Jorge Martin di MotoGP Australia: Raih Pole dan Sabet Rekor

waktu baca 3 menit
Jorge Martin di MotoGP Australia: Raih Pole dan Sabet Rekor

Jorge Martin di MotoGP Australia, berita olahraga sulawesitoday – Jorge Martin (Prima Pramac Racing) sukses jadi yang paling cepat pada kualifikasi MotoGP Australia. Untuk Martin, berikut pole position ketiga musim ini (sesudah Qatar dan Amerika) atau yang ketujuh sejauh profesinya di MotoGP.

Menariknya, waktu lap 1 menit 27,767 detik yang membuat Martin merampas pole MotoGP Australia 2022 jadi rekor lap baru Sirkuit Phillip Island.

Sesudah bertahan 9 tahun, rekor lap MotoGP di Phillip Island punya Jorge Lorenzo yang dibikin bersama tim pabrikasi Yamaha dan menggunakan ban Bridgestone (1 menit 27,899 detik) pada akhirnya dipertajam Martin 0,132 detik bisa lebih cepat.

“Suka sanggup pecahkan rekor track ini. Tapi yang paling penting ialah balapan esok, mudah-mudahan saya dapat bersaing,” sebut Martin selesai kualifikasi.

Untuk Martin, pole GP Australia ini jadi kesempatan untuknya untuk merampas kemenangan pertama kalinya musim ini sesudah hasil finish maksimumnya di tahun ini hanya dua tribune kedua (Argentina, Catalunya) dan satu P3 (Jepang).

Di kwalifikasi kedua (Q2), Martin sukses menahan agresivitas Marc Marquez (Repsol Honda). Marquez harus senang start dari grid kedua sesudah ketinggalan cuma 0,013 detik dari Martin.

BACA JUGA: Usai Kualifikasi, Miguel Oliveira Diganjar Dua Hukuman Penalti

“Benar-benar suka dapat start di baris paling depan karena tahu beberapa rider Ducati cepat sekali intinya di track lempeng. Saya sendiri usaha step-by-step lakukan pembaruan dan tetap usaha untuk menang pada balapan esok,” tutur Marquez, juara MotoGP Australia 2015, 2017, dan 2019.

Tiga rider yang sedang berkompetisi dalam persaingan perebutan gelar: Francecso Bagnaia (Ducati Lenovo), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) akan start dari ketiga, keempat, dan kelima.

Selain berita Jorge Martin di MotoGP Australia, baca juga: Jorge Martin Ingin Membalap di Tim Pabrikan Ducati

Johann Zarco (Sempurna Pramac Racing) yang ke Q2 sesudah kuasai Q1, ada di urutan keenam dengan jarak 0,240 detik dari Martin.

Luca Marini (Mooney VR46 Racing), Jack Miller (Ducati Lenovo), Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang mengawali dari Q1 masing-masing tempati grid start ketujuh sampai kesepuluh.

Hasil kualifikasi GP Australia cukup mengagetkan karena salah satunya kompetitor gelar Enea Bastianini (Gresini Racing) cuma akan start dari grid ke-13 sesudah tidak sanggup maju ke Q2 karena tempati P3 di Q1.

Bastianini akan start di belakang Alex Marquez (LCR Honda Castrol) dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang start dari grid kesebelas dan 12.

Awalnya sesion Q2 langsung panas. Empat menit sesi berjalan, Marco Bezzecchi sanggup pimpin tetapi selanjutnya digeser pemakai Ducati Desmosedici GP yang lain Jorge Martin.

Kira-kira dua menit berlalu, Francesco Bagnaia yang menggunakan ban depan-belakang berkompon medium-soft melejit ke P1. Sesaat awalnya, Marc Marquez nyaris jatuh di Kelokan 10 sesudah kehilangan kendalian sisi depan Honda RC213V.

Kira-kira lima menit mendekati sesion Q2 (memiliki durasi 15 menit) usai, beberapa rider kembali lagi ke track dengan Bagnaia masih paling atas dituruti Martin dan Fabio Quartararo di urutan ketiga.

Dua menit menjelang Q2 habis, Martin merampas P1 sekalian memcahkan rekor lap Phillip Island. Flying lap di menit akhir membuat Marc Marquez naik ke urutan kedua, pisahkan dua rider Ducati, Martin dan Bagnaia. Urutan kedua besar ini bertahan sampai sesion Q2 usai. (rf)

Selain berita Jorge Martin di MotoGP Australia, baca juga: Jorge Martin Sulit Tembus Tim Utama Ducati

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *