Parigi Moutong Dorong Kawasan Ekonomi Khusus di Teluk Tomini

waktu baca 2 menit

Teluk Tomini Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, berita parigi moutong – Pemerintah daerah (Pemda) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dorong potensi di kawasan Teluk Tomini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Teluk Tomini kaya akan sumber daya kelautan dan perikanan. Akan didorong menjadi industri berbasis perikanan khususnya udang vaname,” ungkap Sekretaris daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran Ahmad, saat membaca sambutan Bupati pada kegiatan Seminar dan Temu Bisnis, di Mosing, Sabtu 19 November 2022.

Pemda juga mendorong Industri Udang Vaname di Teluk Tomini untuk Ketahanan Pangan.

Ia berharap kedepannya dapat mendorong kolaborasi antara perusahaan dengan masyarakat.

“Dana desa bisa didorong untuk melaksanakan kegiatan itu. Saya sampaikan mohon perusahaan dan lembaga perguruan tinggi bersama-sama OPD terkait dapat mendampingi agar program Butamira ini diimplementasikan,” kata dia.

Seperti diketahui, ke depan persoalan pangan menjadi hal serius. Banyak negara mulai khawatir akan terjadi krisis pangan yang menimpah seluruh dunia.

Bahkan diperkirakan 179 hingga 181 juta orang di 41 negara akan menghadapi krisis pangan. Hal ini, kata dia, sebagai dampak pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Disisi lain, perang antara Ukraina dengan Rusia juga memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap krisis pangan dan energi.

Selain berita Teluk Tomini Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, baca juga: Kerugian Masyarakat Akibat Investasi Ilegal Capai Rp123,5 Triliun

“Penyelenggaraan Harkannas saat ini merupakan momentum yang sangat strategis untuk bersinergi dan menjadi langkah awal yang baik, dalam memaksimalkan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” ucapnya.

Dalam seminar itu mengusung tema ‘Indrustrialisasi Budidaya Udang Vaname di Kawasan Teluk Tomini dalam mendukung ketahanan Pangan Nasional’.

“Seminar saat ini merupakan rangkaian penyelenggaraan Harkannas yang kita laksanakan mulai 19-21 November 2022 didua tempat, yakni Pantai Mosing dan Parigi,” tuturnya.

“Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan terima kasih kepada para pelaku usaha yang telah berinvestasi tambak udang intensif atau tambak udang modern berkelanjutan. Semoga terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi daerah, masyarakat Parimo maupun Provinsi Sulawesi Tengah,” pungkasnya. (rf)

Selain berita Teluk Tomini Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, baca juga: Nilai Transaksi Digital Tembus Rp5.184,1 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *