Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Jack Miller Mendominasi di FP1 MotoGP Jepang

waktu baca 3 menit
Jack Miller Mendominasi di FP1 MotoGP Jepang Foto/Istimewa

Berita Olahraga, sulawesitoday sports – Jack Miller, pembalap Ducati Lenovo mendominasi dengan mencetak waktu lap terbaik FP1 MotoGP Jepang. Dia Finis depan tiga favorit peraih gelar MotoGP 2022, Fabio Quartararo, Aleix Espargaro dan Fransesco Bagnaia.

Sesi latihan bebas pertama (FP1) GP Jepang berlangsung lebih lama, 75 menit atau lebih lama 30 menit dari biasanya. Pasalnya, hanya ada satu sesi di Mobility Resort Motegi pada Jumat 23 September 2022.

Jack Miller akhirnya menjadi yang tercepat setelah beberapa pembalap memotong timesheet FP1. Pembalap nasional Australia itu mencatat waktu putaran 1 menit 44.509 detik.

Itu 0,028 detik lebih baik dari rekan setimnya di pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia, yang harus puas di posisi kedua. Bintang Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo finis ketiga, terpaut 0,049 detik.

Di belakang sang Juara Dunia MotoGP adalah andalan Aprilia Racing, Aleix Espargaro. Itu juga kurang dari 0,1 detik, yaitu 0,068. Luca Marini melengkapi lima besar.

Pembalap VR46 Racing Team Ducati dan saudara dari legenda MotoGP Valentino Rossi mengungguli superstar Repsol Honda Marc Marquez, yang tampil cukup solid di FP1.

Rekan setim Marquez, Pol Espargaro berada di urutan ketujuh, diikuti oleh duo Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder (P8) dan Miguel Oliveira (P9). Tempat kesepuluh dimiliki oleh Maverick Vinales dari Aprilia.

Fabio Quartararo memuncaki catatan waktu pada tahap awal sesi dengan waktu putaran 1 menit 46,072 detik. El Diablo memimpin Marc Marquez dengan 0,141 detik.

Jack Miller segera mengambil alih setelah sukses 1:45.903. Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins, yang mengalami masalah fairing, tertinggal 0,152 detik di P2.

Quartararo kembali mengungguli Miller dengan selisih 0,096 detik sementara Francesco Bagnaia menemukan ritmenya. Dia berada di urutan keenam, sekitar 0,5 detik dari P1.

Marquez mengalami momen menarik saat gerimis mulai turun. Bagian belakang RC213V-nya meluncur ke sudut 3Motegi. Untungnya dia masih bisa mengendalikannya.

Rins berhasil melewati Quartararo. Dia mampu melakukan 1:45.738 setelah menggunakan satu set ban lunak baru. Namun tidak butuh waktu lama bagi Johann Zarco untuk menyamakan kedudukan dengan 1:45.309.

Espargaro berhasil menempati posisi pertama setelah 1:45.213, namun Zarco bereaksi cepat di 30 menit terakhir sesi. Pembalap Prancis itu kembali memimpin dengan keunggulan hanya 0,013 detik.

Quartararo kembali mencatatkan waktu terbaik, 0,181 detik di depan rekan senegaranya. Namun rekor itu bisa dipecahkan oleh Enea Bastianini yang menjadi yang pertama mencatat waktu putaran kurang dari 1 menit 45 detik.

Dengan 10 menit tersisa di FP1, Rins menunjukkan Suzuki kuat di Motegi, mengalahkan The Beast di 1’44,961. Pembalap Spanyol itu kemudian meningkatkan waktu putarannya menjadi 1:44,913.

Pada tahap terakhir, Miller berhasil Desmosedici GP22-nya di 1:44,660 di atas sirkuit 4,8km sebelum mencatat rekornya menjadi 1:44,509 meningkat.

Baca: Suku Bunga Naik, Bersiap Angsuran Semakin Mahal

Marquez juga terus meningkatkan kecepatannya untuk menyelesaikan P2, terpaut 0,147 dari Miller. Namun, musim ini ia disalip oleh dua juara, Bagnaia di posisi kedua dan Quartararo di P3.

Espargaro tidak mau ketinggalan. Dia finis keempat, 0,068 detik di belakang Miller. Luca Marini juga berhasil menjatuhkan Marquez dari posisi lima besar. Mereka memiliki selisih 0,011.

Sementara itu, Bastianini crash di Tikungan 5. Tak lama kemudian, pembalap Ducati lainnya, Zarco, crash di T7 dan akhirnya finis di luar 10 besar.

Waktu putaran Jack Miller berhasil mendominasi MotoGP Jepang hingga FP1 usai. Seri Japan Grand Prix akan dilanjutkan pada Sabtu 24 September 2022. Ini adalah fase penting karena semua pembalap menghadapi kualifikasi. (*/Ikh)

Baca: Jadi Tersangka KPK, Segini Harta Hakim Agung Sudrajad Dimyati

Leave a Reply

Your email address will not be published.