Bareskrim Periksa 22 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Jet Pribadi Hendra Kurniawan

waktu baca 2 menit
Bareskrim Periksa 22 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Jet Pribadi Hendra Kurniawan

Kasus Dugaan Korupsi Jet Pribadi Hendra Kurniawan, berita sulawesitoday – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Ditipikor) Bareskrim Polri telah lakukan pengecekan pada 22 saksi berkaitan kasus dugaan korupsi pemakaian jet pribadi Brigjen Hendra Kurniawan.

“Jumlah saksi yang diminta keterangan sekitar 22 orang,” ungkap Kabagpenum Seksi Humas, Polri Kombes Nurul Azizah ke media massa, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2022.

Nurul menjelaskan, 22 jumlah saksi yang sudah diperiksa itu salah satunya yaitu, delapan anggota Polri dan 14 orang dari pihak Aviasi dan yang lain.

Rinciannya, delapan anggota Polri yang diperiksa yaitu, HK, AN, SUS, RS, FRP, SMH, PEG, dan MM. Dan, 14 orang yang lain, DB, ASH, DR, OJ, GB, TA, ARB, AR, IN, BK, JA, AK, SN dan AH.

“Tanda bukti sebagai obyek penyidikan sekitar 15 helai atau eksemplar naskah berkaitan pemakaian pesawat Jet T7/JAB,” tutur Nurul.

Baca juga: BTNKT Ajak Warga Pesisir Jaga Ekosistem Bakau

Dalam kasus ini, Bareskrim lakukan penyidikan berdasar LI/27/IX/2022/Tipidkor, tanggal 22 September 2022, masalah dugaan tindak pidana korupsi berbentuk pemberian dan akseptasi hadiah atau janji ke Pegawai Negeri atau Penyelenggara Negara atas Pemakaian Pesawat Jet T7/JAB dari Jakarta ke Jambi dan dari Jambi ke Jakarta yang sudah dilakukan di tanggal 11 Juli 2022.

Di proses penyidikan ini, Bareskrim sendiri memasangkan Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b dan Pasal 5 Ayat (2), Pasal 11 dan Pasal 13 atau Pasal 12 huruf a dan huruf b Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi seperti sudah diganti dengan Undang-uandang Nomor 20 tahun.

“Rencana tindak lanjut lakukan pengkajian berwujud meminta info beberapa pihak yang turut serta dan kumpulkan dokumen tambahan,” tutup Nurul. (rf/Humas Polda Sulawesi Tengah)

Selain berita Kasus Dugaan Korupsi Jet Pribadi Hendra Kurniawan, baca juga: Kejagung Periksa Dua Saksi Dugaan Kasus Korupsi Ekspor CPO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *