Kabar Baik, Kemenkumham Raih Award BKN Tahun 2022

waktu baca 3 menit
Kabar Baik, Kemenkumham Raih Award BKN Tahun 2022

Berita Nasional, sulawesitoday – Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham Raih Award BKN Tahun 2022.

Kemenkumham Raih Award BKN Tahun 2022 dalam dua kategori, yakni penilaian pada kementerian Republik Indonesia bertipe besar.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berhasil meraih juara pertama untuk kategori Penilaian Kompetensi.

BACA JUGA: Operasi Pencarian Warga Tonggolobibi Dihentikan Tim SAR

Sedangkan raihan berikutnya pada kategori Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem informasi serta CAT.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Komjen Pol Andap Budhi Revianto mengungkapkan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia selalu meningkatkan pengelolaan sistem ASN dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu strategi pengelolaan ASN Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah penerapan merit system untuk memastikan setiap jabatan diisi oleh ASN dengan keterampilan yang sesuai.

BACA JUGA: Delapan Pekerja Tersengat Listrik saat Pasang PJU di STQ Palu

BACA JUGA: Update, 3 Pekerja Tewas Kesetrum saat Pasang PJU di STQ Palu

“Dengan sistem merit, kami (Kemenkumham) mengevaluasi ASN berdasarkan keterampilan, kualifikasi, dan kinerjanya. Akhirnya pelayanan publik kepada masyarakat semakin meningkat dan memuaskan,” kata Andap di Jakarta pada Senin 5 September 2022.

Diakui masih ada keluhan dan masalah di sana-sini. Namun ditangani dalam kurun waktu relatif singkat. Hal itu ditandai dengan mendapat pengakuan dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) beberapa waktu lalu.

Menurut dia, dinamika perkembangan situasi telah memberikan kontribusi terhadap perubahan pola pikir masyarakat.

Oleh karena itu, penataan kembali keterampilan ASN Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia selalu dilakukan agar dapat memenuhi harapan masyarakat.

“Kementerian Hukum dan HAM berupaya menyesuaikan keterampilan ASN dengan perkembangan zaman, khususnya perkembangan teknologi. Pegawai harus paham teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

SDM yang berkualitas di Kementerian Hukum dan HAM Hak sudah dimulai dari tahap paling awal yaitu seleksi pegawai. Kementerian yang dipimpin oleh Yasonna Laoly sedang menyiapkan sistem CAT agar hasil tes peserta dapat dilihat secara real time.

BACA JUGA: BBM Naik, Organda DKI: Tarif Angkot akan Menyusul

BACA JUGA: Nyaris Rusuh, Demo Tolak Kenaikan BBM di Kawasan Patung Kuda

Sistem CAT menunjukkan transparansi Kementerian Hukum dan HAM.

“Kementerian Hukum dan HAM menjaga kualitas di setiap tahapan pengelolaan SDM, mulai dari kebutuhan perencanaan, seleksi, pengembangan karir, hingga retret selanjutnya,” jelasnya.

Bagi Andap, BKN Prize mendorong seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk mengelola ASN dengan lebih baik.

Diharapkan seluruh ASN baik pusat maupun daerah mampu memberikan pelayanan yang merata kepada masyarakat dengan kualitas yang baik.

Penghargaan untuk acara ini diserahkan pada Penghargaan BKN Tahun 2022 pada Senin 5 September 2022 bertempat di Central Park. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.