Johan Zarco Pimpin Dominasi Ducati di FP2 MotoGP Thailand

waktu baca 2 menit
Johan Zarco Pimpin Dominasi Ducati di FP2 MotoGP Thailand Foto/Istimewa

FP2 MotoGP Thailand, berita olahraga, sulawesitoday sports – Johan Zarco memimpin Latihan bebas kedua (FP2) di MotoGP Thailand, Sirkuit Chang dengan di dominasi oleh rider Ducati yang mengamankan empat besar, Jumat 30 September 2022.

Trek kering dari awal sesi dimanfaatkan dengan baik oleh para pebalap kelas premier. Jorge Martin, Fabio Di Giannantonio dan Jack Miller langsung mencuri perhatian. Tanpa melupakan Marc Marquez yang mencatatkan waktu 1 menit 32,681 detik.

Kemudian giliran Fabio Quartararo yang keluar dari pit. Namun, El Diablo masih keluar jalur dan tertangkap kamera sedang membuat gerakan marah. Ternyata dia tidak suka Luca Marini mengikutinya.

Meski sudah pindah ke FP2, Marini tetap mengejar Quartararo. Memang menyebalkan jika terus-menerus dibuntuti, bahkan pembalap Yamaha ini pun berbalik mengikuti pembalap Mooney VR46 Racing Team. Hingga akhirnya keduanya masuk ke dalam lubang.

Di pertengahan sesi, Martin, Marquez dan Francesco Bagnaia bergantian menempati posisi pertama. Pecco bahkan tampak menjadi yang tercepat sebelum Alex Rins memecahkan waktu putarannya.

Pembalap Suzuki itu tetap memimpin cukup lama. Namun, dengan sisa waktu lima menit, para pembalap mulai mengaktifkan mode time trial untuk mengamankan tempat di sesi kualifikasi kedua (Q2).

Karena prakiraan cuaca di Buriram mengumumkan bahwa akan diguyur hujan yang sangat lebat, Sabtu 10 Oktober 2022. Saat trek basah, pembalap akan kesulitan meningkatkan catatan waktunya di FP3.

Kembali ke FP2. Martin meningkatkan waktu putarannya menjadi 1 menit 30,471 detik. Tiga menit berselang, Bagnaia menempati posisi pertama dengan waktu 1 menit 30,229 detik.

Namun kejutan datang dari Zarco. Pembalap Pramac Racing ini mencatat waktu putaran 1 menit 30,281 detik, atau selisih yang sangat kecil 0,018 detik di atas Bagnaia.

Martin harus puas di posisi keempat, disusul Luca Marini yang melengkapi dominasi Ducati di empat besar. Saingan terdekat dari pabrikan Bologna ini adalah Miguel Oliveira, yang membawa KTM ke posisi kelima.

Marquez menyelesaikan FP2 di posisi keenam, satu langkah di depan Aleix Espargaro, yang menemukan ritmenya menjelang akhir latihan. Pembalap Aprilia ini sepertinya mengalami kesulitan sepanjang sesi.

Sementara itu, juara dunia Quartararo hanya berada di urutan kedelapan. Dengan waktu terbaik 1 menit 30,961 detik, El Diablo cukup tertinggal dari pesaing utamanya Bagnaia.

Selain itu, dua pebalap di belakang Quartararo adalah pebalap Ducati lagi, terutama Enea Bastianini di tempat kesembilan dan rookie Marco Bezzecchi yang berhasil finis kesepuluh.

Di FP2 tiga kecelakaan terjadi. Cal Crutchlow jatuh dua kali, di Tikungan 3 dan 7. Di Giannantonio jatuh di Tikungan 3 dan Darryn Binder tergelincir di Tikungan 7. (*/Ikh)

Selain baca FP2 MotoGP Thailand, baca juga: Clinica Mobile dan Dorna Sports Akhiri Masa Kerja Sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *