KemenESDM Pastikan Tarif Listrik Tidak Naik di Akhir Tahun

waktu baca 2 menit
KemenESDM Pastikan Tarif Listrik Tidak Naik di Akhir Tahun

KemenESDM pastikan tarif listrik tidak naik, berita ekonomi sulawesitoday Pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan serta memutuskan tidak menaikkan Tarif Listrik hingga akhir tahun 2022, untuk 13 konsumen setia non-subsidi.

Plt Dirjen Ketenagalistrikan KemenESDM, Dadan Kusdiana menyebutkan, aktualisasi patokan ekonomi makro rata – rata Mei s/d Juli 2022 alami sedikit peningkatan bila dibanding dengan triwulan ke-3 2022. Dengan begitu, kata Dadan, biaya listrik triwulan ke-4 semestinya alami peningkatan.

Namun, Dadan memperjelas, Pemerintah putuskan biaya listrik triwulan ke-4 untuk konsumen setia non-subsidi masih tetap merujuk pada biaya triwulan ke-3 atau mungkin tidak alami peningkatan.

“Kementerian ESDM menggerakkan supaya PT PLN (Persero) terus berusaha lakukan beberapa langkah efektivitas operasional dan memicu pemasaran tenaga listrik lebih agresif,” kata Dadan Kusdiana, Selasa 27 September 2022.

Dadan Kusdiana berharap aktualisasi patokan ekonomi makro bisa alami pengurangan tahun depannya hingga Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik bisa kembali lagi ke status normal. Dengan begitu, biaya tenaga listrik bisa kembali disamakan.

Sementara itu, senada dengan Dirut PT. PLN Darmawan Prasodjo memperjelas pemerintah masih tetap meredam biaya listrik untuk masa Oktober-Desember 2022 walau aktualisasi patokan ekonomi makro alami peningkatan.

Selain berita KemenESDM pastikan tarif listrik tidak naik, baca juga: Kementerian PUPR dan BPJT Bakal Naikkan Tarif Tol

“Tidak ada peningkatan biaya listrik. Ini untuk jaga kenaikan daya membeli warga dan jaga kestabilan ekonomi,” jelas Darmawan.

Disamping itu, pihak PLN juga pastikan tidak ada penghilangan kelompok konsumen setia dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Daya listrik 450 VA tidak diarahkan jadi 900 VA hingga biayanya masih sama untuk setiap kelompok.

“Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Bahwa, tidak ada peralihan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap jalankan keputusan itu. PLN tak pernah lakukan ulasan resmi apa saja atau berencana peralihan daya listrik 450 VA ke 900 VA,” tegasnya lagi.

PT. PLN terus memiliki komitmen jaga suplai listrik yang handal, dan memberikan dukungan Pemerintah untuk lakukan perbaikan perekonomian nasional, serta jaga daya membeli dan keproduktifan warga. (WS)

Selain berita KemenESDM pastikan tarif listrik tidak naik, baca juga: Perlukah Pemerintah Pacu Mobil dan Kompor Listrik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *