Jadwal Tes Resmi MotoGP 2023, dari Valencia ke Misano

waktu baca 3 menit
Jadwal Tes Resmi MotoGP 2023, dari Valencia ke Misano Foto/Istimewa

Jadwal resmi MotoGP 2023, berita olahraga, sulawesitoday sports – Jadwal tes resmi MotoGP 2023, telah diumumkan untuk kelas premier, Moto2 dan Moto3 musim 2023. Ada penyesuaian menilik padatnya jadwal balapan untuk tahun mendatang.

Pada pertemuan Komite Grand Prix bulan April lalu, diputuskan bahwa akan ada perubahan pada program pengujian untuk musim depan. Tes satu hari berlangsung setelah akhir musim di sirkuit yang sama.

Shakedown tiga hari berlangsung sebelum tes resmi pertama setelah penangguhan tes musim dingin. Sesi ini hanya untuk pembalap dan rookie pabrikan MotoGP.

Tes tiga hari resmi berlangsung setelah penutupan musim dingin dan sebelum balapan pertama musim ini. Tes dua hari juga dilakukan dengan kondisi yang sama seperti di atas.

Dua tes resmi yang diadakan pada hari Senin atau Selasa setelah balapan harus disetujui oleh tim, Dorna Sports dan IRTA.

Atas dasar ini, Dorna mengumumkan tidak ada tes setelah Valencia Be MotoGP, tepatnya pada 8 November 2022. Itu adalah kesempatan terakhir bagi seorang pebalap yang beralih ke pabrikan lain untuk mengenal motor barunya sebelum larangan tes musim dingin diberlakukan.

baca juga: Bawaslu Parigi Moutong Minta ASN Jaga Netralitas Pemilu 2024

The musim baru dimulai dengan penggeledahan di Sirkuit Sepang di Malaysia dari 5 hingga 7 Februari. Pembalap MotoGP reguler hanya dapat menguji motornya dari tanggal 10 hingga 12 Februari.

Sirkuit Portimao, Portugal menggantikan Mandalika sebagai tuan rumah kedua tes pramusim. Fabio Quartararo dan kawan-kawan kembali menguji perkembangan mobil pada 11 dan 12 Maret.

Ada dua tes yang dijadwalkan pada pertengahan musim, setelah MotoGP Spanyol di sirkuit. dari Jerez. 1 Mei dan setelah MotoGP San Marino, di Sirkuit Misano, 11 September.

Tim Moto2 dan Moto3 dapat melakukan tes pribadi di Jerez. Pembalap kelas ringan akan mengendarai motor pada tanggal 9 dan 10 Maret, kelas menengah empat hari kemudian, yaitu pada tanggal 14 dan 15 Maret.

Tes pramusim mereka akan berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 Maret. Maret di Portimao. Sesi pengujian lebih lanjut mengikuti Grand Prix Spanyol di Jerez pada 2 Mei dan Grand Prix Inggris di Silverstone pada 7 Agustus.

Baca: Jelang MotoGP Malaysia 2022, Bagnaia Optimis Bisa Menang

Sementara itu, Azhan Shafriman Hanif, CEO Sepang International, mengkonfirmasi Sirkuit bahwa terpilihnya kembali Sepang untuk menjadi tuan rumah tes pramusim tidak ada dalam klausul kontrak.

“Sejak pertama memilih Sepang untuk logistik, sirkuit sudah dekat dengan bandara. Selain itu, perjalanan dari hotel ke sirkuit juga mudah,” ujarnya kepada kepada salah satu media online sports di Indonesia. Sepang dibagi menjadi jalan tol di utara dan selatan, yang lebih teknis.

Jadi, Anda memiliki kombinasi kecepatan dan teknik untuk dicoba. Itu salah satu kekuatan kami.

“Itu bukan bagian dari kontrak. Saya pikir Dorna dan tim senang dengan cara kami menjalankan sesi di masa lalu.” (*/Ikh)

Selain baca Jadwal resmi MotoGP 2023, baca juga: Suzuki Tetap Berhenti Walaupun Alex Rins Bisa Menang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *