Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ketua Tim Penilai: Banyak Inovasi Baru Pengentasan Stunting Parigi Moutong 2022

waktu baca 2 menit
Ketua Tim Penilai: Banyak Inovasi Baru Pengentasan Stunting Parigi Moutong 2022

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Ketua tim penilai penanganan stunting Sulawesi Tengah, Dr Eko Joko Lelono menyebut banyak inovasi baru pengentasan stunting Parigi Moutong 2022.

“Parigi Moutong menjadi terbaik penanganan stunting di tahun 2019,” ungkap Dr Eko Joko Lelono usai penilaian stunting di Parigi Moutong, Senin 13 Juni 2022.

Ada lima kabupaten lokus stunting di Sulawesi Tengah, termasuk Kabupaten Parigi Moutong. Ia melihat banyak inovasi baru pengentasan stunting Parigi Moutong 2022.

Ia menyebut dalam pembangunan, hal terpenting adalah pembangunan manusia. Dalam pengentasan stunting, menyasar Sumber Daya Manusia (SDM).

Mencegah stunting menurutnya lebih murah dibandingkan mengobati. Dalam pembangunan, itu bisa disebut investasi.

Dalam 20-30 tahun kedepan, anak-anak saat ini akan menjadi pemimpin menggantikan generasi saat ini.

“Kami ingin pembangunan SDM di Parigi Moutong menjadi prioritas,” tuturnya.

Parigi Moutong Terbaik dalam Aplikasi Penilaian Aksi Penurunan Stunting

Kabupaten Parigi Moutong terbaik dalam aplikasi penilaian aksi penurunan stunting di Sulawesi Tengah.

Pada aksi 1 hingga 5 penurunan stunting pada laporan tahun kerja 2022 di Sulawesi Tengah, baru Parigi Moutong yang mencapai angka 100 persen.

“Pada pemaparan dari aplikasi penilaian penurunan aksi stunting, kabupaten lainnya di Sulawesi Tengah belum mencapai 100 persen dari lima aksi penurunan stunting,” ungkap Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Irwan, usai kegiatan penilaian stunting di Aula Bappelitbangda Parigi Moutong, Senin 13 Juni 2022.

Ia menyebut, penilaian secara maksimal bermula dari data yang disuguhkan dalam aplikasi penilaian aksi penurunan stunting sebelum dicocokkan data di daerah lokus di Parigi Moutong.

Sekretariat bersama penurunan stunting di Parigi Moutong telah bekerjasama dengan baik. Dan semua terlibat ikut mensukseskan.

“Semoga Parigi Moutong bisa mencapai predikat terbaik penurunan stunting,” sebutnya.

Ia mengatakan, aplikasi penilaian aksi penurunan stunting merupakan suatu kewajiban setiap kabupaten untuk mengisinya dalam setiap formnya, termasuk Parigi Moutong.

Pasalnya, aplikasi itu merupakan indikator penilaian untuk memperoleh predikat terbaik untuk menurunkan stunting. (**)

Selain berita banyak inovasi baru pengentasan stunting Parigi Moutong 2022, Baca juga: Parigi Moutong Terbaik dalam Aplikasi Penilaian Aksi Penurunan Stunting

Leave a Reply

Your email address will not be published.