Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Nama Anies Baswedan Menguat Kandidat Capres Nasdem 2024

waktu baca 4 menit
Nama Anies Baswedan Menguat Kandidat Capres Nasdem 2024

Berita politik, sulawesitoday.com – Nama Anies Baswedan menguat untuk diusulkan menjadi kandidat Calon presiden atau Capres dari Partai Nasdem 2024.

Dalam Rakernas pada Juni 2022 mendatang Partai NasDem segera merekomendasikan tiga nama kandidat calon presiden.

Sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem di beberapa wilayah mulai terdengar rekomendasikan nama Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

“Kami cukup suka menyaksikan perubahan gagasan pencapres Pak Anies Baswedan pada tubuh partai NasDem. Sesudah Aceh, sekarang Banten, DKI, Jawa Barat dan waktu dekat Kalimantan akan setuju bawa nama Anies ke rapat kerja nasional NasDem Juni kedepan di Jakarta,” ungkap Ketua DPW NasDem Aceh Teuku Taufiqulhadi ke reporter, Kamis 5 Mei 2022.

Sementara Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa tidak menyangkal jika sebagian besar menyarankan nama Anies Baswedan untuk ikut direferensikan sebagai satu dari tiga nama pada Rapat kerja nasional kedepan.

“Dari beberapa DPD, itu kan sebagian besar, biasanya kan meminta Pak Anies untuk diperhitungkan untuk diusulkan dalam rapat kerja nasional ke ketua umum,” tutur Saan.

Walau menyarankan, semua kader NasDem nanti akan patuhi apa saja keputusan Ketua Umum Surya Paloh yang hendak tentukan satu dari tiga nama yang hendak direferensikan di Rapat kerja nasional.

“Meskipun mereka menjelaskan, siapa saja kelak yang ditetapkan oleh ketua umum berkaitan calon presiden pasti kita akan mematuhinya dan kita akan memperjuangkannya. Tetapi sebagai saran awalnya mayoritas minta menyarankan Pak Anies,” papar Saan.

Bersiap Usulkan Tiga Nama Calon presiden

Steering committee dan organizing committee Partai Nasional Demokrat sedang menyiapkan penyelenggaraan rakernas di Jakarta Convention Center.

Rapat kerja nasional yang dijadwalkan pada 15-17 Juni 2022 akan didatangi sekitaran tujuh ribu peserta perwakilan DPD dan DPW semua Indonesia.

Salah satunya jadwal dalam rapat kerja nasional yakni kader akan mereferensikan tiga nama capres.

Ketiga nama itu akan diusulkan ke Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh untuk ditetapkan siapa yang hendak digotong.

Ketua DPP Partai Nasional Demokrat Willy Aditya belum ketahui kapan Surya Paloh ingin memutuskan nama capres yang sudah direferensikan kader.

Partai Nasional Demokrat, kata Willy, terus-terusan berkomunikasi dengan partai lain untuk membuat konsolidasi pengusung.

“Pembangunan konsolidasi, jika contact (komunikasi konsolidasi) telah,” tutur Willy.

Selain berita Nama Anies Baswedan Menguat Kandidat Capres Nasdem 2024, baca juga: DPR Harap Uji Kelayakan Calon KPU-Bawaslu Februari 2022

Nama Anies Baswedan Menguat Kandidat Capres Nasdem 2024

Silaturahmi Lebaran Politik Prabowo ke Khofifah, Strategi 2024?

Selain Nasdem bersiap mendekati tahun politik 2024, Gerindra juga nampaknya juga sudah bersiap. Pengamat politik asal Kampus Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam memandang silaturahim Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ialah vital untuk 2024.

“Silaturahim ini terang vital untuk Pemilu 2024,” katanya dikutip Antara, Kamis 5 Mei 2022.

Menurutnya, Khofifah dipandang seperti figur penting dan eksper dalam kontestasi nasional dan prospektif untuk digandeng pada Pilpres dua tahun kedepan.

“Apa lagi menyaksikan posisi silaturahim Prabowo saat Lebaran ini yang jadikan Khofifah jadi fokus utama,” papar Dekan Fakultas Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Budaya Kampus Trunojoyo itu.

Pada momen Idul Fitri 1443 Hijriah, pada Lebaran hari awal Prabowo bertandang dan bersilaturahim ke Presiden Joko Widodo, lalu diteruskan ke Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Selanjutnya pada Lebaran hari kedua, persisnya Selasa malam, Prabowo ke arah Jawa Timur dan bersilaturahim ke Gubernur Khofifah, di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Walau begitu, dia menyaksikan kehadiran Prabowo ke Grahadi masih terlampau jauh bila diartikan sebagai wujud lamaran untuk Pemilihan Presiden 2024.

Dia lebih menyaksikan Prabowo yang Menteri Pertahanan RI itu lebih manfaatkan momen Lebaran ini kali sebagai waktu pas membuat dan cairkan komunikasi politik 2024.

Disamping itu, momen Lebaran ini kali jadi vital bila dapat dioptimalkan untuk cairkan kebekuan komunikasi beberapa faksi, sekalian buka kesempatan-peluang konsolidasi politik baru.

“Ya, politik itu selalu aktif dan semua peluang bisa jadi terjadi. Semuanya diawali dari komunikasi politik yang cair. Saya berpikir silaturahim ini sebagai usaha cairkan kebuntuan-kebuntuan politik yang bisa saja berlainan sejauh ini,” ucapnya juga.

Surokim yang periset senior asal Surabaya Survey Centre (SSC) sampaikan jika instansi survey telah ada yang lakukan replikasi secara berpasangan, dan Prabowo-Khofifah terhitung yang bersaing. (**/rf)

Selain berita Nama Anies Baswedan Menguat Kandidat Capres Nasdem 2024, baca juga: Pengamat: Presidential Threshold Perburuk Kualitas Demokrasi

 

tags: calon presiden 2024,calon kuat presiden 2024,presiden 2024,prabowo capres 2024,indonesia 2024,elektabilitas calon presiden,survei capres,calon presiden 2024 indonesia,calon presiden 2024,calon kuat presiden 2024,presiden 2024,prabowo capres 2024,indonesia 2024,elektabilitas calon presiden,survei capres,calon presiden 2024 indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.