misalkan, bila mempunyai alergi nikel, karena itu kulit bisa teriritasi, pecah, atau mengelupas saat menggenggam nikel.

  1. Terbakar Cahaya Matahari

Kulit jemari tangan mengelupas umumnya terjadi karena paparan matahari di pantai. Kulit yang terbakar cahaya matahari akan berasa panas, perih, dan kemerahan.

  1. Jamur

Jamur bisa mengakibatkan rasa gatal dan kelupasan pada kulit. Karenanya jaga kebersihan telapak tangan supaya tidak terkena jamur.

  1. Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki ialah keadaan sangat jarang yang serang anak-anak di bawah umur lima tahun. Tanda-tanda penyakit ini diikuti dengan demam tinggi dan kelupasan kulit pada ujung-ujung jemari.

  1. Rutinitas Menghisap Jemari

Rutinitas menghisap jemari pada anak-anak bisa mengakibatkan kulit kering hingga rawan terkupas. Keluhan akan berkurang jika rutinitas itu dijauhi.

  1. Kekurangan Vitamin

Keadaan kurangnya vitamin B3 atau disebutkan pellagra bisa mengakibatkan kelupasan kulit.

Selain artikel kenapa kulit telapak tangan mengelupas, simak juga:

Metode Menangani Kulit Telapak Tangan Mengelupas

Tidak boleh cemas, berikut cara-cara hilangkan kulit mengelupas di telapak tangan:

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Pengatasan khusus untuk semuanya pemicu kulit telapak tangan terkupas ialah rajin memakai pelembap.

  1. Jauhi Produk Pemicu Kulit Kering

Hindari beberapa produk yang condong membuat kulit tangan kering, misalkan detergen.

Jika kamu kerap terkena produk itu, seharusnya pakai perlindungan kulit misalkan sarung tangan karet saat membersihkan. Lantas, gunakan pelembap tangan dengan teratur.

  1. Tangani Permasalahan Kulit yang Ada

Aspek internal yang kemungkinan jadi pemicu kulit tangan mengelupas perlu kamu kenali untuk menghindar kelupasan kulit. Beberapa misalnya yakni reaksi alergi, keratolisis eksfoliatif, dan psoriasis.

Jika keadaan telapak tangan tidak juga lebih baik, tidak boleh sangsi untuk berobat ke dokter kulit . Maka, pemicu dan penyembuhannya juga dapat semakin tepat.

  1. Minum Cukup Air

Kulit memerlukan cukup air untuk jaga kelembapan. Kulit yang terkupas membuat kelembapan pada kulit gampang menguap.

  1. Kompres Dingin

Kompres telapak tangan dengan kain yang dingin sepanjang 20-30 menit untuk hentikan iritasi dan kelupasan.

  1. Pakai Obat Antiradang

Berikan obat antiradang atau pakai gel aloe vera. Jika kelupasan terus terjadi dan lebih buruk, tidak boleh menunda kontrol ke dokter. (rhmn)

Selain artikel kenapa kulit telapak tangan mengelupas, simak juga: Trik Haluskan Kulit Telapak Kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *